Microsoft terus menambahkan cara Cortana dapat membantu pengguna apakah mereka duduk di PC mereka atau dalam perjalanan. Banyak yang bisa dilakukan Cortana dapat disesuaikan atau diaktifkan melalui Notebook Cortana, semacam menu pengaturan di mana Anda dapat memberi tahu Cortana apa yang harus diselesaikan untuk Anda. Kemudian Anda juga memungkinkan integrasi dengan layanan yang berbeda. Hal yang baru di Menu adalah bagian “Connected Home” yang baru ditambahkan, di mana pengguna sekarang dapat masuk ke berbagai layanan Smart Home untuk memungkinkan Cortana mengontrol perangkat cerdas di sekitar rumah mereka.

Untuk saat ini akan ada 5 penyedia layanan yang akan mendukung Cortana untuk Smart Home:

  • Wink
  • Insteon
  • Nest
  • SmartThings
  • Hue

Salah satu contoh penggunaannya adalah ketika kalian login lewat akun Hue, Cortana kemudian akan mengizinkan Anda untuk mengatur redup-cerahnya cahaya lampu. Suatu hal yang sangat memudahkan pengguna Windows 10 PC dan Mobile (ya Mobile juga!).

Cortana Notebook Connected Home

Langkah ini tepat sekali dengan rencana peluncuran Harman-Kardon Invoke dengan Cortana sekitar akhir Oktober mendatang. Fitur ini sejatinya sudah mulai bergulir ke sebagian kecil pengguna. Jadi, kalau masih belum dapat dinikmati, bersabarlah dulu.

Nah, apa pandangan kalian soal fitur baru Cortana di Windows 10 PC dan Mobile ini? 😀