Microsoft resmi meluncurkan Build 17035 bagi pengguna Windows Insider Fast-ring dan yang memilih opsi Skip Ahead. Sekarang mari kita jelajahi apa saja yang baru di build Windows 10 RS4 ini:

1 – Hal Baru di Microsoft Edge

The audio icon that displays when a tab is playing media is now clickable and will mute the audio streams that tab is playing when clicked. The tabs audio will unmute when clicked again.

Akhirnya tibalah salah satu fitur yang diinginkan pengguna yaitu agar Microsoft Edge dapat mute-tab. Hal ini bermanfaat sekali kalau ada iklan Auto-play yang menganggu dan bahkan mengagetkan.

If you’re reading a free EPUB book from the web in Microsoft Edge and want to save it, you can now do that.

Buku EPUB yang gratis kini dapat disimpan secara offline dan dapat kita lihat kembali lewat Microsoft Edge.

For your convenience, we’ve added a few new options when you right-click books in the Book pane, including View in Microsoft Store, Pin to Start, and Refresh books.

Kini ada opsi baru dengan klik kanan dalam bagian Buku di Microsoft Edge. Seperti yang kalian lihat diatas, ada opsi Refresh Books, melihatnya lewat Microsoft Store, dan juga Pin to Start bila penting.

2 – Memperkenalkan Fitur Near-Share Baru!

You can now wirelessly share files and URLs to nearby PCs using the new Near Share feature.

Dalam suatu meeting, bos akan merasa dimudahkan dengan mengirim laporan langsung di layar PC yang kalian gunakan. Itulah mengapa Microsoft meluncurkan Near Share yang memudahkan kalian untuk berbagi URL dan File ke PC disekitar kalian dengan fitur baru ini.

Bagaimana cara menggunakannya?

  1. Pengguna harus sama sama menggunakan Windows 10 RS4 diatas Build 17035. Akan ada ikon Near Share di Action Center sehingga kalian hanya perlu menyentuhnya saja. Jika Quick Actions tidak segera terlihat dan PC Anda memiliki Bluetooth, periksa apakah diaktifkan di Setelan> Pemberitahuan & Tindakan> “Tambah atau hapus Quick Actions”.
  2. Cari ikon Bagikan di salah satu aplikasi favorit Anda, seperti, Photos, Microsoft Edge, dan atau bahkan File Explorer (klik kanan file dan pilih Share).
  3. Klik Berbagi! Anda sekarang akan melihat daftar perangkat di bagian atas – pilih yang ingin Anda bagikan, PC terdekat yang ada di jangkauan Bluetooth dengan fitur yang diaktifkan harus muncul.
  4. Setelah penerima menerima (mereka akan mendapatkan notifikasi melalui Action Center untuk menerima atau menolak), perhatikan file Anda secara ajaib mentransfer secara Wireless! Wow sekali kan? 😀

3 – Beli Surface Lewat Microsoft Store di Windows 10 

Seperti yang telah kami beritakan beberapa hari yang lalu, kini pengguna dapat membeli Surface di Microsoft Store di Windows 10. Peningkatan ini adalah upaya Microsoft agar layanan Microsoft Store di Windows 10 menjadi one-stop-shop produk atau layanan bagi pengguna.

4 – Peningkatan Settings

Peningkatan Windows Update: Sekarang kita dapat membatasi bandwidth download yang digunakan pada foreground downloads. Foreground download terjadi saat Anda memulai download secara interaktif. Misalnya – mengeklik “Check Updates” atau mulai download Aplikasi dari Microsoft Store.

Sound Settings dipindahkan ke Setings: Kini kita dapat mengubah beberapa pengaturan suara biasa, seperti mengganti perangkat dan pemecahan masalah, di Settings> System> Sound. Ini adalah langkah Microsoft untuk membawa hal-hal Windows lawas seperti Control Panel agar disatukan dengan Settings modern.

Update Ease of Access Settings: Build ini menambahkan tambahan Ease of Access settings untuk melengkapi pembenahan pengaturan yang dilakukan untuk pertama kalinya di Build 17025. Bagian baru pada Display, Audio, Speech Recognition and Eye Control (beta) telah ditambahkan untuk mengelompokkan pengaturan yang terkait. (CATATAN: Eye Control Settings belum ada dalam build 17035 ini tapi akan segera hadir.)

Screenshot of updated Ease of Access settings home page showing addition of new Display, Audio, Speech Recognition and Eye control (beta) sections in left-nav

Juga diperbarui adalah pengaturan Narator untuk memasukkan setting untuk mengendalikan penggunaan terlalu banyak kata dalam karakteristik teks. Dan tata letak dalam pengaturan Color Filter telah direvisi untuk memberikan deskripsi filter.

5 – Peningkatan Keyboard

With this build we’ve updated the touch keyboard to now have an acrylic background.

Kini semua keyboard di Windows 10, mulai dari keyboard lebar, keyboard satu tangan, dan panel handwriting, semuanya mendapat sentuhan Fluent Design. Ini membuat Windows terkesan lebih modern bagi pengguna.

Standard Keyboard Layout kini juga menyambangi 190 Touch Keyboard Layout hal ini tentu memudahkan pengguna di berbagai negara. Meskipun untuk saat ini belum hadir  Bahasa Korea, Bahasa Jepang, Traditional Chinese, dan Simplified Chinese.

In this release, we’ve added some slick new animations and changed the button layout of the handwriting panel based on your feedback. Ink some words in the panel and watch them appear in your selected text field!

Selain itu, hadir juga peningkatan handwriting di build ini, dengan tampilan animasi yang menakjubkan disamping sentuhan Fluent Design.

Peningkatan pengenalan ulang kata-kata: Tuliskan huruf di atas huruf yang lain, dan panel tulisan tangan akan mengenali koreksi kalian lebih akurat dari sebelumnya.

Gunakan gestur untuk menciptakan lebih banyak ruang di antara kata-kata: Gambarlah gerakan “split” antara dua kata di panel tulisan tangan dengan menggambar garis vertikal di antara keduanya. Lebih banyak ruang akan dibuat di tempat kalian dengan menarik garis sehingga kalian bisa menulis lebih banyak di ruang yang baru dibuat. Sebagai pengingat kalian juga bisa menggambar gestur split di dalam sebuah kata untuk memisahkan kata dan tinta digital dengan lebih banyak karakter di tempat baru.

6 – Peningkatan Input Method Editor Bahasa Jepang

Microsoft AI chatbot Rinna has more than 6 million friends (users) on LINE, which is the most popular messaging service in Japan. Starting with Build 17030, the Japanese IME can now leverage her strong communication skills to suggest possible phrases as you’re typing.

Akan hadir peningkatan dalam suggestions di chatbot Line Rinna yang kini telah digunakan 6 juta pengguna diseluruh dunia.

7 – Desain Inklusif di Keyboard Hardware

We’re introducing the ability to see text suggestions while typing on a hardware keyboard. You can see three text suggestions near caret while typing and choose candidates in text suggestions if you find a word you want to insert.

Kalian dapat melihat tiga saran teks di dekat caret saat mengetik dan memilih kandidat dalam saran teks jika menemukan kata yang ingin dimasukkan. Atur fokus ke saran pertama dengan mengetuk tombol panah atas pada keyboard. Jangan lupa juga! Gunakan tombol panah kiri / kanan untuk mengubah fokus. Untuk memilih kandidat yang diinginkan, sentuh spasi atau masuk.

Ini adalah fitur opt-in yang menargetkan pelajar bahasa Inggris, pendidikan dan aksesibilitas. Fitur ini hanya mendukung en-AS saat ini. Untuk mengaktifkan fitur ini, pastikan bahasa Inggris (Amerika Serikat) ditambahkan di Settings> Time & languages> Region & languages. Kemudian, atur fitur ini ke On dengan mengaktifkan “Show text suggestions as I type on hardware keyboard” di bawah Settings> Devices> Typing.

Jadi apakah pandangan kalian melihat sekian banyak hal baru di build ini? Dan adakah yang telah mencoba build 17035 ini? 😉

 

  • Geo

    Ane bukan insider haha… cukup liat via youtube~ fufufu..

    • Ewing

      kalo ente fans w10, ente wajib gabung insider
      ente bs nikmati fitur baru dr w10 sblm rilis

  • Ewing

    ane lgsg donlot,g sabar nyobain smua fiturnya,,,jossss mlethos!

  • Whyu Wa

    kapan nh keyboard w10m jg dapet fluent design

    • Ewing

      ane yakin g lama lagi, amin!

  • Iizsy Monoton

    Min insider fastring mobil udah ada update belum

    • Marc Vuorinen

      Belum ya, kalau sudah ada akan kami beritakan. Sepertinya mereka bersiap untuk build baru dalam “feature update” di 2018 🙂