Saya tidak sejutu, dengan opini yang beredar di media-media maenstrem bahwa jatuhnya Nokia pada divisi ponsel disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam hal teknologi mobile nya. Iya, memang Nokia kurang ber-inovasi tetapi kurangnya inovasi Nokia itu hanya tidak mau berinovasi menggunakan system operasi Android itu saja. Selebihanya Nokia selalu terdepan dalam menciptakan teknologi mobile terbaru di lini smartphone maupun feture phone miliknya.

Jika merunut era kejayaan Nokia, yaitu antara tahun 90-an sampai tahun 2011, Nokia sebagai merek ponsel yang besar kala itu selalu mengeluarkan produk ponsel yang unik, berbeda, dan revolusioner dibandingkan dengan produk lain, hal ini menandakan bahwa Nokia cukup aktif dalam berinovasi.

Beberapa Inovasi NOKIA yang Revolusioner

Beberapa produk Nokia yang revolusioner dimasa kejayaannya seperti pada ponsel bertipe Nokia N-Gage. Nokia N-Gage adalah ponsel pertama yang memadukan kecanggihan smartphone dengan mobile gaming, produk N-Gage yang diperkenalakan pertama kali pada tahun 2004 itu sangat diminati oleh para gamers dan cukup laris terjual.

Tren inovasi Nokia yang luar biasa kemudian berlanjut pada ponsel bertipe Nokia N95, tercatat sebagai ponsel yang membawa fitur GPS (Global Positioning System) pertamakali di platform mobile. Nokia N95 juga membawa sederet fitur dan spesifikasi yang cukup gahar di masanya, sebutlah kapasitas memori Internal yang mencapai 8 gigabyte, hingga kamera berlensa Carl Zeiss optic yang tidak dimiliki kompetitornya.

Inovasi lainya pada Nokia 5800 Express Music, posel pertama kali Nokia yang mengusung layar sentuh ini terbilang cukup revolusioner. Walaupun teknologi layar sentuh sudah di dahului oleh iPhone 4, namun soal konektivitas dan dukungan multimedia Nokia 5800 Express Music jauh mengungguli iPhone 4. Seperti terdapatnya fitur TV-Out, Express Music, Offline Maps, dlsb yang tidak dimiliki iPhone 4.

Ada lagi tren inovasi Nokia lainya yang tidak main-main, seperti pada ponsel bertipe Nokia 808 Pureview. Ponsel yang diperkenalkan pertamakali pada tahun 2012 ini tercatat sebagai ponsel yang menggunakan resolusi kamera mobile terbesar sampai saat ini. Bersanding dengan Nokia Lumia 1020 dengan resolusi-nya sebesar 41 megapixel yang dibalut dengan fitur Xenon Flash, lensa Carl Zeiss, teknologi Pure View, hingga tersedianya pengaturan mode manual layaknya kamera professional lewat aplikasi Nokia Camera.

Selain itu, masih banyak lini produk ponsel Nokia dimasa kejayaan nya yang unik, berbeda, dan revolusioner. Nokia Juga tercatat paling banyak menggunakan ragam Sistem Operasi di ponselnya, mulai dari Sistem Operasi Symbian yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004 dan diadopsi pertama kali pada ponsel bertipe Nokia 6600.

Sistem Operasi Memo yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2010 dan diadopsi pertamakali pada ponsel bertipe Nokia N900. Sistem Operasi Meego hasil kerjasama Nokia dengan Intel, yang diadopsi pertamakali pada Nokia N9 pada tahun 2011. Hingga system operasi Windows Phone hasil kerjasama Nokia dengan Microsoft yang diadopsi pada ponsel Nokia bertipe Lumia ini menjadi bukti bahwa Nokia ini selalu berinovasi baik di lini produk ponselnya, maupun dilini software.

oleh Lutfi Aminuddin

  • Iizsy Monoton

    Part 2 nya mna min?

  • Gobank

    Semua ditentukan oleh konsumen

  • Andreas Arsenio

    Bagaimana dengan info terbaru dari NOKIA ?
    Bahwa NOKIA dan Carl Zeiss Lens akan bekerja sama lagi !
    Dan kekurangan nya tanpa membawa Pureview Technology .
    Itu di kabarkan melalui Instagram Official NOKIA .

    • RizaMuhammad31

      Iya gan, keknya nokia sekarang bener2 berusaha nunjukin comebacknya ke microsoft

  • Lanjut….

  • Kita lihat saja hingga akhir 2017 apakah laporan dari Nokia menyejukkan atau bahkan menyedihkan lol

  • Fazi.A

    Xiomi itu kualitas hardware-nya jelek,masa’ jatuh dari paha aja layarnya langsung retak+bumpernya cuil?(kakak saya pakai xiomi mix),mending samsung atau sony xperia/microsoft Lumia yg kualitas hadrware-nya bisa di adu

    • Andri Desmana

      Gua rasa ada harga ada kualitas

    • Randhika

      Benar juga, adek saya punya Sony Xperia M2 beli desember 2014, sampai sekarang masih awet, hardwarenya bandel, cuma katanya sih hasil jepretan kameranya udah gak setajam dulu. Yaahh maklum lah udah berumur sih…

  • ใƒ–ใƒ‚ใงใ™

    Nokia + M$ dari tahun 2012 sampe sekarang emang seru untuk diceritakan ?

    Apalagi pas kejatuhan Nokia Mobile yang dikaitkan konspirasi Elop dan Ballmer ?

  • Coba nokia jual murah kaya Xiaomi hehehe

  • Fazi.A

    O,iya,gan numpang nanya nih,kalau mau klaim servis Nokia buatan foxconn(nokia 3310,nokia3,5,6),itu dimana y?,kan g mungkin microsoft memproduksi suku cadang nokia yg diproduksi foxconn/menerima service nokia buatan foxconn

    • (Not an) Anonymous

      Di unicom gan klo barangnya resmi

  • Fazi.A

    Saya selaku fanatik Nokia saya sangat tidak rela melihat kondisi Nokia yg seperti sekarang ini,saya memakai ponsel nokia mulai dari era polyphonic(nokia 3310) sampai era S40,dan saya berpendapat bahwa generasi Nokia telah usai dan sekarang adalah generasi mereka,generasi baru(samsung/apple/Microsoft),gimana menurut/pendapat anda tentang ini?

  • Hendri Popeye

    seru bacanya…
    nunggu part 2 min. ๐Ÿ˜€

    • Andri Desmana

      Tunggu besok yak

  • Menggunakan Android pun ternyata bukan Solusi sukses, Nampaknya Nokia 6 tak begitu laku dipasaran… Kasian jadinya…

    • Andri Desmana

      Ane pikir mereka sedikit telat ditambah pemasaran gak seluas dulu, yang buat nama smartphone Nokia kurang

    • Randhika

      Sepakat… HTC, Acer, Sony aja laporan keuangannya Rugi jualan Ponsel Android, padahal menurut klaim manusia diseberang sana bilang kalau mau dijamin laku, dijamin populer, dijamin sukses pakai android aja, jangan pakai OS gagal. gitu katanya, WAKAKA ๐Ÿ˜€

      Selanjutnya brand macam Asus asal taiwan yang bakal bernasib sama seperti brand yang disebutkan diatas.

      • Android kalo mau laku ya dijual murah kaya Xiaomi…lol

        • Andri Desmana

          Android nya nokia maksudnya yak?

        • Randhika

          Yup bener banget, Android banyak pilihan, produsen saling tikam berebut pasar, ibarat kucing garong berebut tulang ??

        • Radial

          Android banyak pilihan, Konsumen diuntungkan ?

  • Iizsy Monoton

    Aku selalu suka nokia??