Kontroler dari Xbox Gen 1 yang disebut “The Duke” dengan ukurannya yang terkesan besar akan hadir kembali pada akhir tahun ini. Tim Hyperkin selaku pembuat dari kontroler ini telah bekerjasama dengan Microsoft dalam menghadirkan dukungan untuk keluarga Xbox One dan PC Windows 10.

Duke yang baru adalah versi yang sedikit dimodernisasi. Dimana tentunya, sebagian besar akan menjadi “pembuatan kembali dari faktor bentuk kontroler asli.” Itu bukan berarti tidak akan ada fitur baru: Hyperkin memperbarui controller dengan “layar tampilan logo, bumper kiri dan kanan, dan kabel sepanjang 9 kaki dapat dilepas. “

Kehadirannya juga pas dimana Microsoft juga akan menghadirkan backwards-compability tidak hanya game Xbox 360 tapi juga Xbox Gen 1. Dimana keluarga Xbox One dapat merasakan game masa lalu dari Xbox Gen 1 dan 360, serta game dari Xbox One saat ini, dan juga game 4K kedepannya.

Bagi mereka yang tidak tahu soal The Duke, kontroler itu diperkenalkan dengan Xbox Gen 1 saat diluncurkan pada 21 November 2001 di Amerika Utara. Duke sampai hari ini sebagai salah satu hardware game yang paling terkenal. Dimana menghadirkan desain yang terkesan agak lucu. Namun, sangat tidak nyaman. Umpan balik negatif menyebabkan kontroler ini digantikan oleh Xbox Controller S yang lebih kecil. Hanya saja  pada awalnya hanya dirancang untuk pasar Jepang. Pengontrol Xbox 360 dan Xbox One yang diikuti juga menggunakan bahasa desain dari Controller S, bukan desain ala Duke.

The Duke yang baru juga akan dibuat berdasarkan panduan dari Seamus Blackley yang merupakan salah satu desainer Xbox Gen 1.

Belum ada info soal harga dan ketersediaan secara spesifik. Namun, semoga ada info lebih detail mendekati peluncurannya dalam beberapa bulan lagi. Mengingat hal ini akan menjadi hal yang penuh nostalgia bagi fans Xbox.

Nah apa pandangan kalian? Berminat untuk membeli kontroler ini? ūüėÄ