Ditengah tur keliling dunia CEO Microsoft, Satya Nadella yang waktu itu sedang berada di India berbicara beberapa hal seputar “The New Microsoft”.

Ketika Nadella memasuki ruangan bersama bos Microsoft India dan melihat reporter menggunakan iPad, Nadella mengatakan “Anda perlu mendapatkan komputer yang sesungguhnya, kawanku”. Memang ini bukanlah hal yang mengejutkan, karena lebih banyak hal yang dapat dilakukan dengan produk seperti Surface.

Selanjutnya Nadella berbicara soal produk konsumen, yang mungkin masih belum terlihat se-dominan Apple dan Google. Tapi bagi Nadella, Microsoft adalah sesuatu yang sangat berbeda dari kedua perusahaan tersebut.

Menurut Nadella, Microsoft lebih ke arah penyedia “alat-alat” yang diperlukan dalam pasar konsumen. Alat-alat yang dimaksud disini adalah layanan serta hardware yang berfokus dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas konsumen.

“Kapan pun kita telah melakukan hal-hal yang datang secara alami kepada kita, kita telah berhasil,” katanya. “Bahkan jika itu adalah produk konsumen, itu [sebenarnya] adalah alat. Saya jatuh cinta dengan teknologi Microsoft karena apa yang diciptakannya.”

Kemudian Nadella melanjutkan soal bagaimana Microsoft berbeda:

“Di satu sisi, saya tidak ingin mengambil dari kesuksesan Apple atau Google. Kami adalah perusahaan yang sangat berbeda. Kami bukan perantara di pasar. Kami adalah pencipta alat, kami bukan produsen mewah yang bagus. Itu bukan siapa kita, kita sedang menciptakan teknologi sehingga orang lain bisa membangunnya. “

Nadella juga mengakui bahwa pihaknya juga mengambil keputusan-keputusan sulit. Salah satu contohnya adalah dipensiunkannya Groove Music, dan bagaimana Microsoft bersama Spotify mencoba membuat pengalaman yang lebih baik agar tidak begitu merugikan pengguna.

“Lihat saja apa yang kami lakukan dengan Groove dan Spotify. Lihatlah speaker Harmann Kardon. Dalam beberapa hal, ini adalah speaker Cortana yang hebat tapi juga untuk Spotify. Terakhir kali saya memeriksa ada lebih banyak orang Spotify daripada pengguna Groove. Jadi marilah kita membawa yang terbaik dari apa yang Microsoft miliki ke pengguna Spotify dan menciptakan penggemar konsumen Jadi, itulah pendekatan yang ingin kita ambil. “

Mungkin saar ini, Microsoft tidak menyediakan produk mass-market seperti ponsel, tapi Nadella tetap nyaman dengan itu. Nadella juga kembali mengatakan bahwa Microsoft punya pendekatan yang berbeda dalam pasar kosumen, disini Nadella mencontohkan Surface:

“Bahkan dengan Surface, kami menciptakan produk premium dan merek premium dan pada dasarnya mengatakan ‘Anda tahu apa, setiap OEM harus menciptakan model dengan harga lebih rendah’,” katanya. “Kami ingin mendemokratisasikan (semua orang dapat menikmati) sesuatu, saya ingin kita bangga dengan apa yang bisa kita lakukan.”

Nadella juga sangat tertarik dengan kemajuan di Windows Mixed Reality dan gaming yang kini menjadi fokus Microsoft dalam pasar konsumen. Disini, Nadella mengatakan:

“Apa yang kita lakukan di game, itu adalah [fokus di pasar] konsumen untuk franchise konsumen. Kami telah berfokus penuh diatasnya secara besar-besaran, apakah itu Xbox Live atau Mixer, Game Pass, PC atau konsol game, “

Nah, apakah pandangan kalian soal pernyataan Nadella ini?

  • Argofen IGARTY

    Saya benarbenar bangga dengan Satya Nadella, pemikirannya sangat simple tapi membanggakan.

    • Ewing

      ane sangat setuju sm ente
      ane jg sangat bangga dgn strategi SIMPLE tapi BRILIAN ini.

      “Kami adalah pencipta alat, kami bukan produsen mewah yang bagus. Itu bukan siapa kita, kita sedang menciptakan teknologi sehingga orang lain bisa membangunnya.”

      ane terharu dgn visi MS ini, dikala yg lain kejar2an untung, untung, dan untung. MS ciptakan teknologi utk kebaikan orang lain, sungguh mengharukan & menginspirasi. g salah ane menjadikan MS sebagai satu2nya perusahaan idola ane.

      • Argofen IGARTY

        Iya…mantap bnget…. MS emank THE FUTURE, 1000 jempol buat MS

        • Ewing

          joss gandhoss MLETHOSS! mantap tap tap joss!