BBM (9)

 

Kurang lebih sejak 1½ bulan yang lalu BBM tidak lagi tersedia di Bursa Windows Phone (lebih tepatnya: Windows 10 Mobile). Jika kamu pernah memasang BBM lalu menghapusnya, kamu akan melihat suatu peringatan di Bursa bahwa “Aplikasi ini tidak berfungsi pada perangkat ini” dan juga ada tanda seru di samping tulisan aplikasi BBM tersebut di daftar Perpustakaan Saya di Bursa kamu. Atau tulisan “Aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat ini” (“This app is not compatible with this device“) atau ketika kamu melakukan pencarian dengan ketik “BBM” atau “BlackBerry Messenger”, maka kamu akan menjumpai tulisan di bawahnya: “aplikasi saat ini tidak tersedia” di Windows Store. Pihak BlackBerry sendiri belum mengkonfirmasi mengapa mereka menarik aplikasi BBM dari Bursa Windows Phone. Hmm…, Benar-benar sulit dan dipersulit ‘kan?

 

Tentu saja kabar ini membuat gempar dunia pencinta BBM, Microsoft dan Windows Phone. Bagaimana tidak? Mereka yang udah kadung suka BBM-an karena memang butuh karena banyak rekan bisnis mereka juga pakai BBM, atau memang cuma sekedar gaya-gayaan (cuma ngikut trend), atau mungkin dulunya pake Android dan mereka akhirnya pindah ke Windows Phone dengan suatu alasan tertentu dan berharap bisa pasang aplikasi BBM juga di Windows Phone-nya, eeh… ternyata….malah tidak tersedia di Bursa. Apalah daya. Gigit jari dah.

Mungkin kamu sendiri pun mengalami hal ini dan kamu bertanya-tanya, “ada apa gerangan dengan BBM? Ada masalah apa dengan BlackBerry?” Akankah aplikasi BBM benar-benar akan dihapus untuk selama-lamanya dari Bursa –karena ada kebijakan baru Microsoft yang diterapkan baru-baru ini– (Baca: Microsoft Mulai Menghapus Aplikasi Yang Bermasalah ) dengan alasan tidak pernah di-update, atau alasan lainnya?? Atau memang BBM sedang “dikerjakan khusus” untuk Windows 10 Mobile dan akan hadir sebagai aplikasi BBM wajah baru versi UWP?? Mengingat kini layanan BBM ini telah diakuisisi oleh perusahaan Indonesia, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTek). Hal yang tercantum dalam proses akuisisi ini adalah termasuk brand, IP dan juga lisensi teknologi untuk aplikasi chat BBM. Untuk memperkuat aliansi, EMTek melalui cabang perusahaannya –KMK Online– akan segera mendirikan kantor di Toronto, AS.

Walaupun ada (sedikit) kabar baik yaitu beberapa minggu lalu Tim WinCamp telah berdiskusi dengan pihak BlackBerry selaku perusahaan pemilik aplikasi BBM, dengan meminta pihak developer untuk memperbarui aplikasi BBM di Windows 10 Mobile. Jawaban mereka adalah bahwa pihak BlackBerry Limited tengah mengerjakan sebuah BBM versi baru untuk Windows 10 Mobile. Waktu itu kami tanya kapan aplikasi BBM untuk Windows 10 Mobile tersedia?, sayangnya pihak BlackBerry tidak bisa memberikan kabar pasti. Namun yang jelas, cepat atau lambat aplikasi BBM akan kembali tersedia di Windows 10 Mobile.

Jadi buat kamu yang masih rewel (maaf) nanya-nanya terus masalah BBM kapan hadir lagi di Windows 10 Mobile, kami cuma bisa menjawab: “sabar aja deh. Kita tunggu saja tanggal mainnya.” Ya anggap aja lah sama aja waktu kita nunggu-nunggu kehadiran Windows 10 Mobile AU. Serasa lama banget. Serasa digantungin. Serasa di-PHP-in. Tapi toh akhirnya hadir juga dan kamu pun akhirnya bisa menikmatinya ‘kan? Iya ‘kan? Jadi ya sabar…sabar…sabar…! Orang sabar pantatnya lebar….wkwkwk

Naah…, untuk kamu pengguna Windows 10 Mobile yang masih sangat bergantung pada aplikasi BBM dan bener-bener udah ngga sabar nunggu “BBM asli” yang belum nongol juga (entah kapan datengnya), mungkin kamu pingin nyoba aplikasi BBM yang satu ini. Ya, itung-itung sambil nunggu BBM “asli” hadir lah. Semoga aplikasi BBM alternatif ini bisa membuat kamu sedikit bernafas lega.

Aplikasi BBM alternatif? Ya, alternatif. Kami sebut demikian karena aplikasi ini tidak resmi alias “unofficial”, bukan buatan BlackBerry. Tapi buatan Development Teams. Gambar logonya pun nggak ada. Logonya cuma tulisan “INTERNAL USE ONLY“. Hahahah…aneh ‘kan? Ketik aja “BBM” di bursa kamu. Pasti nongol tuh BBM. Posisinya ada paling ujung, paling terakhir. Atau kamu bisa klik link di bawah ini.

Kamu pasti bingung karena tidak ada tombol Download atau Install di situ. Bahkan tulisan Free atau banderol harga pun nggak ada. Lebih bingung lagi pas liat ada tulisan “BBM saat ini tidak tersedia.” Iya ‘kan? Tenang! Ikuti saja trik berikut ini:

Setelah kamu ketik BBM di kolom cari di Bursa, atau klik link di bawah ini, kamu akan lihat gambar seperti di bawah :

IMG-20160817-WA0081

  1. Nah…, kalo udah tampil gitu, langsung kamu klik  ?, ketik nama apps atau game apa aja (asal²an aja) di kolom cari, yang FREE tapi yang belum pernah diinstal, pas udah muncul, langsung deh kamu klik tulisan FREE itu 3x (tiga kali), yang cepet nge-klik nya, kemudian langsung deh teken tombol BACK. Cepet!….jangan lelet! (masih inget trik install stiker BBM gratis ‘kan? Nah…, trik ini persis sama kayak itu).
  2. Udah deh…, akhirnya proses download BBM berjalan.
  3. Gampang ‘kan? Good Luck! ?

 

 

BBM