Sekitar 10 hari yang lalu DreamSpark berganti nama menjadi Microsoft Imagine.

msimaginelogohero

Bagi kamu yang belum tahu, Microsoft DreamSpark adalah sebuah program dari Microsoft yang diciptakan untuk tidak hanya mendorong siswa untuk belajar bagaimana cara “coding” menggunakan teknologi Microsoft terbaru, tetapi juga memberikan mereka akses ke tool tersebut tanpa biaya sepeser pun.

Persembahan gratis dari Microsoft ini menekan biaya masuk/pendaftaran bagi para mahasiswa, sehingga menghilangkan hambatan besar bagi mereka untuk mulai mengeksplorasi apa artinya membangun sebuah aplikasi modern dengan menggunakan tool berkualitas tinggi dan memiliki akses penuh ke layanan cloud untuk menerapkan kreativitas mereka. Dalam program ini, juga terdapat sebuah penawaran premium untuk berlangganan dengan biaya rendah yang membuat lebih banyak tool dan layanan tersedia untuk para mahasiswa dan Fakultas.

Sekarang program yang telah memotivasi banyak mimpi ini mengubah identitas dan namanya, tapi program itu sendiri dan segala sesuatu yang ditawarkannya tetap, alias tidak ada perubahan sedikit pun.

Pekan ini Microsoft mengumumkan rencana mereka untuk mengubah brand dari “Microsoft DreamSpark” menjadi “Microsoft Imagine” dan juga mengganti unsur-unsur berikut:

  1. Microsoft Imagine Standard menggantikan DreamSpark Standard
  2. Microsoft Imagine Premium menggantikan DreamSpark Premium

 

Tepat di akhir Q1 FY17, nama DreamSpark akan pensiun. Namun, segala keuntungan program ini akan tetap ada dan berlanjut sebagai bagian dari program Microsoft Imagine. Tidak ada perubahan sedikit pun terkait manfaatnya.

Microsoft Imagine adalah suatu program yang menghubungkan siswa developer dengan tools, belajar tentang sumber daya dan pengalaman yang mereka butuhkan untuk meningkatkan keterampilan mereka untuk dunia kerja hari ini. Lembaga dan siswa akan menjadi bagian dari Microsoft Imagine dan mungkin akan menerima informasi mengenai program komunikasi secara periodik.

Program administrator akan mengalami perubahan tampilan baru dan UI (antarmuka pengguna) yang akan membuatnya lebih mudah untuk mengakses account, mendirikan Webstore sekolah mereka, dan melihat array keuntungan secara penuh bagi para siswa. Tidak ada perubahan apa pun terkait harga atau benefit program.

Kami telah memperluas hak penggunaan perangkat lunak yang mana Program Administrator, terkait fakultas dan siswa memiliki akses ke dalamnya.

Portal DreamSpark juga tidak luput dari perubahan baru ini. Kini portal DreamSpark memakai nama Microsoft Imagine seperti juga di channel media sosial mereka (Facebook, Twitter dan Instagram).
Jika Anda baru pertama kalinya mendengar tentang program ini maka Anda pasti ingin memeriksa status siswa Anda karena mereka semua bisa mendapatkan sejumlah layanan-layanan berikut ini tanpa biaya sepeserpun untuk memulai perjalanan mereka untuk belajar tentang pengembangan di stack Microsoft:

  1. Azure Notifications Hub : membuat Anda tetap selalu terhubung dengan para pengguna dengan memungkinkan Anda untuk mengirimkan pemberitahuan dorong di ponsel yang dirancang oleh audiens, bahasa dan lokasi menggunakan back-end, dan platform mobile yang hebat.
  2. Azure Mobile Apps : aplikasi mobile lintas-platform milik Anda akan memiliki keuntungan backend awan yang menyediakan berbagai layanan penting aplikasi termasuk otentikasi, integrasi sosial, sinkronisasi data secara offline, dan lebih banyak lagi, terlepas dari apakah aplikasi Anda berjalan pada Windows 10, iOS, atau Android.
  3. Database SQL – membangun dengan aman, aplikasi global SaaS yang mendukung skala besar.
  4. Azure App Service Web Apps : adalah bagian dari penawaran cloud yang dikelola secara penuh yang memungkinkan Anda untuk membangun dan menyebarkan aplikasi berbasis web dalam hitungan detik. Menggunakan ASP.NET, Java, PHP, Node.js atau Python. Menjalankan aplikasi web populer dan solusi CMS. Set up integrasi berkesinambungan dan penggunaan alur kerja dengan VSO, GitHub, TeamCity, Hudson atau BitBucket-memungkinkan Anda untuk secara otomatis membangun, menguji dan menyebarkan aplikasi web Anda pada setiap kode sukses check-in atau integrasi tes.
  5. MySQL Database dari ClearDB – menambah kekuatan MySQL aplikasi Web Anda. Dengan clearDB MySQL, Anda dapat menyebarkan lebih banyak jenis aplikasi web dan solusi CMS seperti WordPress, Joomla, Acquia Drupal, phpBB, dan banyak lagi.
  6. Azure Learning Machine Studio – Max jumlah modul per 100 percobaan, Max percobaan durasi 1 jam per percobaan, Max penyimpanan ruang 10 GB satu Node
  7. Visual Studio aplikasi wawasan – menyediakan Anda dengan telemetri diagnostik dan kinerja mendalam untuk memastikan web aplikasi dan layanan yang berjalan di potensi maksimal mereka. Cari dan analisis data untuk terus menerus meningkatkan aplikasi Anda, memprioritaskan investasi masa depan dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.
  8. Visual Studio Team Services – kolaborasi alat yang bekerja dengan IDE yang ada atau editor, sehingga tim Anda dapat bekerja secara efektif pada proyek perangkat lunak tim hingga 5 unit secara gratis.
  9. PowerBI – Kapasitas Data 1Gb/user, siklus refresh konten 1 hari, dukungan streaming data 10k baris/jam.

Pelajari lebih lanjut tentang Microsoft Imagine dan ayo mulai proses pendaftaran di website Microsoft Imagine!

 

Oh iya. Bagi kamu yang sebelumnya telah bergabung ke dalam program DreamSpark atau pernah mengikuti ajang Imagine Cup mungkin akan menerima email yang berbunyi seperti di bawah ini:

Sebagai
mahasiswa DreamSpark atau peserta dalam Imagine Cup, ini
adalah perubahan penting terkait program. Sementara nama DreamSpark
telah pensiun, maka berbagai benefit dalam program ini masih tetap tersedia untuk
Anda sebagai bagian dari Microsoft Imagine .
Untuk terus dapat mengakses alat bantu gratis, software, pembelajaran online
dan kompetisi seperti Imagine Cup melalui Microsoft
Imagine, Anda harus membuat profil siswa baru .
Setelah Anda membuat profil Microsoft Imagine Anda, silahkan
mengeksplorasi, melakukan percobaan, dan menciptakan dengan akses tanpa biaya untuk
teknologi Microsoft seperti Azure, pengalaman pembelajaran online, dan kontes.

 

 

Terima kasih,
Microsoft Imagine Tim

 

  • BUDI

    Sayang lebih banyak kampus negeri yang punya fasilitas ini

    • Di Swasta juga ada kok.. Bunus… 🙂

      • BUDI

        Yang terlihat bonafid ☹

  • Mana Judulnya artikel ini???