Selain penambahan sejumlah fitur baru di Microsoft Edge, di build 15002 ini juga ada segudang fitur baru lainnya.

Ini dia daftar selengkapnya. Cekidot!

Peningkatan Start Screen dan Shell

Tile Folders in Start

Tile Folders di Start: Serupa di Windows 10 Mobile, mulai di build terbaru ini sekarang kamu bisa mengelompokkan ubin Start ke dalam folder. Tile Folders  adalah sebuah cara untuk mengatur dan membuat tile lebih personal di Start. Untuk memulainya, drag and drop tile di atas tile lainnya di Start untuk membuat folder.

 

Pembaharuan pada Windows Share:

Windows Share wajah baru

Microsoft telah mendesain ulang fitur Windows Share guna lebih terfokus dan terintegrasi dengan aplikasi mana yang kamu tuju untuk berbagi. Windows Share wajah baru akan memunculkan pop-up flyout share baru dalam aplikasi yang kamu bagikan dan menyajikan daftar aplikasi (target) yang bisa digunakan untuk berbagi. Daftar aplikasi akan berubah berdasarkan penggunaan kamu.

Hotkey WIN + H yang biasa digunakan dalam Windows Share versi lawas telah dihapus.

 

Meng-capture sebuah bagian layar (Membuat screenshot):

Fitur screenshot yang populer OneNote 2016 ini kini dihadirkan ke dalam Windows 10! Kini kamu bisa gunakan Win + Shift + S untuk membuat screenshot dan menyalinnya ke clipboard untuk disisipkan ke OneNote Windows 10 atau aplikasi lainnya. Harap dicatat bahwa fitur ini menggantikan salah satu fitur di OneNote 2016.

 

Peningkatan dukungan high-DPI untuk aplikasi desktop:

Peningkatan dukungan high-DPI untuk aplikasi desktop

Sebagai lanjutan dari Build 14986, Build 15002 membawa lebih banyak peningkatan di segmen dukungan high-DPI. Pertama, seperti halnya peningkatan pada Microsoft Management Console (MMC), ada pembaruan juga pada Performance Monitor (Perfmon) yang sekarang lebih “renyah” di high-DPI PC. Kedua, di samping telah diaktifkan secara default untuk beberapa aplikasi desktop Windows, kini kamu bisa juga mengaktifkannya sendiri untuk aplikasi berbasis GDI lainnya!

Untuk melakukan ini, kamu harus menemukan file .exe, klik kanan di atasnya, dan pilih Properties. Buka tab Compatibility, lalu aktifkan System (Enhanced) DPI scaling, dan klik OK. Pengaturan ini menimpa cara aplikasi menangani penskalaan DPI (yang kadang menggunakan bitmap stretching dan bisa mengakibatkan aplikasi mengalami rendering blurry) dan memaksanya untuk di-skala oleh Windows.

Pengaturan yang sebelumnya diberi label “Disable display scaling on high DPI settings” sekarang dinamai “Application scaling“. Ini bisa work hanya untuk aplikasi yang menggunakan GDI.

 

Me-resize (ubah ukuran) jendela kini terasa smooth:

Salah satu feedback dari para Insiders adalah bahwa gerakan animasi ketika mengubah ukuran jendela tidak selalu mulus. Kini kamu akan melihat peningkatan performa dan kelancaran ketika mengubah ukuran jendela aplikasi Desktop berbasis GDI (seperti File Explorer, Task Manager, dan Notepad) dan aplikasi UWP (seperti Groove Music dan Outlook Mail). Selain itu, ketika kamu mengubah ukuran aplikasi UWP secara cepat, background frame jendela akan menjadi transparan (menyesuaikan aplikasi), bukan lagi warna flat.

 

Peningkatan Scaling dan Penempatan Ikon Desktop:

Termasuk salah satu feedback juga ialah bahwa ikon desktop kadang di-skala atau diatur tidak sesuai dengan yang diharapkan, terutama setelah docking / undocking perangkat, bekerja dengan monitor yang memiliki DPI yang berbeda-beda, atau memproyeksikan monitor kamu.

Nah, feedback telah ditanggapi. Sekarang ketika kamu mengubah konfigurasi multi-monitor, melakukan dock / undock perangkat, memproyeksikan layar, menambahkan atau menghapus monitor, atau membuat perubahan yang mempengaruhi skala ikon, kamu sekarang akan melihat peningkatan dimana sistem akan menyesuaikan tata letak ikon desktop.

 

Akses VPN telah disederhanakan dan lebih cepat:

Sebuah fitur yang banyak diminta dari pengguna VPN.

Kini flyout Jaringan telah diperbarui, so setelah memilih VPN kini kamu bisa klik connect langsung dari dalam flyout tanpa perlu membuka Pengaturan VPN. Jika kamu masih tetap menemui masalah, kamu masih dapat terhubung ke VPN dari Pengaturan VPN.

 

Peningkatan dialog sign-in di aplikasi:

Kami telah meningkatkan pengalaman sign-in aplikasi bagi pengguna yang memiliki beberapa akun. Dialog sign-in baru menampilkan akun Microsoft, akun Kerja, atau akun sekolah kamu yang tersedia dan memungkinkan untuk menambahkan akun baru ke Windows.

 

Dukungan Kalender Lunar untuk Taskbar:

Dukungan Kalender Lunar untuk Taskbar

Kalender Lunar Cina Sederhana atau Tradisional sekarang tersedia di taskbar agar kamu bisa dengan cepat cek tanggal lunar bersama tanggal Gregorian saat ini. Hari-hari libur khusus ditandai dengan teks aksen berwarna. Buka Pengaturan > Waktu & Bahasa > Tanggal & Waktu untuk memilih kalender tambahan yang ingin dilihat.

 

Meningkatkan pengalaman notifikasi untuk pengembang aplikasi dan semua orang:

Pengembang aplikasi semakin menghadapi skenario dengan aplikasi mereka dimana mereka membutuhkan lebih banyak fleksibilitas untuk mengatur notifikasi untuk memberikan user experience yang diinginkan. Untuk memberikan pengalaman yang lebih relevan dan dibuat untuk pengguna Windows, sekarang ada cara bagi pengembang aplikasi untuk membuat custom subgroups untuk notifikasi mereka dalam Action Center. Juga, untuk mengatasi problem di mana notifikasi mungkin mengalami kesalahan tanda waktu (misalnya, jika PC sedang posisi “tidur” ketika kamu mendapat notifikasi lintas-perangkat dari ponsel kamu), maka akan memungkinkan pengembang aplikasi untuk menimpa timestamp notifikasi tersebut. Jika kamu seorang pengembang aplikasi, silahkan cek sebuah posting di the Tiles and Toasts blog tentang bagaimana kamu bisa memanfaatkan fitur ini.

 

BERSAMBUNG . . . . .