Salah satu arah masa depan Windows 10 adalah melalui Mixed Reality. Semuanya berawal dari HoloLens yang menjadi pemimpin pengalaman Mixed Reality yang sesungguhnya dan secara sepenuhnya wireless. HoloLens telah digunakan oleh berbagai kalangan enterprise dan peneliti untuk memberikan suatu pengalaman baru dalam meningkatkan produktivitas dan juga bermanfaat bagi orang lain.

Hari ini, kita menuju ke langkah selanjutnya. Yaitu dengan membuat pengalaman ini perlahan mulai dapat masuk ke perangkat yang lebih terjangkau dari produsen lain seperti Samsung, Dell, HP, Lenovo, ASUS, dan Acer. Berbicara soal Samsung, Microsoft merasa sangat senang sekali dengan kehadiran Samsung ke dunia Mixed Reality melalui headset “Odyssey” mereka. Headset Mixed Reality ini mulai dipatok di kisaran 4 jutaan hingga 6 jutaan seperti produk baru Samsung ini. Serta, ada juga yang membundlenya bersama dengan Motion Controller yang merupakan pasangan pas untuk headset Mixed Reality.

Dengan Mixed Reality, Microsoft berkomitmen untuk:

  • Merangkul seluruh keberlanjutan dari Augmented Reality ke Virtual Reality dan apapun diantaranya.
  • Bangun perangkat mutakhir dan teknologi yang menggerakkan mereka, seperti HoloLens
  • Buat platform terpadu untuk aplikasi dan layanan yang akan ditargetkan

Samsung HMD Odyssey with motion controllers.

Inilah beberapa keunggulan dari Samsung Odyssey dengan Windows Mixed Reality:

  • Pengalaman tampilan Dual AMOLED (2880×1600 piksel)
  • 360 derajat spatial sound, plus headphone AKG built-in
  • 110 derajat Field of View
  • Array Mics untuk pengalaman Cortana tanpa gangguan
  • Set-up Windows Mixed Reality yang sangat mudah

Set up is simple

“Ketika kami mulai merancang dan merancang Samsung HMD Odyssey dengan Microsoft, hanya ada satu tujuan dalam pikiran, menciptakan headset berperforma tinggi yang mudah dipasang dan dapat membawa orang ke dunia maya yang luar biasa. Didukung dengan display dual AMOLED yang diketahui oleh Samsung, yang menghasilkan warna yang hidup dan resolusi tertinggi di industri ini, headphone AKG yang ada di dalam ruang, pelacakan internal, mikrofon built-in, dan pengendali gerak cepat dan responsif, Samsung HMD Odyssey menenggelamkan pengguna dengan bidang pandang 110 ° saat mereka menemukan batasan baru Windows Mixed Reality. Samsung berkomitmen untuk bekerja di platform untuk membangun teknologi terdepan, dan kami sangat antusias untuk bermitra dengan Microsoft untuk membentuk masa depan realitas maya. Tapi yang paling penting, kita tidak bisa menunggu Anda membawa Samsung HMD Odyssey keluar untuk berputar, dan melihatnya sendiri. ” – Alana Cotton VP dan GM, Samsung Electronics USA

Konten-Konten Mengagumkan

Tentu saja dengan hadirnya Windows Mixed Reality ini perlu meluncurkan konten-konten berkualitas yang memanjakan pengguna untuk lebih produktif dan terhibur. Itulah mengapa hari ini Microsoft juga meluncurkan Halo Recruit yang juga mulai dapat dicoba pada 17 Oktober mendatang.

Disamping Halo, ada 20.000 aplikasi yang siap digunakan untuk headset Mixed Reality kalian. Seperti Obduction and Dreams of Dali dari InceptionVR, Space Pirate Trainer, Superhot, Arizona Sunshine, Luna, Skyworld, Move, Free the Night, Minecraft, Fantastic Contraption, dan lainnya. Dimana mereka juga akan memanfaatkan Universal Windows Platform atau biasa disingkat “UWP”.

Untuk SteamVR, pengguna dapat mencoba koleksi game mereka pada akhir tahun ini dalam Preview. Sementara untuk peluncuran sepertinya berada di awal 2018 mendatang.

Altspace VR Kini Menjadi Bagian dari Microsoft

AltspaceVR is now part of Microsoft

Berita menarik lainnya pada hari ini adalah, Microsoft resmi mencaplok Altspace VR dan akan bersama Microsoft mengembangkan pengalaman Mixed Reality yang lebih memukau. Altspace VR adalah pemimpin sosial media dalam dunia virtual kita seperti acara live atau bermain game interaktif bersama teman kalian secara virtual. Keren kan pastinya? 😀

Image result for altspacevr

Altspace VR sendiri memang melihat adanya kesamaan visi dengan Microsoft yang memutuskan mereka untuk akhirnya bergabung dengan Microsoft. Apalagi layanan semacam ini juga dapat meningkatkan layanan Xbox Live di dunia Mixed Reality yang sempat Alex Kipman isyaratkan di Build 2017 lalu.

Nah, bagaimana menurut kalian? Tertarik mencoba atau membeli produk Mixed Reality begitu meluncur di Indonesia? 😀

 

  • Randhika

    Kepincut sama AKG nya itu, salah satu produsen perangkat audio khusus “Audiophile grade”

  • @FahruRawhaf

    Membeli produk Mixed Reality begitu meluncur di Indonesia..?? Hmm.. Kira-kira yang hadir di Indonesia, produk dari merek mana dulu nih..

    • Nawi

      Xiaomi