Fitur baru terkadang menjadi harapan bagi setiap pemilik gadget, bahkan tidak jarang dicap sebagai “pertama kali” oleh penggemarnya. Namun tahukah kamu bahwa terkadang fitur tersebut terlihat baru, namun sudah dimiliki Windows 10 Mobile sejak lama?

Kami mendapat informasi tentang beberapa fitur baru dan paling mencolok di MIUI9, tapi ternyata Windows 10 Mobile sudah memiliki fitur tersebut lebih dulu. Fitur apa sajakah itu? Mari kita bedah :

Image Search

Salah satu fitur unggulan dari MIUI 9 yaitu Pencarian Foto/Gambar. Dengan fitur ini pengguna bisa mencari foto berdasarkan keyword tertentu, seperti lokasi dimana foto tersebut diambil, tanggal, dsb. Ternyata Windows 10 Mobile juga bisa lho. Beberapa keyword Cortana yang bisa kamu coba yaitu :
“Find document titled ‘Back to School’
“Find PowerPoint presentations from last year”
“Find documents I worked on today”
“What was the last document I opened?”
“Find documents written on the 20th”
“Show me my Excel sheets”
“Find photos from yesterday”
“Find photos from the park”
“Find pictures from the UK”

Smart Assistant

Fitur ini menjadi semacam shortcut untuk mencari jadwal, catatan, foto, dsb serta perintahnya masih berbasis teks. Bagaimana dengan Cortana? Cortana bisa melakukan semua itu cukup dengan kamu perintahkan melalui suara atau teks.

Smart App Launcher

Jika kamu menggunakan fitur ini maka kamu akan dipermudah untuk membuka aplikasi tertentu sesuai konten yang ada di layar, jika di layar terdapat konten peta, maka Smart App launcher akan merekomendasikan aplikasi peta.

Di Windows 10 Mobile namanya adalah App for Website, sedikit berbeda memang, namun rata-rata aplikasi sudah menyediakan peta bawaan, seperti di whatsapp. Dengan app for Website, kamu bisa membuka aplikasi ketika menjelajah web tertentu yang didukung oleh aplikasi, seperti pada Groove dan Telegram. Dan lebih dahsyatnya lagi, kamu bisa order ojek online lewat Cortana (jika kamu menginstall Uber), ngetweet lewat cortana juga bisa.

Dynamic Resource Allocation

Ini semacam fitur untuk mengalokasikan sumber daya dan menghemat baterai, fitur baru ini akan memprioritaskan aplikasi yang tengah berjalan. Di Windows 10 Mobile namanya battery saver, kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang bisa berjalan di background, jadi sudah pasti lebih hemat baterai.

Ada 3 mode, never allowed in background, managed by Windows, atau always allowed in background. Serta Windows 10 Mobile sudah secara otomatis mengoptimalkan resource untuk aplikasi yang dibuka saja.

Banyak juga ya ? Tak disangka fitur yang dianggap baru dan mewah di gadget lain, ternyata sudah dimiliki Windows 10 Mobile. Selain itu di Windows 10 PC dan beberapa di Android (selain MIUI9) juga bisa lho.