Wincamp.org – Sedikit sensitif jika melihat perkembangan ponsel Windows yang kian hari semakin menurun. Sempat menembus angka 4% pada tahun 2014 yang saat itu masih bekerja sama dengan pabrikan asal Finlandia, Nokia. Sejak saat itu marketshare ponsel Windows semakin menurun karena kurang gencarnya Microsoft dan Nokia memasarkan produk yang saat itu beranama Windows Phone.

Tahun ini saja, Microsoft merugi dalam devisi ponsel yang sejak 3 tahun terakhir tidak menunjukan angka kenaikan 1% pun. Hal ini didasari karena Microsoft memang tidak mengeluarkan ponsel Windows baru. Windows 10 Mobile mungkin memang belum menjadi fokus utama dalam perburuan pangsa pasar smartphone yang kini dikuasai Android dan iOS. Alternatif lain yang Microsoft rencanakan mungkin akan menyatukan kedua os ini menjadi satu bagian dalam satu perangkat.

Dalam acara Microsoft Build 2017 pun Microsoft tidak sama sekali menyinggung keberadaan ponsel Windows. Joe Belfiore mengatakan pada Business Insider “Kami akan terus mendukung ponsel Windows”. Joe yang baru kembali setelah cuti panjang nya ikut mereda isu mengenai masa depan Windows 10 Mobile dengan statment tersebut.

Perkataan Joe tentu tidak akan membuat fans dan pengguna ponsel Windows tenang yang selama ini menunggu Microsoft untuk memperhatikan OS Ponsel nya. Dukungan yang Joe maksud kita masih belum tahu yang seperti apa. Anggap jika Microsoft terus mendukung ponsel Windows, tapi dalam hal itu tidak akan ada fitur baru yang hadir. Ini sama halnya memberikan mangkuk tanpa isi.

Sebelumnya, CEO Satya Nadella juga mengungkapkan hal serupa, bedanya Nadella berbicara lebih kearah generasi ponsel baru. Bapak Hololens, Alex Kipman justru mengatakan Smartphone sudah mati. Perkataan Kipman dan Nadella mengindikasikan Microsoft tengah mempersiapkan generasi smartphone baru yang tentu tidak seperti yang ada saat ini.

Tentu menarik melihat perkembangan Windows 10 dan kelanjutan ponsel Windows selanjutnya. Pastikan kamu terus melihat berita Wincamp untuk melihat hal-hal baru dari Microsoft, stay tuned ūüôā