Facebook Inc selaku induk perusahaan yang menaungi Messenger, WhatsApp, dan Instagram tentunya mengupayakan agar semua aplikasinya semakin terintegrasi satu sama lain.

Kalo Messenger sih gak usah diomong lagi, layanan chat pertama dari Facebook ini sudah terintegrasi dengan Facebook sejak dulu. Via browser manapun, di mana ada Facebook, di situ pasti ada Messenger. Di mana ada Messenger, pastilah di situ ada Facebook. Bahkan sejak kurang dari setahun lalu Facebook membuat terobosan di mana semua orang bisa memakai Messenger meski tidak punya akun Facebook.

Kemudian Instagram. Sejak beberapa bulan terakhir, jika kita amati, penggabungan antara Facebook dan Instagram semakin kentara dan terasa. Kita bisa login ke Instagram dengan menggunakan akun Facebook, dan juga sebaliknya. Selain itu di menu Pengaturan di Facebook (web) pun ada fitur “Instagram”. Pun demikian sebaliknya, di Instagram pun ada opsi untuk berbagi ke Facebook.

Nah, kini kita akan membahas poin yang terakhir disebutkan di atas. Yaitu fitur “Share” alias Berbagi. Menurut kabar yang baru saja sampai ke telinga kami, Facebook akan memasukkan tombol WhatsApp ke dalam aplikasi Instagram.

Yapp! Sesaat lagi kamu bakal jumpai tombol baru di Instagram, yaitu tombol WhatsApp. Tombol ini tentunya berfungsi sebagai opsi baru untuk berbagi ke WhatsApp. So dengan tombol ini kamu bisa share postingan foto-foto kamu di Instagram ke WhatsApp juga (selain Facebook, tentunya).

Apakah kita harus meng-update aplikasi dulu, agar bisa menemui tombol baru WhatsApp ini? Sepertinya sih tidak, sob. Perusahaan tidak menggulirkan update apapun ke aplikasi Instagram di Store. Tidak ada update aplikasi, intinya. Kemungkinan besar update ini berupa server-side. Artinya, tanpa harus meng-update aplikasi juga fitur ini akan nongol sendiri. Intinya fitur baru ini akan ditambahkan melalui Server Update.

Tapi agaknya fitur tombol baru ini akan ditambahkan secara bertahap ke aplikasi Instagram di semua platform.

Bagaimana dengan aplikasi Instagram di Lumia kamu, sob? Sudah cek Instagram belum? Coba cek. Adakah tombol WhatsApp di situ? Jika belum nongol tuh tombol WhatsApp sebagai opsi berbagi baru, coba tutup aplikasi lalu buka lagi. Atau coba restart Lumia kamu. ?