Mari kita semua (mencoba berupaya) menjadi orang yang shaleh, taat dan patuh menjalani semua kewajiban Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya, agar senantiasa mendapat hidayah, ridho dan ampunan-Nya! Terlebih di bulan Ramadhan ini. Semoga kita semua bisa tingkatkan kebaikan, maksimalkan ibadah di bulan nan penuh Rahmat, Berkah dan Maghfiroh ini!

Yok kita isi Lumia kita dengan berbagai konten Islami untuk menunjang ibadah kita selama bulan Ramadhan!

Berikut ini beberapa aplikasi recommended dan¬†laik untuk di-install di ponsel untuk menemani ibadah selama Bulan Nan Suci ini. Cekidot! ūüĎá

Aplikasi Islami All-in-One

Empat macam aplikasi berikut ini sejatinya serupa dengan aplikasi yang kemarin dibahas, yaitu Muslim All in 1. Ya, cukup pakai satu aplikasi ini, semua aplikasi Islami yang kamu butuhkan sudah tersedia di sini.

1. Namaz Pro

Tidak seperti Muslim All in 1 yang merupakan aplikasi WP8.1, Namaz Pro ini dibuat khusus untuk Windows 10. So, sobat bisa pasang aplikasi ini di Windows 10 di Desktop, Tablet, Ponsel kamu!

Tidak tanggung-tanggung. Aplikasi ini berisikan 10 aplikasi Islami yang bisa sobat Muslim gunakan sehari-hari. Ini dia!

  • Prayer Times (Jadwal Sholat) ‚ÄĒ Menu pertama yang disajikan Namaz Pro¬†yaitu Prayer Times, alias Jadwal Sholat. Kamu bisa dapatkan waktu sholat yang akurat sesuai dengan Aturan & Peraturan Islam. Ada 6 waktu yang ditampilkan, yaitu Fajr (Shubuh), Sunrise¬†(terbit matahari), Dhuhr, ‘Assr, Maghreb dan Isha’.¬†Kamu juga bisa atur alarm (dengan suara adzan) sebagai notifikasi/pengingat ketika waktu sholat telah tiba.¬†Namaz pro menggabungkan 14 konvensi berbeda untuk Perhitungan Waktu Shalat (kebanyakan di Windows Store).
  • Qibla ‚ÄĒ Kita sebagai muslim tentu tahu kalau menghadap kiblat adalah suatu keharusan saat mengerjakan sholat, karena itu syarat sah sholat.¬†Kamu tentu tidak pernah pusing mikirin posisi kiblat ketika kamu berada di kampung halaman, atau rumah kamu sendiri. Karena sudah hapal posisi kiblatnya, bukan? Tapi bagaimana kalau kamu sedang berada di suatu tempat ketika sedang travelling, misalnya? Pastinya kita tidak tahu posisi arah Kiblat yang tepat akurat. Nah, lewat fitur ini semoga bisa menentukan arah kiblat yang tepat ketika kamu akan mengerjakan sholat. Kompas di fitur inipun bisa sobat pakai untuk ponsel / Tablet / Desktop (Jika perangkat kamu¬†tidak mendukung kompas, aplikasi ini tetap menampilkan sudutnya).
  • Quran ‚ÄĒ Menurut penilaian saya pribadi, dibanding Muslim All in1,¬†Teks mushaf Al-Qur‚Äôan di sini tidak lebih bagus. Artinya, saya lebih memilih Al-Quran di Muslim All in 1 daripada ini. Pasalnya khat (font) yang digunakan di Muslim All in 1 masih lebih bagus dan rapi ketimbang di sini. Walaupun kedua-duanya sama-sama memiliki kekurangan yaitu tidak bisa mem-bookmark ayat. Tapi Al-Quran disini juga memiliki keunggulan yaitu tampilannya tidak hanya berupa teks Arab, tapi juga disertai cara membacanya dalam tulisan Latin, serta terjemah dalam Bahasa Inggris.
  • Mosques Nearby ‚ÄĒ Waktu kamu jalan-jalan ‚Äėngabuburit‚Äė, atau perjalanan mudik, kamu kelimpungan cari masjid untuk sembahyang? Tenaaang! Kamu bisa cari lokasi masjid karena fitur ini mampu mendeteksi Lokasi Masjid terdekat (sesuai lokasi tersimpan).
  • Names of Allah ‚ÄĒ Kamu bisa belajar, menghapal atau mengetahui Asma‚Äôul-Husna milik Alloh Subhanahu Wa Ta‚Äôala lewat fitur ini. Juga sudah dilengkapi dengan bacaan Audio. So Kamu juga bisa mendengarkan langsung suara alunan lagu (nasyid) yang mendendangkan 99 Nama-Nama Alloh Yang Indah ini dengan meng-klik ikon speaker di bawahnya. Hanya ada 1 opsi audio.
  • Halal Eateries¬†(Restoran Halal) ‚ÄĒ Fitur ini berguna sebagai Pendeteksi Lokasi Tempat Makanan Halal terdekat. Ya, misalkan kamu sedang berada di luar kota dan ingin bukber di rumah makan yang terjamin halalnya, kamu bisa gunakan fitur ini.
  • Shahada¬†‚ÄĒ Fitur ini tak lain dan tak bukan hanyalah berisi kalimat Syahadat. Yaitu “Laa Ilaaha Illallooh, Muhammadur Rosuulullooh“.
  • Hijri Calendar — Sesuai namanya, jelas ini ialah Kalender Hijriah Islami & Tanggal Hari Raya¬†Islam. Kita bisa tahu tanggal Hijriyah lewat fitur¬†ini. Kita juga bisa mengetahui event-event¬†Islam penting, seperti Hari Raya ‚ÄėIdul Fitri, ‚ÄėIdul Adha, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra‚Äô Mi‚Äôraj Nabi Muhammad SAW¬†dsb.
  • Duas (Hisnul Muslim) — Di dalam fitur ini terkandung Doa-Doa¬†harian untuk kamu amalkan sehari-hari. Total ada 126 doa dan dzikir. Cuma sayangnya daftar isi (Nama doa) beserta lafal dan terjemahnya hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
  • Mecca Live — Kita bisa saksikan event-event penting di Kota Mekkah, Saudi Arabia secara live lewat fitur ini.

Fitur tambahan:

  • Settings — Untuk menyetel semua keperluan terkait fitur-fitur di atas. Seperti: memilih metode yang digunakan untuk penetapan jadwal sholat. Nah, sebagai orang Indonesia, tentu disarankan untuk memilih opsi SIHAT (KEMENAG RI / Kementrian Agama Republik Indonesia)¬†yang akurat dengan sejumlah besar setting yang tersedia (angle)
  • About us untuk informasi tentang Namaz selanjutnya.

Menurut pengembang aplikasi ini dalam deskripsinya di Bursa, dia akan menambahkan Fitur berikut ini di Update berikutnya:

– Quran Audio
– Tasbih

KELEBIHAN NAMAZ PRO:

  • Aplikasi sudah berformat UWP
  • Namaz pro menggabungkan 14 konvensi berbeda untuk Perhitungan Waktu Shalat
  • Gambar pemandangan di “Home” dan di “Prayer Times” bisa “hidup” menyesuaikan waktu secara otomatis
  • Al-Quran tampilannya tidak hanya berupa teks Arab, tapi juga disertai cara bacanya dalam tulisan Latin, serta terjemah dalam Bahasa Inggris
  • Kompas bisa dipakai untuk ponsel / Tablet / Desktop (Jika perangkat kamu¬†tidak mendukung kompas, aplikasi ini tetap menampilkan sudutnya).

KEKURANGAN NAMAZ PRO:

  • Font kurang bagus di¬†Al-Qur’an
  • Al-Qur’an tidak memiliki opsi bookmark
  • Daftar isi (Nama doa) beserta lafal dan terjemahnya hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.
  • Ada bug di dalam fitur¬†Mecca Live¬†yaitu tidak bisa memutar video stream

Unduh Namaz Pro

 

(Thanks for Indra Septiandi)

 

2. Pocket Ramadhan 2014

Kamu jangan heran melihat angka tahun di atas. Kenapa 2014? Karena aplikasi ini pertama kali diluncurkan di tahun 2014. Dan kebetulan saya juga install aplikasi ini di tahun yang sama di L520 saya. Hehe.

Tampilannya simpel. Dengan Home bernuansa background hijau dan deretan fitur-fitur yang disediakan dalam susunan grid. Agak aneh. Fitur yang berbeda-beda tapi semua bentuk ikonnya sama.

Aplikasi ini serupa juga dengan Namaz Pro di atas dan Muslim All in 1 yang dibahas kemarin. Cuma yang ini lebih sedikit fitur, yaitu cuma 6 fitur. Dan agaknya WinCamp tidak perlu lagi menjelaskan rincian masing-masing fitur ini, karena toh sama saja dengan aplikasi Namaz Pro.

Ada perbedaan mencolok antara Namaz Pro dan Pocket Ramadhan, yaitu pada fitur Mosquees dan Qur’aan. Di Mosques Nearby¬†di¬†Namaz Pro, daftar nama & lokasi masjid terdekat akan ditampilkan beserta¬†radius dari posisimu berada. Tapi hanya tiulisan. Nah, di¬†Mosques¬†di¬†Pocket Ramadhan bukan cuma tulisan yang ditampilkan, tapi langsung peta lokasi. So kamu bisa lihat dengan jelas peta lokasi kamu berada serta posisi masjid terdekat.

Kemudian, Qur’an di¬†Pocket Ramadhan juga tidak berupa teks, tapi audio. Juga menyertakan beberapa opsi Qori’ (pembaca) untuk melantunkan audio pembacaan Qur’an. Ada 3 pilihan di situ: ‘Abdul Basith ‘Abdus Shamad, ‘Abdur Rahman As Sudais dan ‘Abdullah Basfar. Uniknya (dan anehnya), ketika kamu klik salah satu dari¬†Qori’ (pembaca) tadi dan memilih surat tertentu, maka kamu akan dilarikan ke aplikasi Movies & TV untuk memutar audio tersebut. Format mp3, tapi¬†dilarikan ke aplikasi Movies & TV. Hihi, aneh.

Berikut ini fitur-fitur Pocket Ramadhan:

  • Prayer Times (Jadwal Sholat) — Serupa Namaz Pro, ada 6 waktu yang ditampilkan, yaitu Fajr (Shubuh), Ishraaq (terbit matahari), Dhuhr, Assr, Maghreb dan Isha’.
  • Calendar
  • Mosquees
  • Qur’aan ‚ÄĒ Al-Qur‚Äôan ini bukan teks, tapi audio.
  • Qiblah Finder
  • Adhan

KELEBIHAN Pocket Ramadhan 2014:

  • Fitur Pencari Masjid di¬†Mosques¬†langsung menampilkan peta lokasi,¬†bukan cuma tulisan
  • Ada fitur¬†Adhan —¬†Fitur ini untuk memilih berbagai jenis alarm berupa adzan ketika waktu shalat telah tiba. Selain opsi “Silent” dan suara “Bird“, juga ada beberapa opsi Adzan di situ: Adzan Mesir, Adzan Tunisia, Adzan Turki, Adzan Mekkah, dan Adzan Madinah.

KEKURANGAN Pocket Ramadhan 2014:

  • Tampilannya kaku & terlalu simpel. Cuma dihiasi¬†nuansa background hijau.
  • Al-Qur’an¬†tidak berupa teks, tapi audio berformat mp3.

Unduh Pocket Ramadhan 2014

 

3. Islamic Plus Free

Aplikasi ini juga mirip dengan Namaz Pro, Pocket Ramadhan dan Muslim All in 1. Tapi ada sebagian yang berbeda, dan bisa dikatakan ini merupakan kelebihan aplikasi ini dibanding Namaz Pro ataun Pocket Ramadhan.

Ini dia 7 fitur-fiturnya:

  • Quran ‚ÄĒ¬†Saat pertama membuka fitur ini, kamu bakal disuguhi dengan tampilan daftar isi Al-Qur’an yaitu daftar nama Surat sebanyak 114 Surat. Lengkap dengan urutan dalam angka surat-surat tersebut (sesuai urutan dalam Al-Quran yaitu 1 sampai dengan 114). Di bawah masing-masing nama Surat tersebut juga dicantumkan jumlah ayat, jumlah ruku’ dan juz berapa saja yang termasuk surat tersebut, serta kategorinya (apakah termasuk kategori Surat Makki, atau Madani).¬†Di bagian paling atas tampilan daftar isi Al-Qur’an ini juga disediakan beberapa ikon fitur. Yang paling kiri ialah Goto, gunanya sebagai shortcut untuk loncat ke surat tertentu. Lalu di samping kanan (tengah) ada ikon orang Arab, yaitu untuk memilih Qurroo’/Pembaca Al-Quran populer. Total ada 9 orang Qori’ populer yang bisa kamu pilih. Kamu harus men-download terlebih dahulu. Tapi sayangnya kita tidak bisa men-download semua surat, cuma 2 surat pertama yang boleh¬†men-download. Sisanya, kamu harus memilih Full Version.¬†Teks mushaf Al-Qur‚Äôan ini terbilang cukup apik dan rapi. Cukup sejuk di mata. Bahkan saya menilai tampilan Al-Quran ini paling bagus dibandingkan aplikasi Qur’an sejenis. Lengkap dengan¬†teks mushaf/Arab, juga disertai terjemah dalam Bahasa Inggris. Juga ada deretan toolbar¬†di bagian paling atas. Toolbar ini terdiri dari opsi¬†apakah kamu ingin halaman Mushaf menampilkan terjemahan, atau tidak, nama Surat dan ikon Qori’. Tidak ketinggalan pula tanda ayat, simbol Waqaf Ja-iz, Waqaf Muthlaq, Waqaf Lazim, dsb. Hebatnya lagi kamu¬†bisa membuat bookmark di sini. Cukup klik sekali pada ayat yang ingin kamu tandai, maka akan muncul 2 opsi yakni “Play ayah” dan “Bookmark“.¬†“Play ayah” berfugsi utuk memutar audio ayat yang di-klik.¬†Hebatnya lagi di bagian paling bawah tengah ada Setting untuk menyesuaikan ukuran dan warna teks Arab,¬†menyesuaikan ukuran dan warna teks terjemahan,¬†menyesuaikan warna ayat terpilih, menyesuaikan warna background, memilih bahasa terjemah (Indonesia juga ada loh),¬†munculkan/sembunyikan bilah notifikasi, dan juga pilihan untuk munculkan/sembunyikan¬†toolbar. Di bagian paling bawah tengah juga ada panah kanan untuk maju ke surat berikutnya, dan¬†panah kiri¬†untuk mundur ke surat sebelumnya. Tapi –lagi-lagi– cuma sampai surat pertama.¬†Sisanya, kamu harus memilih Full Version.
  • Majmu’atul Qurroo’ — Kamu bisa pilih beberapa orang pembaca Al-Quran kondang dari Saudi Arabia untuk melantunkan Al-Qur’an. Total ada 9 orang Qori’ populer yang bisa kamu pilih. Kamu harus men-download terlebih dahulu. Anehnya, hanya mulai Surat ke-95 sampai surat ke-114 yang bisa dipilih.
  • Tafsiirul-Qur’anil Kariim — Kita bisa belajar tafsir Al-Qur’an lewat fitur ini. Untuk versi Bahasa Arab, ada Kitab Tafsir Al Qurthubi, Tafsir Ibn Katsiir, dan¬†Tafsir Al Jalalain sebagai referensinya. Sedangkan untuk¬†versi Bahasa Inggris cuma ada Tafsir Ibn Katsiir, dan versi Bahasa Indonesia¬†cuma ada¬†Kitab Tafsir Al Jalalain sebagai referensinya. Lagi-lagi, kamu harus men-download terlebih dahulu.
  • Kutubul Hadiits —¬†Beberapa kitab Hadits populer seperti Shahih Bukhari, Shahih Muslim bisa kamu temui disini. Tersedia 6 bahasa di fitur ini. Untuk versi Bahasa Arab, ada Kitab Arba’iin Nawawi karya Imam Al Nawawi, Al Muwatho’, dan Shahih Bukhari. Versi Bahasa Indonesia ada “1100 Terpilih Hadits”, Shahih Muslim, dan Shahih Bukhari. Untuk¬†versi Bahasa Inggris cuma ada Shahih Muslim dan Shahih Bukhari.¬†Untuk¬†versi Bahasa Melayu¬†ada “Artikel Tentang Hadits” dan Bulughul Maram. Dan untuk¬†versi Bahasa Urdu cuma ada Shahih Bukhari.
  • Prayer Times (Jadwal Sholat)
  • Qibla
  • Fadhludz-Dzikr — Serupa Namaz Pro, aplikasi¬†ini juga memuat seumlah Dzikir dan Doa. Berbeda dengan¬†Namaz Pro, daftar isi (Nama doa) beserta isi di dalamnya hanya tersedia dalam Teks Arab.

 

Unduh Islamic Plus Free

 

4. Muslim Daily: Al Quran, Adzan

Aplikasi garapan The WALi Studio (Indonesia) ini mencakup 8 aplikasi Islami yang biasa dipergunakan oleh Muslim sehari-hari. Seperti Al-Qur’an, Jadwal Sholat, Arah Kiblat (Kompas), Doa Harian, Kalender Hijriah.

Secara keseluruhan, aplikasi ini pun juga sama saja dengan aplikasi-aplikasi di atas.

Cuma ada kelebihan di dalam aplikasi ini yaitu:

  • Paling smooth dibanding aplikasi-aplikasi diatas, dengan efek transisi yang menarik
  • Ada Fitur penghitung Tasbih
  • Ada Fitur Kartu Ucapan
  • Ada fitur Hadits Arbain

Dan satu-satunya kekurangan aplikasi ini yaitu:

Kamu akan terganggu dengan iklan. Setiap beralih fitur (setelah menutup satu fitur dan akan membuka fitur lainnya), akan diselingi dengan iklan.

Unduh Muslim Daily: Al Quran, Adzan

 

(Thanks for Alfiis)

 

Hisnul Muslim

Kalau kamu Muslim yang rajin berdzikir dan selalu berdoa sepanjang hari. Atau sekedar ingin tahu dan ingin mempelajarinya (untuk kemudian diamalkan), kamu wajib pasang aplikasi ini.

Sekedar info, aplikasi ini buatan Indonesia asli yakni Yufid. Nama aplikasi ini sendiri diambil dari nama kitab aslinya, Hisnul Muslim. Kitab ini dikarang oleh Syeikh Sa’id Bin ‘Ali Bin Wahf Al-Qahtani.

Keunggulan aplikasi ini ialah bisa menampilkan teks dzikir dan Doa dalam 3 bahasa: Arab, Inggris dan Indonesia.

Pertama kali launch aplikasi, setelah tampilan splash screen, kamu akan disuguhi daftar isi Dzikir dan Doa (sesuai Bahasa terpilih). Total ada 132 dzikir & doa dalam aplikasi ini. Di bagian kanan setiap judul, ada ikon panah yang kalau di-klik akan langsung membuka isi dari judul Dzikir/doa tersebut. Di bagian paling bawahnya ada 3 ikon yaitu Search untuk mencari dzikir/doa tertentu, Settings untuk memilih salah satu dari 3 bahasa: Arab, Inggris atau Indonesia dan Info tentang aplikasi.

Tampilan dzikir/doa terkait berupa teks Arab beserta ikon speaker kecil untuk memutar audio. Juga ada terjemah (sesuai bahasa yang dipilih di Settings)¬†di bawahnya.¬†Dan di bagian paling¬†bawahnya ada 4¬†ikon yaitu panah kiri¬†untuk mundur ke dzikir atau doa¬†sebelumnya, dan¬†panah kanan¬†untuk maju ke dzikir/doa¬†berikutnya. Juga ada ikon SMS untuk berbagi via SMS dan ikon share¬†untuk berbagi via email dan berbagai aplikasi medsos.¬†Di bagian paling atas daftar isi ini ada teks nama aplikasi yaitu “Hisnul Muslim“.

Unduh Hisnul Muslim

 

(Thanks for Indra Septiandi)

 

 BERSAMBUNG . . . . .

(BERIKUTNYA: IQRA AL QURAN, AL QURAN, PERFECT QURAN, NAMAAZ TIMES FOR MUMINEEN, TANYA USTAD.)