BSOD ganti nama jadi GSOD

 

Microsoft memperbarui halaman bugcheck (yang tadinya warna biru/blue screen), kini jadi hijau. Ini merupakan upaya Microsoft untuk lebih mudah membedakan antara laporan dari Insider dengan laporan dari Non-Insider.

Sedangkan versi rilis/publik Windows 10 akan tetap berwarna biru klasik, tidak terkecuali rilis final dari Windows 10 Creator Update.

 

Pembuatan Quick Virtual Machine di Hyper-V:

Quick Virtual Machine Creation di Hyper-V

Hyper-V Manager memiliki halaman baru yang membuat kamu lebih cepat dan lebih mudah dalam pembuatan virtual machine. Cukup buka Hyper-V Manager dan klik ‘Quick Create‘. Wizard yang simpel akan membantu kamu menyiapkan VM hanya dalam beberapa klik. Setelah mesin virtual beres dibuat, halaman konfirmasi akan memungkinkan kamu menghubungkannya atau masuk ke Advanced settings.

Ini masih dalam tahap pengerjaan Microsoft.

 

Peningkatan pada Experience Update

Microsoft telah membuat sejumlah experience baru dalam proses meng-update berdasarkan umpan balik yang kamu kirimkan.

Berikut ini sejumlah perubahan pada Pengaturan Update:

* Menambahkan opsi untuk menghentikan update untuk sementara pada PC hingga 35 hari. Untuk menjeda, pergi ke halaman Settings > Update & Security > Windows Update > Advanced options. Opsi ini akan tersedia pada Windows edisi Professional, Education, dan Enterprise.

* Ketika kamu meng-update Windows, ada opsi baru untuk memutuskan apakah mau menyertakan update driver atau tidak. Opsi ini akan tersedia pada Windows edisi Professional, Education, dan Enterprise.

* Menambahkan ikon baru ke halaman Windows Update Settings untuk mempermudah melihat sekilas status update kamu. Status update ini beserta experience-nya akan mirip/konsisten dengan experience yang akan kamu temukan di dashboard Windows Defender baru.

* Membuat beberapa peningkatan pada logic untuk pendeteksian yang lebih baik jika layar PC secara aktif digunakan untuk sesuatu, seperti memproyeksikan, dan menghindar dari mencoba restart.

* Para Insiders yang memiliki Windows Home Edition mulai sekarang akan juga bisa memanfaatkan jendela maksimal 18 jam yang ditingkatkan untuk Active Hours.

 

Peningkatan Windows Information Protection untuk Pelanggan Bisnis

Penempatan Work Files di Removable Drives:

Beberapa pelanggan enterprise telah menemukan bahwa menyimpan Work files ke removable drive akan mencegah mereka dari mengakses file pada perangkat yang berbeda karena enkripsi.

Microsoft telah menambahkan sebuah prompt untuk memungkinkan kamu memilih apa yang ingin kamu lakukan dalam kasus ini, yang mempermudah untuk mentransfer Work files ke sebuah removable drive:

* Ketika menyalin file terenkripsi Windows Information Protection (WIP) ke sebuah removable drive, kamu akan ditanya apakah kamu ingin menyimpan file sebagai Work files, atau mengonversikannya ke Personal, atau membatalkan proses peng-copy-an

* Ketika menyimpan file terenkripsi Windows Information Protection (WIP) ke sebuah removable drive, kamu akan ditanya apakah kamu ingin menyimpan file sebagai Work files, atau mengonversikannya ke Personal, atau menyimpannya ke sebuah lokasi yang berbeda.

Open Dialog untuk Work Files di Personal Apps:

Microsoft memberi perlindungan pada perusahaan-perusahaan dengan menggunakan Windows Information Protection (WIP) dengan menampilkan sebuah pesan peringatan saat membuka Work files di aplikasi yang tidak diizinkan (dengan kata lain, aplikasi yang tidak tercantum pada whitelist / daftar putih aplikasi yang disetujui yang dapat digunakan dalam pengaturan perusahaan).

Saat membuka file WIP di aplikasi yang tidak diizinkan, akan muncul informasi ke pengguna bahwa file tersebut adalah sebuah Work file dan tidak bisa dikonversi ke Personal dalam aplikasi yang tidak diizinkan. Silakan baca lebih lanjut tentang Windows Information Protection (WIP) di Windows 10 di sini.

 

Percobaan power usage di perangkat-perangkat Windows 10 terpilih

Eksperimen Power usage di perangkat-perangkat Windows 10 terpilih

Microsoft tengah menjalankan eksperimen pada sepaket kecil perangkat para Insider guna mengevaluasi fitur Windows 10 Creator Update mendatang yang dapat membantu meningkatkan daya tahan baterai Windows. Tergantung pada konfigurasi eksperimen ini, kamu mungkin melihat satu atau lebih aplikasi yang dilaporkan sebagai “throttled (mencekik)” di task manager (lihat di dalam).

Eksperimen ini seharusnya tidak menimbulkan dampak yang nyata pada user experience Anda dan Microsoft berharap untuk mendengar feedback Anda. Silakan berbagi pengalaman Anda melalui Feedback hub (di bawah kategori “Power” & subkategori “throttled Applications“).

Untuk mendukung penelitian ini, sebagian dari Anda juga akan melihat sebuah power slider baru di flyout baterai; Microsoft masih bereksperimen dengan power modes ini yang di-set dengan slider baru ini. Stay tuned untuk update selanjutnya pada pertengahan Februari 2017!

 

B E R S A M B U N G