Lalu Apa Penyebab Kebangkrutan Nokia ?

Penyebab utama kebangkrutan Nokia tak lain hanya karena Nokia tidak mau menggunakan system operasi Android, dan terlambat menggunakan system operasi Android. Sikap Inovator dilema Nokia hanya dikarenakan terlalu yakin terhadap system operasi Symbian-nya yang waktu itu masih cukup besar, lalu menafikan Android sebagai system operasi yang lemah layaknya semut kecil yang mudah untuk dimatikan.

Tetapi dugaan Nokia salah, Android perlahan namun pasti semakin menjadi besar, sejumlah merek ternama seperti Samsung, Sony, HTC, LG, dan beberapa vendor lokal lainya beramai-ramai mengusung Android sebagai platform utama di ponselnya.  Android menjadi primadona lantaran system operasi ini bisa didapatkan secara gratis dan sifat system operasinya yang open source (terbuka).

Memudahkan para vendor untuk memodifikasi dan mengembangkanya secara bebas, inilah mengapa ada banyak varian Android yang termanifestasi ke dalam cusroom (custom room. Aplikasi Android juga berkembang pesat, beberapa developer game maupun aplikasi ramai-rami hijrah ke Android.

Hijrahnya developer ke Android itu lantaran pembuatan aplikasi dan game Android sangat mudah, bahasa pemrograman Android berbasis Java, tentu hal ini sangat familiar bagi developer baru maupun maupun bagi developer yang sudah lama.

Mulai Rusaknya Dominasi Nokia

System operasi Android yang semakin besar dan berkembang kemudian perlahan-lahan mulai merusak dominasi Symbian. Mulai rusaknya dominasi Symbian ditandai dengan peluncuran Nokia 808 Pureview dengan sektor kamera gaharnya yang mencapai 41 megapixel tetapi tidak disambut baik oleh para gadget mania.

Lantaran menggunakan system operasi Symbian yang minim dukungan aplikasi dan game dibandingkan dengan Android. Mengetahui bahwa Symbian sudah tak lagi di minati dan kalah bertempur melawan Android, bukan lantas Nokia insyaf dan sadar diri mau menerima dan bersedia memakai Android di system operasinya.

Nokia justru memilih mengembangkan dan mengadopsi Windows Phone hasil kolaborasinya dengan Microsoft untuk digunakan sebagai system operasi utama di smartphone nya menggantikan Symbian. Steven Elop sebagai CEO Nokia saat itu terlalu percaya diri bisa mengalahkan dominasi Android.

Namun disatu sisi Windows Phone lahir sebagai system operasi yang tertutup (close source) dan menggunakan bahasa pemrograman C++ yang tidak familiar dan sangat susah di pahami bagi para developer.  Inilah mengapa Windows Phone sampai saat ini masih kekurangan aplikasi, bahkan beberapa aplikasi dan game populer seperti Gojek, Grab, COC, Gangstar, Bully, dlsb tidak ditemukan di sistem operasi Windows Phone.

Lumia 630 via Microsoft.com

Minimnya aplikasi ini, jelas Nokia dan Microsoft dalam menciptakan Windows Phone tidak belajar kesalahan terhadap Symbian. Kesalahan Symbian adalah membiarkan sistem operasinya tertutup yang berakibat minimnya dukungan aplikasi serta pengembangan oleh pihak ketiga, sementara Windows Phone datang dengan permasalahan yang sama.

Hal ini bukanya dapat mengalahkan dominasi Android yang mengusung sumber terbuka (open source meskipun sebenarnya bukan open source yang sesungguhnya), justru Windows Phone menggali lubang sendiri yang kurang diminati. Semakin tak diminati dan terpuruknya Nokia dalam divisi mobil ini kemudian membuat Nokia terpuruk dan terpaksa menjual divisi mobile serta paten-nya kepada Microsoft.

Kegagalan NOKIA yang Tidak Menemui Ujung #Part1

Akuisisi Microsoft terhadap Nokia selesai pada tahun 2014, dalam akuisisi tersebut tercatat sebuah kesepakatan bersama bahwa Nokia tak bisa menggunakan mereknya pada divisi ponsel hingga tahun 2016, setelah tahun 2016 berlalu Nokia berhak menggunakan mereknya kembali.

Tragedi penjualan mantan raja ponsel dunia Nokia kepada Microsoft inilah kita dapat menarik kesimpulan, bahwa bangkrutnya Nokia murni lantaran mengacuhkan Android, Setuju ?. Nokia seolah-olah anti terhadap Android lalu menafikan bahwa Android itu adalah sistem operasi ideal di zaman ini.

[Meskipun begitu sebenarnya menggunakan Android juga bukanlah suatu solusi karena kebanyakan vendor Android hanya meraup untung sedikit atau bahkan merugi. Sementara Apple mendominasi lebih dari 79.2% keuntungan di smartphone, suatu hal yang memperlambat arus inovasi karena tidak ada pemasukan signifikan dari divisi lain]

Begitu juga dengan vendor lain saya kira, siapa saja yang tidak mengikuti arus sebuah ekosistem sistem operasi yang sedang berkembang, maka siap-siap akan digilas oleh sejarah, dalam hal ini kita buktikan bahwa BlackBerry pun bernasib sama.

Beruntung setelah perjanjian kesepakatan Nokia dengan Microsoft yang membelenggu dirinya telah berakhir. Kini Nokia berkolaborasi dengan HMD Global dan Foxcon China. Poselnya yang bertipe Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 yang diperkenalkan pada ajang Mobile Word Congres (MWC) Barcelona.

Ini menjadi pertanda bahwa Nokia mulai sadar menggunakan Android secara totatilitas, yang sebelumnya tidak dilakukan pada seri Nokia X. Kita lihat saja, apakah Nokia dengan sistem operasi Android nya saat ini dapat mengembalikan kejayaannya menjadi Raja Ponsel kembali, ataukah tetap berada dalam jurang kejatuhan.

 

  • saya kok melihat ada satu lagi yang kurang dari analisa ini. yaitu serbuan hp cina yang super murahhh……
    sekarang, apapun mereknya, Samsung, Asus, LG, dll, semua juga bernafas kepayahan melawan serbuan HP cina yg murah banget.
    Setelah ada kabar soal win10 di ARM. semoga dengan begitu, laptop jadi bener2 connected kayak HP, dan ada HP yang pake OS win10 (gak perlu dibilang win10M lagi.) Jadi pamor windows akan keren lagi, dan saya kok yakin android bakal gulung tikar. Karena dia hanya OS HP dan tidak bisa untuk produktivitas.

  • Miko Tu

    Nokia Lumia waktu windows 8 emang ok banget kameranya,.,.gue ngerasa Lumia Camera teknologi dan UI nya keren amir bro,tpi semua berubah setelah ada Windows 10 kamera gx boleh diharepin,.ancur banget.Tpi masih ada aplikasi keren yang lo gx akan bakalan nemuin di IOS atau Android yaitu Fantasia Painter Free,.ni aplikasi keren banget buat edit foto..
    .

  • RizaMuhammad31

    Sebenernya emang wp itu enak, cuma banyak org yg kurang tau, UI nya gk makan banyak ram, dan ram 1gb disini aja udah setara android ram 2gb, cuma repotnya sejak jaman prasejarah kurang aplikasi doang 😁

    • Iya gan..karna teknologi berkembang dan kompetitor pun kehausan akan pengguna sehingga bnyak yg menjual Low End dengan Ram 2GB spej tinggi dan harga rendah.
      Kekurangan dari W10Mobile hanya Corenya saja yg buat Developer enggan, padahal Bahasa pemrogramannya mudah (C++, C#, JavaScript, VB dan HTML5), sedangkan kompetitor Java dan Objective C (tambahan Swift) yg notaben nya sulit karna serba manual. Berbeda dengan .NET yang serba otomatis jika ingin menggunakan Framework melalui Nuget.

  • Fajrianor Hidayat

    Jadi dengan kata lain windows phone ataupun windows 10 mobile adalah OS gagal XD dan kita semua disini menggunakan OS yg sedang di ambang kehancuran

    • Bukan gagal kalau pangsa pasar sudah menyebar ke seluruh dunia, justru contoh OS gagal itu Tizen dan Jellyfish 😀

      • Fajrianor Hidayat

        Sebenernya saya senang menggunakan windows 10 mobile

      • Panji Prasetya

        Kalau bukan gagak kenapa hp os windows pada ilang, windows 8.1/w10m belum sukses malah ada yg baru windows arm. Itu namanya kegagalan wkwkwkkw

        • Lha justru itu namanya pengembangan, ane masih pegang kok ga ilang gan. Mungkin agan sedang bermimpi 😀

          • Panji Prasetya

            Lah itu pemberitahuan yg katanya windows 8.1 bakalan ilang

          • “Kalau bukan gagak kenapa hp os windows pada ilang, windows 8.1/w10m belum sukses malah ada yg baru windows arm. Itu namanya kegagalan wkwkwkkw”

            Dan ga ada statement w10m hilang… Skrng ane tanya masih adakah Android 2.3? Atau Ginger bread lah..lol

  • Fajrianor Hidayat

    Jadi dengan kata lain windows phone ataupun windows 10 mobile adalah OS gagal XD dan kita semua disini menggunakan OS yg sedang di ambang kehancuran

  • Radial

    Penyebab utama kebangkrutan Nokia tak lain hanya karena Nokia tidak mau menggunakan system operasi Android, dan terlambat menggunakan system operasi Android.

    Mengetahui bahwa Symbian sudah tak lagi di minati dan kalah bertempur melawan Android, bukan lantas Nokia insyaf dan sadar diri mau menerima dan bersedia memakai Android di system operasinya.

    Nokia justru memilih mengembangkan dan mengadopsi Windows Phone hasil
    kolaborasinya dengan Microsoft untuk digunakan sebagai system operasi
    utama di smartphone nya menggantikan Symbian.

    busyettt dah 🙁

    • Randhika

      Berarti sudah jelas, NOKIA lah yang menggali kuburan sendiri. Yaa emang dari dulu sebelum pake Windows Phone, pamor nokia makin turun, dari sejak gue pake Nokia C6-01 2011 lalu. Huhuhu…

  • Randhika

    Nokia by HMD Foxconn yang sekarang bisa jadi nasibnya nanti bakal kaya Asus, HTC, Sony, atau LG.

  • Sahal Rahman

    Saya nunggu Inovasi dari Windows ARM. Android ama OS udah mulai kerasa ngebosenin…

    • Fazi.A

      IOS(iphone operating system) gan bukan OS(operating system)

      • Sahal Rahman

        Typo corrected :’v
        Thanks…

    • Randhika

      Ga usah nyebut kalimat “mulai kerasa ngebosenin”, nanti ada yang terpelatuk :v

    • Fajrianor Hidayat

      Ngebosenin atau enggak selama aplikasi lengkap mah santai

      • Fazi.A

        Agan pengguna android y?

        • Fajrianor Hidayat

          Saya pengguna lumia 550 sama android satu

    • Android dan iOS karena terlalu mainstream sehingga membuat pengguna bosan karena fiturnya itu2 saja.. Windows Mobile lah yg membuat pengguna terus dibuat penasaran dengan fitur2 Anti-mainstream nya..

      • Panji Prasetya

        Lebih baik andro dari pada windows yg gak bisa apa apa. donwnload di atas 100 mb pun gak bisa, parah banget

        • Gora Sapta

          ya gannn andro dah yang hebat,,, andro kasino indro pinter nglawak lo…

    • Gora Sapta

      sama gan,,, pas pegang andro sayangerasa ada yg kurang,,, moga surface phone cepet keluar… Gak sabar nunggu produk microsoft

  • Lanjuuuut

  • Joko Yulianto

    Tiap buka artikel muncul pesan kesalahan, di screen shot ga bisa, “cannot capture protected content”

    mi4

    • Aplikasinya, kayaknya devnya atur tidak bisa diss. Saya juga sama, tidak bisa
      *L540

    • Andri Desmana

      Ya, untuk SS memang tidak bisa, update selanjutnya akan di unlock jika banyak yg kurang setuju

      • Joko Yulianto

        G masalah sih klo di lock, cuma klo ada bug dan mau ngasih tau pke ss kyk skrg ya susah

        • Andri Desmana

          oke, makasih masukan nya mas joko 🙂

    • Al

      Emang gak bisa di-ss ya? Bagian mana yg nggak bisa di ss. Penasaran. ?

    • Mohon maaf soal itu, kita sedang berusaha protect content sesuai standar… Untuk erorr semua sudah terkirim otomatis melalui Telemetri kami di Developer Analysistic..
      Sepertinya erorr yg dialami di Lumia gan Joko unik karena ada pesan kesalahan “WinRT” yg notabene nya UWP tidak ada dilibrary tersebut.