Kamu pengguna Windows 10 yang merasa PC atau laptop kamu mulai terasa kurang nyaman diapakai atau lambat dalam mengerjakan beberapa perintah. Masalah ini kerap kali kita alami ketika usia Windows pada PC sudah terlalu lama digunakan. Salah satu penyebab lainnya adalah karena banyak nya program yang kita install pada PC.

Jika masalah itu sudah terjadi salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara me-reset Windows kamu. Me-reset Windows 10 berbeda halnya dengan menginstal Windows, apa perbedaan nya ? Me-reset bisa dikatakan membuat Windows terasa seperti baru di install, artinya aplikasi atau program yang sudah kamu install akan terhapus. Sedangkan Install adalah bahasa yang biasa digunakan seorang yang baru akan menggunakan Windows pada PC nya.

Kapan PC saya harus di Reset ?

Seperti yang sudah saya katakan diatas, kamu bisa kapan pun me-reset PC kamu, namun ada situasi tertentu yang harus wajib untuk kamu lakukan reset. Ketika kamu mengupgrade PC Windows 10 tentu akan ada banyak file-file sampah yang ikut terinstalasi karena upgrade berbeda dengan instalasi. Upgrade akan meninggalkan file sampah di hard drive kamu sehingga PC akan terasa berat dan pada saat inilah kamu wajib untuk me-reset PC Windows 10 kamu.

Bagaimana Cara saya melakukan reset di Windows 10 ?

Oke ini dia tahap yang paling penting, step-by-step untuk melakukan reset pada Windows 10 terbilang mudah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek apakah sistem operasi kamu sudah menggunakan Windows 10 ? karena pada tutorial kali ini khusus untuk Windows 10 saja.

  1. Buka menu Setting, lalu pilih menu Update & Security
  2. Lalu pilih Recorvery, disitu terdapat 2 pilhan Reset this PC & Advance startup. Karena kita akan me-reset, maka kita pilih “Reset this PC”.
  3. Pada tahap ini kita akan disuguhkan dengan antarmuka ketika akan menginstal Windows, kamu akan diminta untuk mengisi jenis bahasa, keyboard.
  4. Setelah itu PC akan mulai me-reset dalam beberapa menit.

Jadi apakah PC kamu sudah mulai lambat atau hard drive kamu sudah mulai terasa penuh karena terlalu sering mengupgrade ? maka segeralah menyegarkan PC kamu agar pekerjaan yang kamu lakukan dapat lebih cepat.

  • laksa tang

    Aplikasi yang kita install dari windows Store nya kan udah pasti kehapus ya min, kalo aplikasi desktop nya ke hapus juga kah?

    • Rizal Faisal Akbar

      pasti kehapus juga.
      bahasa simpelnya adalah factory reset kalo di smartphone. tapi untuk versi windowsnya sendiri adalah versi terakhir yang sudah terinstal.

      contoh :
      melakukan reset di Windows 10 Redstone 4 (1709) build xxxxx.xx maka akan tetap di build tersebut,