Menurut salah satu pengamat Microsoft, Brad Sams dari sumber internal Microsoft, mengatakan bahwa Microsoft tengah dirumorkan menggarap versi lain dari Windows Mobile dengan branch yang berbeda. Dimana akan menghadirkan pengalaman dan tampilan yang berbeda dibanding Windows 10 Mobile yang ada saat ini. Semua ini juga berkat komponen hardware tambahan di produk mobile baru ini.

Sebagai langkah jangka pendek, Microsoft akan tetap mengupdate Windows 10 Mobile yang ada saat ini dengan berbagai perbaikan bug dan peningkatan stabilitas. Hal ini tentu karena adanya pengguna enterprise yang bergantung dengan produk Windows 10 Mobile. Itulah kenapa masih ada branch RS3 “feature2” yang kini bisa dinikmati pengguna Windows Insider di fast-ring. Disamping itu mereka juga berfokus menghadirkan integrasi lebih erat antara iOS/Android dengan Windows 10 PC.

Rencana Microsoft dapat berubah secara sigifikan dalam beberapa bulan kedepan. Hanya saja saat ini pengembangan produk ini masih tergolong aktif dan rencana peluncuran juga ada di roadmap. Hal yang merupakan suatu isyarat bahwa produk ini akan segera hadir setidaknya dalam satu tahun kedepan.

Semua ini juga tergantung dari tanggapan internal terutama petinggi Microsoft. Bila tanggapannya positif, dapat disimpulkan kalau pengembangannya akan kian dipercepat dan semua fokus Microsoft akan ada di produk mobile ini. Microsoft sendiri juga dirumorkan oleh Brad Sams siap “merogoh dompet” lebih dalam untuk melesatkan kesuksesan produk ini.

Berita ini muncul tepat sehari sebelum acara Microsoft dan Qualcomm di Computex 2017 yang dimulai besok. Namun, sepertinya mereka belum berbicara banyak untuk produk misterius ini besok. Tapi kita tentu berharap akan ada kejutan dalam waktu dekat.

Microsoft mungkin akan menghadirkan pengalaman full Windows 10 dengan tampilan baru yang adaptif untuk produk mobile. Selagi mereka juga berfokus agar membuat aplikasi Win32 semakin memenuhi Windows Store lewat Desktop Converter/Centennial.

 

Disisi lain kita juga melihat adanya dua jenis paten produk mobile yang berbeda. Dimana juga dapat memberi isyarat form-factor yang berbeda dari smartphone pada umumnya yang telah disinggung sebelumnya oleh Nadella. Membuatnya sesuai dengan rumor ini dimana mereka akan menghadirkan pengalaman baru untuk konsumen.

Jadi apa pandangan kalian? Sudah siap untuk menanti hal baru dari Microsoft ini? 😀