1477931091_windows-10-creators-update-insider-preview-pc-03_story

Microsoft mengumumkan sejumlah “hal besar” di event konferensi WinHEC 2016 kemarin. Beberapa di antaranya ialah Windows 10 pada ARM, dan kemungkinan-kemungkinan baru yang terbuka untuk pengembang dan produsen hardware.

Salah satu pilar utama dari hal baru ini – yang dijuluki dengan “Project Evo” –adalah perangkat “Mixed-Reality” murah yang tengah digarap Microsoft bersama mitra-mitranya.

Proyek Evo ini mencakup banyak fitur hardware baru untuk Windows, termasuk komunikasi Amazon Echo seperti ucapan jarak jauh untuk Cortana (yang memiliki implikasi untuk Home Hub), fitur biometrik baru untuk Windows Hello, audio spesial, dan dukungan HDR.

Fitur-fitur baru ini juga akan tersedia dalam berbagai Head-Mounted Displays baru (HMDs), yang Microsoft katakan akan “meningkatkan bar” untuk apa yang orang harapkan dari Windows PC.

Microsoft menargetkan pasar Cina untuk HMDS. Microsoft juga telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah menyerahkan HoloLens kepada Pemerintah Cina untuk persetujuan dan berencana untuk membuat headset tersedia untuk Pengembang China di awal 2017 melalui proses persetujuan dengan pemerintah negara tersebut.

Juga, sebuah perusahaan VR berbasis Cina terkemuka yang bernama “3Glasses” akan mulai menggarap fitur Mixed Reality dari Windows 10 Creator Update, akan hadir pada pertengahan 2017.

Microsoft juga mengumumkan spesifikasi minimum PC yang diperlukan untuk perangkat headset Mixed Reality HMDs. Untungnya, mereka sangat wajar dibandingkan dengan harapan yang ditetapkan oleh headset VR lengkap seperti HTC Vive dan Oculus Rift.

Spesifikasi minimum berarti bahwa kebanyakan PC modern akan dapat menjalankan Windows 10 VR. Namun beberapa game dan aplikasi akan bervariasi tergantung pada spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Persyaratan minimum hardware dasar untuk sistem adalah sebagai berikut:

  • CPU: Intel Mobile Core i5 (mis. 7200U) Dual-Core dengan Hyperthreading setara
  • GPU: Integrated Intel® HD Graphics 620 (GT2) setara atau lebih besar DX12 API
  • RAM: 8GB + Dual Channel diperlukan untuk Grafis terintegrasi
  • HDMI: HDMI 1.4 dengan 2880 × 1440 @60Hz atau HDMI 2.0 atau DP 1.3+ dengan 2880 × 1440 @90Hz
  • HDD: 100GB + SSD (Preferred) / HDD
  • USB: Port USB 3.0 Tipe-A atau Port USB 3.1 Tipe-C dengan modus DisplayPort Alternatif
  • Bluetooth: Bluetooth 4.0 untuk aksesori

 

Ini adalah persyaratan spesifikasi yang merupakan bagian dari kemitraan Microsoft dengan Intel yang telah CODEC sebagai Project Evo. Microsoft mengatakan bahwa mereka tengah bekerja sama dengan Intel untuk membawa Mixed Reality menjadi “hidup” melalui Windows 10 PC.

Selain 3Glasses, perusahaan lainnya termasuk Acer, ASUS, Dell, HP, dan Lenovo juga sedang menggarap HMDS yang akan mendukung Windows 10 Creator Update, membawa hologram ke publik.

Di sisi pengembang, WebVR untuk pertama kalinya juga akan didukung di Microsoft Edge, drag-and-drop objek 3D dari halaman web. Salah satu implementasi dari fitur ini mencakup kemampuan untuk menempatkan tayangan 3D furniture ke dunia nyata Anda untuk melihat bagaimana itu akan terlihat sebelum membelinya. Selain itu, aplikasi “Movies & TV” (atau “Film & TV” di region lainnya) akan mulai mendukung video 360° – fitur yang, hingga kini, hanya tersedia melalui aplikasi pihak ketiga di Windows 10 Store.

Microsoft juga berencana untuk mengizinkan pengembang memulai pengujian headset VR Windows 10 pada Februari. Windows 10 Creator Update HMD Developer kit juga akan diluncurkan pada Februari selama event Game Developers Conference berlangsung di San Francisco, menjelang penjualan headset dari Acer, Asus, Dell, HP, dan Lenovo secara massal.

Dengan meluncurkan kit dev di GDC, itu cukup jelas bahwa Microsoft menargetkan pengembang game khusus dengan upaya HMD, yang tidak diragukan lagi akan memiliki implikasi untuk VR Xbox, Proyek Scorpio.

Microsoft juga menawarkan kesempatan pada para pengembang untuk mendaftarkan minat mereka dalam mengembangkan pengalaman Mixed Reality untuk Windows selebihnya di survei ini. Pastikan untuk check it out jika kamu seorang developer!

Apakah sobat tertarik untuk merasakan sensasi Mixed Reality HMD PC? Dan apakah PC sobat sudah memenuhi kriteria spek di atas? Bagikan pendapatmu di komentar. ?