windows-10-laptop

Apa sobat pernah sengaja menguninstall aplikasi bawaan di Windows 10 karena aplikasi tersebut memang tidak dibutuhkan? Tapi di kemudian hari sobat malah kangen ama aplikasi yang udah dihapus tadi, dan ingin memasangnya kembali? Atau aplikasi built-in tadi gak sengaja terhapus, lalu kamu ingin memasangnya lagi?

Gimana caranya menginstall ulang aplikasi bawaan yang udah terhapus/sengaja dihapus?

Kalau PC Windows 10 sobat belum di-update ke Anniversary Update, ya sobat gak butuh apa-apa lagi. Tidak ada trik apapun untuk mengembalikan aplikasi bawaan yang udah terhapus. Karena jika kita sudah memperbarui OS ke Anniversary Update, maka otomatis mengembalikan semua aplikasi bawaan. Kecuali beberapa aplikasi lainnya seperti Get Skype karena memang sudah dihapus oleh Microsoft.

Sebenarnya cara install ulang aplikasi bawaan di Windows 10 mudah banget. Sama mudahnya seperti menghapus aplikasi tersebut. Yuk ikuti step-step berikut ini.

Cara pertama:

Yaitu mengembalikan semua aplikasi bawaan dengan cara membuka PowerShell sebagai administrator.

Buka Start Menu dan scroll ke bawah untuk menemukan Windows PowerShell. Kemudian klik kanan Windows PowerShell dan klik More > Run as Administrator.

 

Tuliskan atau copy-paste kode di bawah ini di halaman PowerShell.
Get-AppXPackage | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml

Kemudian tekan tombol Enter.

Kamu mungkin tidak akan melihat apapun yang terjadi, tunggu beberapa menit. Lalu coba kamu taburkan kopi dan sedikit gula ke cangkir, kemudian tuangkan air panas 200cc ke dalamnya. Tunggu sejenak, lalu seruputlah! Gimana rasanya? Segerrr ‘kan???

Kemudian cek Start Menu untuk mengecek apakah aplikasi bawaan Windows 10 yang hilang tadi telah muncul kembali. Jika muncul sebuah pesan error, buruan restart PC dan cek kembali Start Menu (Kalo kamu tidak melihat aplikasi bawaan di Start Menu, pastikan kamu udah mengetik kode di atas dengan benar).

Cara Kedua:

Yaitu dengan menginstal aplikasi bawaan satu persatu (jika tidak ingin menginstal semua aplikasi). Memang cara ini sedikit rumit soalnya kamu harus kudu mesti nemu file appxmanifest.xml untuk aplikasi yang ingin diinstall ulang.

Buka PowerShell sebagai administrator.

Kemudian ketik atau copy-paste kode di bawah ini di halaman PowerShell dan tekan Enter.

Get-AppxPackage -allusers | Select Name, PackageFullName

Tunggu beberapa detik, akan muncul daftar semua aplikasi bawaan beserta file appxmanifest.xml dari aplikasi tersebut.

 

Cari dan temukan Name aplikasi yang ingin di-install, double klik PackageFullName (string kolom sebelah kanan).

 

Setelah menyorot string ini, tekan Enter atau Ctrl + C untuk menyalinnya ke clipboard.

Kemudian, ketik kode di bawah ini di PowerShell (ubah PackageCodeName dengan string yang udah disalin tadi (tekan Ctrl + V) dan tekan Enter.

Add-AppxPackage -register “C:\Program Files\WindowsApps\PackageCodeName\appxmanifest.xml” -DisableDevelopmentMode

Kalo udah, buka kembali Start Menu dan lihat apakah aplikasi bawaan sudah terinstall ulang atau belum. Jika belum, cobalah restart PC.

Done!

Selamat mencoba!

  • Rabbil AR

    nice inpo

  • Gan saya kan windows nya ori oem, nah saya males update jadi saya pake iso, nah iso buat windows 10 home gak ada di website microsoftnya terus gimana gan?

    • Maksudnya agan mau download update lewat iso?

      • Iya gan, kemarin failed kayaknya beda versi, punya saya home tapi diinstall pro :v

    • Rabbil AR

      udah coba pake MCT juga kedetect nya versi pro ?