MobileStore_wincamp-min-boost

 

Kadang-kadang aplikasi di Windows 10 tidak mau bekerja baik. Bisa jadi karena masalah dengan Store, sehingga kamu tidak bisa men-download atau tidak bisa memperbarui aplikasi yang telah terpasang, atau aplikasi e-mail mogok saat startup/peluncuran tanpa alasan yang jelas, atau koleksi foto selfie penting kamu yang “bermain petak umpet” di aplikasi Photos.

Apakah kamu juga sering mengalami masalah-masalah ini? Aplikasi suka FC alias nutup sendiri lah, ngga mau kebuka lah, stuck muter-muter terus lah, de es be. Tentunya kamu amat sangat ngerasa jengkel banget sekali ‘kan? Serasa pingin dibanting aja deh HP-nya.

Masalah apa pun yang muncul di Windows 10 versi 1511 dan di bawahnya, satu-satunya jalan adalah meng-uninstall dan menginstal ulang aplikasi tersebut. Jika itu merupakan sebuah aplikasi built-in, kamu mungkin cuma bisa berharap ada update untuk membersihkan data sampah yang mengganggu sistem.

Namun kalau kamu sudah memiliki Windows 10 Anniversary Update, kamu sangat beruntung. Dengan Windows 10 Anniversary Update, Microsoft telah memperkenalkan fitur “App Reset” di dalam menu Settings.

Dengan adanya fitur “App reset” ini, kamu makin dipermudah dalam memperbaiki aplikasi yang suka crash alias FC (Force Closed). Yang harus kamu lakukan cuma menyetel ulang semua pengaturan dan data dalam aplikasi yang diberikan sehingga aplikasi bakal dikembalikan ke posisi semula seperti waktu pertama kali diinstal dari Store – memperbaiki bugs dalam aplikasi tanpa memaksa uninstall.

Jika posisi kamu ada di Windows 10 Anniversary Update dan memiliki aplikasi yang stuck, berikut adalah cara untuk memperbaikinya.

  • Buka Pengaturan –> System

Cara mengatasi apps gagal dibuka (1)

 

  • Di bawah sub system, klik Apps & features.
  • Cari aplikasi tersebut.
  • Setelah memilih aplikasi, klik Advanced options.

Cara mengatasi apps gagal dibuka (3)

 

  • Klik Reset.
  • Semua data akan dihapus, termasuk bug apa pun yang menyebabkan aplikasi tidak bekerja.

Cara mengatasi apps gagal dibuka (4)

 

Coba sekarang kamu buka aplikasi sekali lagi. Sudah normal lagi ‘kan? Alhamdulillah kalau sudah normal. Berarti tips saya berhasil. Syukurlah.

Microsoft telah membuat solusi mudah dan aman untuk mengatasi semua permasalahan yang ada di aplikasi-aplikasi yang tersedia di Windows Store-nya, bukan?  *****