Akhir-akhir ini kita memang banyak sekali melihat inovasi hardware Microsoft dari lini Surface, Xbox, dan HoloLens. Meskipun masih belum berdampak besar disisi finansial Microsoft, karena memang mereka lebih fokus ke software. Tapi, hardware buatan mereka mampu menginspirasi banyak produsen Windows untuk lebih bersaing. Disamping juga menjadi objek yang ditiru oleh kompetitor utama Microsoft, seperti iPad Pro dan Google Jamboard.

MSFT Secretive Building 87
Pintu masuk Building 87 yang penuh rahasia

Itulah mengapa Microsoft memutuskan untuk tetap berinvestasi ke hardware, bahkan terbilang lebih besar dari sebelumnya. Hal ini terlihat dari adanya beberapa laporan bahwa Microsoft tengah melakukan renovasi besar-besaran di Building 87. Dimana Building 87 adalah tempat pengembangan Microsoft Devices.

Related image
Anechoic Chamber Building 87 – Ruangan paling “sunyi” di dunia

Satya Nadella, dalam memo tahun 2014, memerintahkan bahwa “setiap kelompok teknik akan memiliki sumber Data & Applied Science yang akan berfokus pada hasil yang dapat diukur untuk produk kami dan analisis prediktif terhadap tren pasar.”

Image result for building 87
Anechoic Chamber – Digunakan dalam pengujian audio untuk Surface dan Xbox, serta Spatial Sound di HoloLens

Sekarang, Microsoft mengambil langkah lebih jauh dengan menempatkan Tim Hardware Industrial Design dibawah atap yang sama dengan Applied Sciences Group. Ruang baru, yang sedang dibangun di Gedung Microsoft 87, akan membuat orang-orang jenius yang penuh terobosan bekerja berdampingan dengan pikiran penuh kreatif dari tim Surface. Begitulah apa yang diberitakan oleh DigitalTrends beberapa waktu lalu.

Microsoft sendiri juga sudah mulai memperlihatkan banyak perubahan di Building 87 hal ini terlihat dari kunjungan Verge menuju kesana. Dimana waktu itu tim Surface hanya memiliki beberapa lantai di gedung lain. Sekarang operasinya sangat besar. Di dalamnya ada campuran peralatan, mesin tercanggih, laboratorium, dan insinyur berbakat. Dalam kunjungan mereka ke Building 87 terlihat juga Gopal Gopal yang bekerja di Anechoic Chamber yang merupakan ruangan “tersunyi” di dunia.

Image result for building 87

Microsoft saat ini memiliki empat PC yang berbeda, dua bangunan yang didedikasikan untuk Surface, dan ratusan insinyur yang memikirkan hal-hal seperti ketika orang mengetik berapa banyak jumlah cahaya yang dibutuhkan untuk keyboard backlit. Jelas sekali Microsoft ingin membuat pengalaman terbaik ketika pengguna tengah memakai Surface miliknya. Dan ini merupakan salah satu contoh lain dimana Microsoft berinvestasi banyak disini.

Bahkan ada juga beberapa laporan bahwa Xbox One X juga didesain di tempat yang sama dengan pengembangan Surface. Membuat beberapa orang mulai melihat adanya konsistensi desain di lini hardware Microsoft.

Ketika seorang jurnalis New York Times yang juga kesana. Lagi-lagi tiba di tengah renovasi, menemukan sebuah tim perancang perangkat keras terbaik yang duduk di ruang luas yang kebanyakan kosong – sebuah adegan yang secara sempurna menangkap pendekatan Microsoft di hardware.

Di bawah Panos Panay, kepala Microsoft Devices, mendorong desainer dan insinyurnya untuk memikirkan kembali masa depan PC dengan cara yang hebat. Dimana mereka duduk di ruangan yang kosong, memimpikan hal-hal besar, dan mengubah penglihatan tersebut menjadi kenyataan.

Image result for surface dial

“Kami memiliki pola pikir yang mengatakan, ‘Hei, saya akan mengambil kesempatan ini, dan jika itu tidak berhasil, kita akan melanjutkan ke hal berikutnya,'” kata Panay kepada jurnalis NY Times. “Itu dirayakan – itu selalu, ‘ayo kita pergi, ayo bergerak. Hal itu membuat Microsoft dapat membuat ide cemerlang baru seperti Surface Dial yang memberi pengalaman baru bagi seniman di era digital ini.

Microsoft tidak terlihat akan melambat soal hardware. “Kami memiliki begitu banyak penemuan yang akan datang, masa depan kita sangat cerah,” begitulah ujar Panos Panay, Bos Microsoft Devices.

Bagi yang ingin melakukan “kunjungan virtual” untuk beberapa bagian bangunan ini, bisa coba klik: Inside Building 87

Nah apa pandangan kalian soal artikel ini? Tertarik untuk mengunjunginya atau menjadi salah satu dari insinyur Microsoft suatu saat nanti? 😉

  • aink

    Device microsoft memang mantap2 dan revolusioner, walau harganya memang mahal2