Akhirnya meluncurlah Windows 10 Build 17046 untuk Insider Fast-ring dan Skip Ahead. Tampaknya, dengan meluncurnya build ini, kita akan semakin dekat untuk menikmati beberapa fitur unggulan baru di build baru nantinya.

Jadi Apa Saja Peningkatan Barunya?

1 – Peningkatan Microsoft Edge

Isi Formulir untuk Tempat Alamat: Microsoft Edge sekarang dapat menyimpan dan secara otomatis mengisi informasi pilihan kalian di alamat dan formulir terkait. Saat mengisi kolom pada formulir, seperti alamat atau informasi kontak lainnya, Microsoft Edge akan meminta untuk menyimpan informasi formulir. Kedepannya, kalian cukup memilih informasi pilihan dari menu drop-down untuk menyelesaikan semua bidang terkait.

Alamat-alamat yang telah disimpan akan dihadirkan dalam berbagai perangkat Windows 10 milik kalian. Tapi, kalian dapat menambahkan atau menghapus masuknya data di Advanced Settings.

2 – Peningkatan Windows Shell

Akses Opsi Advanced Settings Dalam Aplikasi UWP Langsung dari Start: Microsoft telah menambahkan cara cepat baru untuk mendapatkan opsi yang lebih mudah daripada klik Pengaturan> Aplikasi> Aplikasi & Fitur> (temukan aplikasi Anda)> Opsi Lanjutan. Dalam pengaturan ini kalian dapat memperbaiki, mengelola add-on aplikasi, dan melihat Startup Task (jika tersedia). Kedepannya, akan lebih banyak hal yang dihadirkan untuk membuat akses pengaturan ini lebih komplit.

3 – Peningkatan Input

Melihat data emoji di semua bahasa yang telah dukung dan telah memperbaruinya sehingga lebih banyak emoji yang kalian sukai akan muncul saat kalian mengetikkan kata-kata yang terkait di keyboard sentuh. Kini juga telah diambahkan dukungan untuk sejumlah bahasa yang sebelumnya tidak mendukung emoji. 

Sekarang bisa menggunakan Emoji Panel untuk memasukkan sekumpulan emoji sekaligus! Melihat feedback yang terkumpul, Microsoft menyesuaikan desain Panel Emoji sehingga setelah membuka panel dengan menekan tombol logo Windows hotkey + “.” Atau “;”, Anda bisa melihat-lihat, mencari dan kemudian memilih lebih dari satu emoji. Panel ini tidak akan hilang sampai Anda menekan tombol tutup atau menekan tombol “Esc”.

4 – Peningkatan Keyboard

Microsoft menambahkan keyboard baru di Build 17046 ini, yaitu untuk bahasa Tamil yang disebut Tamil 99, serta keyboard Sinhala, Myanmar, dan Amharic yang diperbarui.

Jadi, apakah pandangan kalian? Ada yang ingin atau bahkan sudah mencoba build 17046 ini? 😀