Di artikel sebelumnya (Part 2) WinCamp telah mengulas tentang aplikasi Islami 3-in-1. Cukup dengan memakai aplikasi 3-in-1, semua kebutuhan kita yang Muslim tercukupi di situ. Apakah itu baca Al-Qur’an, cek Jadwal Sholat, Kalender hijriyyah, Cari lokasi Masjid & restauran halal terdekat, kumpulan dzikir & do’a, dsb. Semua fitur-fitur tersebut sudah tersedia di aplikasi 3-in-1 tadi, so kamu tidak perlu pasang aplikasi terpisah.

Tapi mungkin sebagian di antara kalian lebih prefer untuk memasang aplikasi terpisah. Misalkan aplikasi Al-Qur’an sendiri, Kalender Hijriyyah sendiri, dst.

Nah, kali ini WinCamp sajikan ulasan tentang 3 buah aplikasi Al-Qur’an terbaik. Semoga bisa membantu kamu dalam memilih aplikasi recommended untuk kamu install di PC atau Mobile kamu.

3 Aplikasi Al-Qur’an Terbaik

Iqra Quran (untuk PC & Mobile)

Aplikasi Quran yang satu ini layak menempati posisi nomor 1 terbaik menurut kami.

Aplikasi ini sudah UWP, so kalian bisa meng-install-nya di PC atau Mobile, bahkan HoloLens. Ada sedikit perbedaan nama aplikasi di Store. Aplikasi ini bernama Iqra Quran untuk PC, dan Iqra Al Quran untuk Mobile.

Teks mushaf Al-Qur’an ini terbilang cukup apik dan rapi. Cerah, sejuk di mata. Lengkap dengan tanda ayat, simbol Waqaf Ja-iz, Waqaf Muthlaq, Waqaf Lazim, dsb. Melalui aplikasi ini kamu bisa baca Al Qur’an dalam bahasa Arab bersamaan dengan terjemahannya. Iqra Quran juga menyediakan pemutaran audio (mp3) dari ayat demi ayat dan fungsi pengulangan. Hebatnya lagi kamu bisa mem-bookmark tak terbatas, dan mencari surat atau ayat atau “kalimat” tertentu dengan fitur pencarian. Aplikasi ini juga memiliki kontrol navigasi yang sangat baik, beberapa terjemahan dan reciters dan banyak lagi.

Di bagian sudut kanan bawah, terdapat 3 ikon sebagai akses ke beberapa fitur. Paling kiri ialah ikon ? (Translate),, dan 3 garis susun vertikal. Yang pertama ialah ikon ? (Translate), sesuai namanya, dengan fitur ini kamu bisa lihat terjemahan dalam berbagai bahasa (yang sudah diunduh).

Lalu di sebelahnya ada ikon ▶ yaitu untuk memutar audio (mp3). Kamu bisa pilih salah satu Qori’-qori’ (pembaca) populer: ‘Abdullah Bashfar, ‘Abdur Rahman As-Sudais, Abu Bakr Shatree, Neana, Alafasy, Hani Rifa’i, Hudhaify, Maher Al Muaiqly, Minshawy, Ghamadi, Saood Shuraim, Alafasy + Terjemahan Bahasa Indonesia, Alafas + Terjemahan Inggris).

Di sebelahnya lagi ada ikon 3 garis susun vertikal yaitu untuk melihat list. Lihat isi list-nya secara lengkap di gambar GIF di bawah!

Di bagian paling atas juga ada ikon  ••• . Ketika di-klik akan muncul teks nama Surat dan angka urutannya yang diapit dengan ikon ◀ di bagian kiri dan ikon ▶ di kanan. Ikon  ◀ berguna untuk mundur ke surat sebelumnya dan ikon ▶ untuk maju ke surat sebelumnya

Inilah fitur selengkapnya:

  • Pembacaan audio oleh Qori’/pembaca populer. Kamu bisa pilih salah satu Qori’ terkenal sebagai berikut: ‘Abdullah Bashfar, ‘Abdur Rahman As-Sudais, Abu Bakr Shatree, Neana, Alafasy, Hani Rifa’i, Hudhaify, Maher Al Muaiqly, Minshawy, Ghamadi, Saood Shuraim, Alafasy + Terjemahan Bahasa Indonesia, Alafas + Terjemahan Inggris)
  • Lebih dari 35 terjemahan tersedia dalam berbagai bahasa (bahasa Inggris, Arab Tafsir, bahasa Indonesia, bahasa Persia, Belanda, Prancis, Melayu, Jerman, India, Rusia, Turki, Urdu, Albania dan banyak lagi)
  • Beragam font yang berbeda (Utmani, Me-Quran, PDMS Saleem dan Scheherazade) untuk teks bahasa Arab dan terjemahan
  • Pemutaran audio dengan Latar belakang
  • Split index screen dengan Surah dan Sections (Hezb, Sajda, Ruku, Manzil) yang bisa di-scroll
  • Tampilan mode landscape dan portrait
  • Bookmark tak terbatas
  • Doa Alqur’an — Kamu bisa lihat ayat-ayat Al Qur’an yang berisi tentang topik-topik seperti: Iman, Penyampaian, Pujian, Kesabaran, Pengampunan, Keluarga, Ketentuan, Pengetahuan, Terima kasih dan Perlindungan
  • Pencarian teks lengkap dari kedua ayat dan terjemahan aktif
  • Beberapa bacaan yang dapat diunduh untuk pembacaan ayat per ayat (mendukung pembacaan gap-less / continuous untuk semua penerima)
  • Pilihan pengulangan audio lanjutan untuk membantu penghafalan: ulangi satu ayat berkali-kali, ulangi saat mencapai akhir surah / bab atau pilih rentang ayat untuk dilewati
  • Opsi tekan dan tahan pada Ayat: SMS, Email, Twitter, Facebook, Copy, Share
  • Quick verse jumping menggunakan tampilan Fast Scroll yang unik dan mudah digunakan
  • Fitur khusus bernama “Stop Signs” yang menjelaskan arti dari Simbol Waqaf yang berbeda yang digunakan dalam Qur’an
  • Download file teks / audio dan dengarkan Qur’an kapanpun kamu mau

Unduh Iqra Quran

 

Perfect Quran (PQ) (untuk Mobile)

Posisi no. 2 terbaik (recommended) adalah Perfect Quran. Aplikasi ini khusus dibuat untuk Windows 10, tapi cuma tersedia untuk Mobile.

Meski desain UI-nya tampak sederhana, tapi aplikasi Qur’an ini terbilang lengkap dengan font Arab yang indah. Desain yang sederhana ini tentunya bertujuan agar kita gampang mengakses fitur-fiturnya. Kita bisa memilih sebuah ayat dan menambahkannya ke bookmark.

Serupa Iqra Al Quran, aplikasi ini juga tawarkan pemutaran audio (mp3) dari berbagai Qori’-qori’ populer. Juga menyediakan terjemahan dalam berbagai bahasa (bahasa Inggris, Arab Tafsir, bahasa Indonesia, bahasa Persia, Belanda, Prancis, Melayu, Jerman, India, Rusia, Turki, Urdu, Albania dan banyak lagi).

Unduh Perfect Quran

 

Al Quran Al Kareem (untuk PC)

Jangan heran dan jangan kaget ketika kamu luncurkan aplikasi ini pertama kali. Ya, tampilan UI aplikasi ini terbalik. Susunan tombol-tombol navigasinya juga terbalik, ada di sebelah kiri. Seperti yang kita biasa lihat di dalam kitab suci Al-Quran atau kitab-kitab kuning.

Sejatinya ini aplikasi ini ialah Al-Qur’an berbasis audio. Bukan aplikasi Al Quran mode teks atau mushaf. So jangan harap kamu lihat teks mushaf di sini. Di dalamnya hanyalah berisi kumpulan audio (recite) pembacaan Al-Qur’an dari Qori’-qori’ terbaik pilihan.

Total ada 17 Pembaca terkenal dari Timur Tengah yang bisa kamu pilih. Lengkap dengan profil singkat mereka masing-masing. Kamu bisa dengarkan langsung audio-nya (streaming), atau mengunduhnya terlebih dulu. Sayangnya kita harus mengunduhnya surat demi surat, tidak bisa sekaligus se-Qur’an.

Unduh Al Quran Al Kareem

 

MyQuran Indonesia (untuk Mobile)

Kalau kamu sedang cari aplikasi Qur’an yang lengkap dengan cara membacanya dalam huruf Latin + terjemah bahasa Indonesia, MyQuran Indonesia-lah jawabannya.

Aplikasi ciamik asli buatan Indonesia (the WALi studio) ini dilengkapi dengan terjemahan bahasa indonesia, dan telah disesuaikan dengan penulisan arab KEMENAG RI.

Desain UI-nya cukup keren, elegan dan bersih dan di setiap sudut tersedia tombol navigasi.

Begitu banyak fitur yang bisa membantu kamu dalam membaca dan/atau menghafalkan Al Quran.

Berikut ini Fitur MyQuran selengkapnya:

  1. Desain yang indah
  2. Selalu menyimpan surah terakhir yang dibaca agar dengan mudah melanjutkannya
  3. Fungsi Pencarian
  4. Kumpulan Doa dalam Alquran
  5. Penanda/Bookmark
  6. Ayat Sajdah
  7. Tampilan Per Halaman (Pada versi lite hanya untuk 10 halaman)
  8. Membaca Al Quran – Pinch to zoom – Suara Qori yang banyak (Pada versi lite hanya untuk Al Fatihah, Al Falaq, Al Ikhlas dan An Naas) – Terjemahan yang banyak – Tajwid berwarna – Huruf Latin – Swipe dengan 2 jari untuk pindah halaman – Audio Player yang bagus – Bagikan ke Media Sosial – Copy Quran Text – Tampilan FullScreen (Pada versi lite hanya untuk Al Fatihah dan Al Baqarah)
  9. Tugas untuk mengkhatamkan Al Quran (Pada versi lite sudah di-generate dan tidak dapat diubah)
  10. Tugas untuk menghafal Al Quran (Pada versi lite hanya dapat membuat 5 tugas)
  11. Asmaul Husna
  12. Schedule/Alarm untuk mengingatkan saatnya membaca Al Quran (Pada versi lite hanya dapat membuat 1 jadwal)
  13. Makhraj

Unduh MyQuran Indonesia

 

 

B  E  R  S  A  M  B  U  N  G