Era mobile PC yang selalu terhubung dengan konektivitas dan memiliki ketahanan baterai yang luar biasa telah dimulai. Dalam acara Qualcomm Tech Summit, Microsoft bersama Qualcomm memperkenalkan dua produk baru berbasis Windows 10 on ARM.

Produk gelombang pertama dari Windows 10 on ARM yang “Always Connected” akan menggunakan Windows 10 S. Dimana, semuanya lebih terjamin baik peforma maupun keamanannya karena hanya menggunakan layanan dari Microsoft. Hanya saja, kalian juga dapat tetap untuk upgrade ke Windows 10 Pro kalau ingin menggunakan layanan diluar Microsoft Store. Produk-produk Windows 10 on ARM ini juga memiliki pengalaman “Instant On” yang membuat kalian hanya tinggal sekali sentuh tombol power dan langsung dapat mulai dioperasikan.

Produk yang pertama kita bahas adalah NovaGo, yang merupakan salah satu perangkat convertible dari Asus. Dengan peluncuran ini, Asus NovaGo tentu akan menjadi produk convertible berbasis Windows 10 on ARM pertama.

Asus NovaGo hadir dengan Snapdragon 835 dan chip GigaBit X16 LTE dengan kecepatan hingga 450 MBps. Selain itu juga ditanamkan memori 256GB. Serta untuk layar, Asus NovaGo memiliki ukuran 13.3 inch dengan resolusi HD. Untuk urusan baterai sangat mengagumkan karena mampu bertahan 22 jam!

Bagaimana soal harga? Asus NovaGo dipatok mulai $599 atau 8 jutaan untuk RAM 4GB. Kemudian, untuk RAM 8GB mulai $799 atau 10.8 jutaan rupiah. Pembeli juga dapat upgrade gratis ke Windows 10 Pro yang mana masa promosi ini berlaku hingga akhir September tahun depan.

Sementara untuk HP, sebenarnya hanya sebatas meluncurkan versi baru Envy x2 yang menggunakan Snapdragon 835. Hanya saja, baterainya bisa tahan hingga 20 jam! Selain itu, Envy x2 versi ARM ini juga dilengkapi dengan RAM 8GB untuk menunjang peformanya. Body yang dimiliki juga sangat ramping yaitu hanya 6.9mm saja.

Envy x2 ini tentu saja akan menjadi pesaing utama bagi Surface Pro LTE yang juga mulai hadir untuk publik mulai awal tahun depan.

Qualcomm bekerja sama dengan beberapa operator di Amerika Serikat, termasuk Sprint, Verizon, dan T-Mobile untuk menawarkan Asus NovaGo yang hadir dengan eSIM. Asus akan merilis perangkat ini di Inggris, Italia, Prancis, Jerman, China, dan Taiwan. Disisi lain, Lenovo juga akan meluncurkan PC Always Connected di CES pada bulan Januari 2018 nanti.

Nah, sekarang apakah pendapat kalian soal produk-produk baru ini? Apakah kalian sudah siap untuk era mobile PC?

 

  • Rabbil AR

    langkah awal yg bagus untuk Microsoft

    • Marc Vuorinen

      Yup apalagi dengan Snapdragon 845 nanti 😉

  • Krista

    HP Windows kena ini gimana ya?

    • Marc Vuorinen

      Sekitar $600-$800 🙂

  • Chingchan Wibowo

    Nunggu versi murahnya lah

  • Andriy Andriy

    Tinggal nunggu yg versi snapdragon 6xx mungkin harga cuman 4jtaan