Alexa App (via Thurrott)

Amazon tampaknya semakin agresif untuk membuat Alexa tersedia di berbagai jenis perangkat, dan kini ditambah lagi dengan dukungan beberapa OEM Windows untuk membawanya di PC Windows 10 mereka. Dalam waktu dekat, HP, ASUS, Lenovo, dan Acer akan membuat Alexa tersedia di PC mereka dengan integrasi penuh.

HP Pavillion Wave (The Verge)

Seperti Cortana,  Alexa juga akan membawa dukungan far-field voice recognition yang membuat perintah suara dari jarak jauh dapat tetap terdengar secara akurat oleh PC Windows 10. Salah satu contoh perangkat HP yang mendukung Alexa adalah HP Pavillion Wave seperti gambar diatas, yang terkesan seperti smart speaker ketimbang sebuah PC.

Kehadiran Alexa di PC Windows 10 ini berbeda dengan kerjasama dan integrasi antara Cortana dan Alexa, dimana seseorang dapat memanggil satu sama lain untuk memaksimalkan kelebihan masing-masing asisten digital. Sayangnya, kerjasama ini tertunda hingga waktu yang belum ditentukan. Sama seperti Cortana, Alexa di PC Windows 10 juga dapat menggunakan metode pengetikan disamping suara.

Dengan hadirnya Alexa di PC Windows 10 kini membuat Cortana memiliki persaingan, terutama melihat Alexa dapat dibilang unggul dengan jumlah Skill dan integrasi dengan perangkat Smart Home yang tersedia. Disamping itu, Cortana masih belum mendapat upgrade yang signifikan hingga saat ini, padahal ketika peluncuran Windows Phone 8.1, Cortana terlihat paling maju dibanding yang lain. Meskipun begitu, memang mulai ada rumor bahwa Microsoft akan memberikan upgrade signifikan bagi Cortana di tahun ini dengan meluncurnya Windows 10 “RS4” dan “RS5” beserta fitur “HomeHub”.

Sekarang, apakah tanggapan kalian? Akankah kalian menggunakan Alexa nantinya? 🙂