Menurut salah satu pengamat Microsoft, Brad Sams dari sumber internal Microsoft, mengatakan bahwa Microsoft tengah dirumorkan menggarap versi lain dari Windows Mobile dengan branch yang berbeda. Dimana akan menghadirkan pengalaman dan tampilan yang berbeda dibanding Windows 10 Mobile yang ada saat ini. Semua ini juga berkat komponen hardware tambahan di produk mobile baru ini.

Sebagai langkah jangka pendek, Microsoft akan tetap mengupdate Windows 10 Mobile yang ada saat ini dengan berbagai perbaikan bug dan peningkatan stabilitas. Hal ini tentu karena adanya pengguna enterprise yang bergantung dengan produk Windows 10 Mobile. Itulah kenapa masih ada branch RS3 “feature2” yang kini bisa dinikmati pengguna Windows Insider di fast-ring. Disamping itu mereka juga berfokus menghadirkan integrasi lebih erat antara iOS/Android dengan Windows 10 PC.

Rencana Microsoft dapat berubah secara sigifikan dalam beberapa bulan kedepan. Hanya saja saat ini pengembangan produk ini masih tergolong aktif dan rencana peluncuran juga ada di roadmap. Hal yang merupakan suatu isyarat bahwa produk ini akan segera hadir setidaknya dalam satu tahun kedepan.

Semua ini juga tergantung dari tanggapan internal terutama petinggi Microsoft. Bila tanggapannya positif, dapat disimpulkan kalau pengembangannya akan kian dipercepat dan semua fokus Microsoft akan ada di produk mobile ini. Microsoft sendiri juga dirumorkan oleh Brad Sams siap “merogoh dompet” lebih dalam untuk melesatkan kesuksesan produk ini.

Berita ini muncul tepat sehari sebelum acara Microsoft dan Qualcomm di Computex 2017 yang dimulai besok. Namun, sepertinya mereka belum berbicara banyak untuk produk misterius ini besok. Tapi kita tentu berharap akan ada kejutan dalam waktu dekat.

Microsoft mungkin akan menghadirkan pengalaman full Windows 10 dengan tampilan baru yang adaptif untuk produk mobile. Selagi mereka juga berfokus agar membuat aplikasi Win32 semakin memenuhi Windows Store lewat Desktop Converter/Centennial.

 

Disisi lain kita juga melihat adanya dua jenis paten produk mobile yang berbeda. Dimana juga dapat memberi isyarat form-factor yang berbeda dari smartphone pada umumnya yang telah disinggung sebelumnya oleh Nadella. Membuatnya sesuai dengan rumor ini dimana mereka akan menghadirkan pengalaman baru untuk konsumen.

Jadi apa pandangan kalian? Sudah siap untuk menanti hal baru dari Microsoft ini? 😀

  • Arie Dalimunthe

    Masih saja dengan rumornya, blm tau kepastian nya. jangan2 PHP lagi -_- semoga saja secepatnya

    • Marc Vuorinen

      Tapi info ini diambil dari info terpercaya dari internal Microsoft dan beberapa website terpercaya lain juga mengkonfirmasi hal ini. Meskipun rencana Microsoft bisa berubah lagi 😉

      • Arie Dalimunthe

        yupps . Mungkin rumor ini untuk smartphone jangka panjang ya.
        sayangnya sebagian para pengguna lumia sudah bnyak yang kecewa karena bnyak kekurangan aplikasi dan tidak mendapatkan support win10m

  • DoniEdogawa

    Tumben komentar ane pake persetujuan momod ?

  • ブヂです

    Bring back lumia x windows mobile

  • janganbilangmama

    semoga cepat terlaksana

  • Sahal Rahman

    Namanya juga rumor ?

  • Djaenuddin

    Membayangkan jika windows 10 mobile nanti seperti pada iOS… Atau bahkan lebih hebat lagi…. Semoga saja

  • Riswan Dwi Cahya

    Melihat jumlah pengguna smartphone terus meningkat dan pengguna PC terus menurun keliatan nya memang akan ada rencana untuk versi mobile ..

  • eka fahlefie

    di tunggu ya oppa untuk windows mobile nya ..

  • Rabbil AR

    keep waiting

  • Finally!

  • Andri Desmana

    Sebagai langkah jangka pendek, Microsoft akan tetap mengupdate Windows 10 Mobile yang ada saat ini dengan berbagai perbaikan bug dan peningkatan stabilitas. Hal ini tentu karena adanya pengguna enterprise yang bergantung dengan produk Windows 10 Mobile.

    Haha ?

    • memungkinkan enggak sih om untuk Windows 10 Mobile saat ini diupgrade ke yg baru kalo emang nanti dilanjut.
      kalo sampe bisa sih keren bisa meredam kekecewaan pengguna

      • Andri Desmana

        Gak mungkin bisa om kalo Microsoft memang bener2 mengadopsi full windows di arm nya. Kita bisa liat di update CU ini saja sudah ada banyak perangkat yg tidak support. Hardware yang dipakai pasti berbeda dari versi full mobile dan full pcmobile nanti. So, beli perangkat baru kalau mau 🙂

        • Richie

          Mungkin kasus lumia 900 terulang kembali ?

        • (Not an) Anonymous

          11-12 lah sama iphone jadul.. Iphone 4 gak dpt iOS 8, iphone 4s gak dpt iOS 10