vs-mobile-center

Bersamaan dengan Visual Studio for Mac, Microsoft juga memperkenalkan produk baru dari Visual Studio: Mobile Center. Dibuatnya Visual Studio Mobile Center bertujuan untuk menyederhanakan pengujian aplikasi mobile bagi developer aplikasi Android dan iOS.

Layanan ini dapat terhubung dengan GitHub, sehingga memungkinkan developer untuk dapat memulai dengan sangat mudah dengan GitHub repositori aplikasi mereka. Setelah selesai setup, developer bisa dengan mudah membangun aplikasi untuk Android dan iOS dari Mobile Center atas awan itu. Sehabis beres menggarap aplikasi, mereka juga dapat menguji langsung aplikasi garapannya dari Mobile Center yang sangat rapi.

Pengujian aplikasi adalah proses yang sangat simpel sebagaimana developer dapat melihat bagaimana aplikasi mereka terlihat di berbagai perangkat, tidak peduli apa pun platform-nya.

 

Lebih penting lagi, pendistribusian aplikasi yang sudah digarap juga cukup mudah dengan Mobile Center karena memungkinkan developer untuk dapat merilis versi baru aplikasi mereka langsung dari layanan GitHub. Layanan ini juga mampu memberikan data laporan kerusakan dan analisis lainnya tentang sebuah aplikasi, sehingga membuatnya lebih mudah untuk debug aplikasi dan menemukan masalah.

Developer juga dapat menggunakan data analytics untuk melihat rincian lebih lanjut tentang pengguna aplikasi mereka –misalnya, mereka dapat mengetahui perangkat yang paling banyak digunakan (yang digunakan untuk menginstall), dll–.

Layanan ini saat ini tampaknya mendukung Android dan iOS, tapi kemungkinan dalam waktu dekat akan mendukung Windows 10 juga.

  • Dirga Wahyu Adiaksa

    Kesimpulan nya apa om ? Mempermudah dev iOS atau android untuk bikin app di Windows lagi ya ?

    • Bukan untuk bikin app di Windows, tapi bikin app di Android & iOS

    • Rabbil AR

      kalo opini ane sih kenapa microsoft sendiri jarang mengeluarkan aplikasi baru ke windows mobile terlebih hanya untuk android dan ios karena microsoft mungkin nih ya bakal merilis ponsel yg memakai os dekstop+celuler connectivity :v , jdi aplikasi nya lebih ke windows desktop nya
      #JustOpinion

      • Dirga Wahyu Adiaksa

        Mungkin harapan ane juga, os dekstop+celuler ?
        Kalau app nya lebih ke os desktop pasti lebih banyak.