Dalam penggunaan suatu sistem operasi tentu diperlukan suatu keamanan ketika pengguna mengakses atau menggunakan sesuatu. Terutama di era cyber attack yang kian marak akhir-akhir ini.

NSS Labs, pemimpin global dan sumber terpercaya untuk panduan cybersecurity berbasis fakta independen, hari ini mengumumkan perilisan Laporan Perbandingan Keamanan Browser Web milik mereka. Laporan tersebut mengungkapkan betapa efektifnya peramban web untuk melindungi pengguna dari serangan perangkat lunak perusak dan serangan phishing.

Tidak ada perbedaan signifikan yang diamati antara browser Edge yang berjalan pada Windows 10 atau Windows 10 S. Begitu juga, antara browser Chrome yang berjalan pada Windows 10 dan Chromebook.

Seperti yang bisa dilihat dari grafik di atas, menandakan bahwa siswa lebih terlindungi pada produk Windows 10 S daripada Chromebook. Meskipun keduanya dirancang untuk menawarkan perlindungan yang kuat terhadap bentuk malware lainnya.

Laboratorium NSS menguji 36.120 kasus uji coba yang menyertakan 1.136 URL unik dan mencurigakan selama periode 23 hari pada bulan Agustus / September 2017 dan ditemukan selama pengujian. Disini, browser Microsoft Edge memblokir rata-rata 92,3% URL phishing; Google Chrome memblokir rata-rata 74,5% URL phishing; dan Mozilla Firefox memblokir rata-rata 61,1% URL phishing.

Yang penting browser Edge juga cepat dalam mengidentifikasi URL phishing baru. Microsoft Edge memberikan tingkat perlindungan zero-hour tertinggi di 81,8%. Serta seiring berjalannya waktu tetap mempertahankan keunggulan 24,2% atas Chrome.

Sementara penggemar Chrome dan kritikus Microsoft akan mudah tidak mengakui temuan ini, NSS Labs mencatat bahwa mereka tidak menerima dana dari salah satu pihak.

“Browser web adalah antarmuka utama yang digunakan untuk mengkonsumsi informasi dan merupakan titik masuk yang paling umum bagi penyerang,” kata Jason Brvenik, Chief Technology Officer di NSS Labs. “Perusahaan semakin mengadopsi strategi browser bifurcated untuk mengurangi paparan ancaman yang muncul. Temuan uji kami memberikan wawasan berharga yang memberdayakan pengambilan keputusan yang diinformasikan dan membantu perusahaan dan pengguna meminimalkan risiko untuk mendapatkan pengalaman browser yang aman. “

Nah, jika kalian sangat peduli dengan keamanan browser kalian, sudah waktunya bagi kalian untuk beralih ke Edge.

Nah, apakah pandangan kalian soal temuan ini? 😉