Microsoft pada September 2016 lalu sempat mempatenkan Fingerprint On-Screen untuk perangkat mobile. Hanya saja masih paten tersebut bisa dibilang kurang mendetail. Tapi kali ini hal itu berubah dengan adanya persetujuan paten baru Microsoft. Yang mana, lebih mendetail soal bagaimana mereka menghadirkan fitur Fingerprint On-Screen untuk perangkat mobile.

Image result for iphone 8 bezel less

Latar belakang Microsoft mengembangkan teknologi ini adalah karena tingginya popularitas perangkat bezel-less. Dimana menyebabkan mengapa sangat sulit untuk menambahkan komponen fingerprint di luar area layar yang tersedia.

Gambar 1 mengilustrasikan contoh pengunaan gambar 100 perangkat pada elektronik 102. Dalam Gbr. 1, contoh perangkat elektronik 102 ditampilkan sebagai telepon selular, walaupun perangkat elektronik lainnya termasuk komputer tablet, display elektronik, komputer laptop, komputer all-in-one, aksesori elektronik, perangkat keamanan, mesin teller otomatis, dll. Jempol pengguna (104) diperlihatkan menempel pada permukaan display (110) dari tampilan penginderaan gambar (100). Scanner sidik jari di lingkungan ini dan lingkungan lainnya adalah contoh teknologi citraan yang dapat disediakan oleh teknologi yang telah dijelaskan, walaupun jenis pencitraan lainnya dapat digunakan.

Deskripsi Gambar ke 2:

Gambar 2 mengilustrasikan contoh lain gambar penginderaan gambar dari perangkat elektronik. Dalam gambar 2, contoh perangkat elektronik 202 ditampilkan sebagai telepon selular, walaupun perangkat elektronik lainnya mungkin termasuk komputer komputer yang tidak terbatas, display elektronik, komputer laptop, komputer all-in-one, aksesori elektronik, perangkat keamanan bangunan, mesin teller otomatis, dll. Jempol pengguna 204 ditekan menempel pada permukaan display 210 dari tampilan penginderaan gambar 200. Scanner sidik jari di lingkungan ini dan lingkungan lainnya adalah contoh pencitraan yang dapat disediakan oleh teknologi yang dijelaskan, walaupun jenis pencitraan lainnya dapat digunakan.

Cara kerja?

Gambar 4 menggambarkan contoh proses pemindaian sidik jari 400 dan contoh gambar hasil 402. Pada tahap pertama 404, baris individu (atau kombinasi baris) elemen photoemitting dinyalakan dalam mode pemindaian (seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah), sehingga dipancarkan cahaya 405 memindai di wilayah deteksi gambar 406 dari permukaan layar. Beberapa bagian cahaya pemindaian melewati permukaan layar, di mana ia secara selektif memantulkan dari batas refraksi pada permukaan layar (menyebarkan titik kopling optik dengan fitur objek, seperti satu atau lebih punggung jari 407, pada permukaan display) kembali melalui kaca penutup layar untuk ditangkap oleh detektor foto yang tersedia di layar atau diikat ke permukaan layar.

Melihat Apple yang telah menyerah untuk menghadirkan fitur fingerprint scanner on-screen di iPhone 8 atau iPhone X. Momentum ini dapat dimanfaatkan Microsoft untuk mengenalkan teknologi ini yang sekaligus lebih canggih ini kepada konsumen di 2018 mendatang.

Nah, sekarang apa komentar kalian soal hal ini? Akankah Microsoft akan menerapkannya di produk mobile barunya? 😉

  • RizaMuhammad31

    Ah mungkin juga yang make oem android, mereka tinggal bayar patennya aja

    • Dan fans nya koar-koar, android cuma satu-satunya perangkat yang bisa fp layar.