Fitur Eye Control di Windows 10 Fall Creators Update memang membawa kesan futuristik dan diapresiasi banyak pihak. Terutama bagi kalangan yang memiliki disabilitas tertentu. Hanya saja fitur ini perlu hardware khusus seperti dari Tobii yang mungkin kurang pas bagi laptop atau tablet.

Itulah mengapa Microsoft juga tengah mempersiapkan suatu cara untuk mengatasi hal ini. Terlihat dari paten terbaru mereka  untuk membawa dukungan  teknologi depth, isyarat dan tatapan penginderaan ke Surface mereka.

Microsoft mengusulkan sebuah modul yang akan memanfaatkan kabel data dan port konektor Surface saat dipegang dengan aman ditempat oleh konektor dan magnetnya.

Modul ini, akan memiliki slot untuk Surface Keyboard, yang dapat sebagai “jembatan” untuk aksesori itu. Hal ini membuatnya tidak mengganggu fungsi normal perangkat.

Kamera akan miring sedemikian rupa sehingga mereka akan diarahkan ke area di atas keyboard, untuk menangkap gerakan tangan alami, namun mungkin juga mencakup bidang penglihatan yang cukup untuk melihat pelacak dan pengenalan wajah.

Teknologi untuk tatapan dan penginderaan kedalaman tentu saja telah siap. Paten baru ini dapat menjadikan inovasi utama sebagai hal baru dibidang produk modular/bongkar pasang.

Salah satu ilmuwan yang mengerjakan hal ini adalah Kfir Karmon yang dibalik teknologi kontrol gestur tangan “Project Prague”. Dikerjakan bersama Adi Diamant yang bekerja mengembangan New User Interfaces. Keduanya bekerja di Microsoft Advanced Technology Lab.

Image result for surface remix project

Meskipun begitu masih belum jelas apakah paten ini dapat berubah menjadi produk sesungguhnya. Melihat sebelumnya Microsoft juga sempat memamerkan Surface Remix Type Cover dalam peluncuran Surface 2 dan Pro 2 tapi belum ada kabar lagi soal hal itu.

Kini apa tanggapan kalian soal paten baru Microsoft ini? Akankah hal ini dapat bermanfaat untuk produktivitas?