Joe Belfiore yang merupakan salah satu ekskutif Microsoft akhirnya angkat bicara soal Windows 10 Mobile kedepannya. Hal ini dilakukan pasca peluncuran Microsoft Launcher di Android dan Microsoft Edge untuk Android dan iOS.

Joe Belfiore mengatakan agar pengguna untuk memilih platform yang sesuai dengan mereka. Joe Belfiore pun juga diketahui telah beralih ke Android.

Seperti yang telah kita ketahui sejak beberapa bulan yang lalu. Update-update selanjutnya untuk Windows 10 Mobile hanya akan berfokus pada perbaikan bug dan peningkatan keamanan. Sementara untuk hardware dan fitur baru sudah tidak lagi menjadi prioritas Microsoft. Joe Belfiore juga mengatakan bahwa Microsoft akan terus mendukung perusahan yang masih menggunakan Windows 10 Mobile, terutama soal keamanan yang sempat kami singgung.

Mungkin beberapa mengatakan kalau Microsoft kurang menseriusi pengembangan ponsel Windows. Tapi hal ini dipatahkan oleh Joe Belfiore dimana Microsoft berupaya keras membayari para developer dan bahkan membuatkan aplikasi untuk mereka. Hanya saja, upaya ini masih tidak berhasil dan volume pengguna masih terlalu rendah bagi kebanyakan pengembang besar untuk terjun kesana.

Joe Belfiore selanjutnya juga menekankan soal kebanyakan pengguna Windows, Office, dan Xbox memiliki ekosistem yang berbeda. Kebanyakan pengguna memiliki ponsel yang berbeda dibanding “PC”. Itulah mengapa mereka saat ini meluncurkan banyak sekali layanan baru untuk iOS dan Android beserta integrasi dengan Windows 10 PC.

Dengan pernyataan Joe Belfiore ini, setidaknya akan mengkonfirmasi soal Windows 10 Mobile kedepannya. Bagi mereka yang belum tahu, Inilah daftar timeline dukungan Windows 10 Mobile:

  • Windows 10 Mobile v1511 akan didukung hingga Januari 2018
  • Windows 10 Mobile v1607 akan didukung hingga Oktober 2018
  • Windows 10 Mobile v1703 akan didukung hingga Juni 2019
  • Windows 10 Mobile v1709 akan didukung hingga Desember 2019

Bagaimana soal masa depan Windows 10 untuk perangkat mobile? Seperti yang telah kami beritakan dalam beberapa artikel pada beberapa waktu lalu, Microsoft saat ini berfokus mengembangkan produk mobile baru yaitu “Andromeda” dengan “Windows Core OS” yang sebelumnya disebut “Andromeda OS”. “Windows Core OS” adalah kodenama untuk perubahan besar di Windows 10 kedepannya, jadi bukanlah OS baru yang terpisah atau pengganti dari Windows 10. Hanya saja, kita perlu menungu hingga akhir 2018 untuk melihatnya.

Nah, apakah pandangan kalian soal konfirmasi ini? Apakah ini akhirnya memberi kejelasan soal Windows 10 Mobile kedepannya?

 

  • ID.Baruw

    dukungan buat 1709 yg sampai akhir 2019 itu, bakal ada build baru ga? atau mentok di 15254.1 / Redstone 3 aja yg sjk sekarang jg udah ada??

  • Afit

    sedih banget nih web ini sekarang pakai iklannya Google, padahal kan Google musuhnya Microsoft 🙂

    • Andri Desmana

      Wah kok saya baru tau ya kalau google musuhnya Microsoft. Yang saya tau Microsoft fine2 aja tuh.

      Mungkin saya yang kurang update 🙂

      • Afit

        mungkin wincamp perlu bikin kayak yang Poin-Poin itu lho, jadi bikin DroidCamp.com. usul aja sih

        • Krista

          Setelah bilang Google musuhnya Microsoft

          kasih usul ini

          Maksudnya apa Bro?

      • Ranz

        bac0t loe

    • Krista

      Provokator pakai ID baru nih 😛

    • Dhika

      Windows 10 Mobile sudah mati, harusnya wincamp jg dah bubar

      • Marc Vuorinen

        Masih banyak hal menarik soal Windows 10 kedepannya, termasuk untuk perangkat mobile 😉

  • perfectminor

    Hardware dari Microsoft dan Nokia sudah di jual nih, tinggal Xiaomi Mi4 yg pakai Windows 10 Mobile di IRP walaupun gak di support sampai Feature 2 😀

    Sebenarnya udah nyaman pakai Windows 10 Mobile versi terakhir, udah banyak feature yg menurut saya sudah standar dan di pakai di banyak OS smartphone, cuma gak tahan sama gap aplikasi, terutama aplikasi mobile banking dan online shop.

    • Krista

      Rencana saya mau pakai HP Windows, asyik dapat aplikasi Eksklusif Microsoft

      Tapi ternyata semua aplikasi Microsoft sudah ada di Android

      Aplikasi penting yaitu banking, transportasi, finance, online shop, game Super Mario Run malah cuma ada di Android dan belum tentu ada di HP Windows

      Bye bye dah HP Windows Lumia 950 ku

      • Randhika

        keren, cukup comot foto dari google search langsung ngaku punya Lumia 950 👍
        ibarat kaya orang ngaku “saya indonesia, saya pancasila” sih…

        • Krista

          Eheuheuheuehue

          Saya comot foto dari google search langsung ngaku punya Lumia 950?

          Bro Randhika Imawan memang paling pintar melucu, seperti Badut 😛

          Bro Randhika Imawan sudah pakai Surface Pro 5 core m3 nih?

          http://wincamp.org/microsoft-siap-luncurkan-surface-baru-di-akhir-oktober/

          Saya punya bukti bahwa saya pernah punya Lumia 950 Bro, yang sudah saya jual gara2 app gap

          🙂

  • Attrya Tripangga

    Sedikit menyedihkan ketika melihat salah satu OS yg bagus ini akhirnya dihentikan pengembangannya. Tp, mungkin memang seperti kata Mr. Joe, mereka telah mencoba berusaha dgn keras tp blm menghasilkan seperti apa yg diharapkan. Jd ingat mereka pernah membuatkan aplikasi youtube utk WP, tp berakhir dgn diblock oleh Google dgn berbagai alasan, mereka pernah membuatkan Facebook yg powerfull dan ringan sebelum aplikasi resmi uwp yg sekarang ada, yg kelihatannya hasil dari pendekatan tersendiri kpd pihak Facebook dan “mungkin dgn pembayaran” termasuk aplikasi instagram dan whatsapp yg dibawah satu naungan, dan semestinya mereka juga melakukan pendekatan dgn snapchat dan Pokémon yg kalau ngga salah pernah dijanjikan meski sampai sekarang masih nihil. Apa mau dikata semua itu belum cukup mengatasi gap apps yg menjadi masalah terbesar Windows mobile. Dlm hal ini kalau ada yg mungkin mendapatkan penghargaan menurut saya ialah Mr. Rudy Huyn satu-satunya.

  • iwan

    Haruskah aku lari dari kenyataan ini….pernah ku mencoba tuk sembunyi..namun senyummu tetap mengikuti….ohh neng mia..ihikssss😭

    • Marc Vuorinen

      Ini bukan berarti tidak ada lagi Windows 10 di mobile, coba lihat bagian akhir-akhir 😉

  • RizaMuhammad31

    Hmm, nokia 6 cukup menggoda nih buat hijrah

  • ociemalla

    Terima kenyataan deh

  • Budi Ilyas

    Akhirnya,tetap bertahan sampai NL730DS Tak bernyawa.wkwkwk…

  • Rabbil AR

    sebenarnya ui dan ux nya windows phone/mobile itu bagus, nyaman, mudah, dan lebih tertata di banding os sebelah yg open source.
    cuma yah apa mau di kata, tinggal balik ke diri user masing – masing, jikalau ponsel nya masih memenuhi kebutuhan ya pakai, kalo sudah tidak sesuai ya pindah,
    kalo saya sendiri sih dual phone, karena berat kalo ninggalin windows phone/mobile hanya untuk 1 single phone ✌ 😁

  • Andriy Andriy

    Udah sini saja devisi windows mobilenya serahin ke tangan ane…bakalan maju dengan berkembang dech pastii

  • elkaZamajaVary

    Pêrtămă kẵli păkâ HP dưlư bêr ƠS jăVă, sêtêlăh usẵng pinđẫh kê ƠS Symbĩăn, sêtêlăh qơỉđ pinđẳh kê ƠS winđỡws sămpâê sêkărâng hĩnggă kơlăps..

  • Iyan

    Walau sudah tidak ada lagi fitur baru saya akan tetap menggunakan w10m sampai hp ini gk bisa lagi dipakai… “antara setia ama kere beda tipis” 😂😁😜

    • Marc Vuorinen

      Ini bukan berarti tidak ada lagi Windows 10 di mobile 😉

      • Iyan

        Ada tapi seperti tak di anggap dan kalau semua apps sudah pada gk di dukung lagi w10m bakal jadi hp yg cuma bisa sms, telpon sama buka browser doang 😢

  • bahkan para petinggi telah beralih
    sad 🙁