Seorang ekskutif Microsoft dalam pengembangan Cortana, baru saja memberikan pernyataan resmi soal bagaimana keberlangsungan Cortana di 2018 ini, mengingat masih belum banyak produk speaker yang mendukung Cortana.

Microsoft membeberkan sejumlah ‘kemenangan’ untuk Cortana, seperti meluncurkan Cortana Devices SDK yang mempermudah developer dan OEM untuk mengembangkan konten atau perangkat Cortana. Selain itu, Microsoft juga memberikan highlight kepada thermostat futuristik dari Johnson Controls yang berbasis Cortana, Windows 10 IoT, dan Azure IoT.

Disini, Microsoft kepada ZDNet mengatakan bahwa mereka telah membuat kerjasama baru untuk mempercepat pertumbuhan Cortana:

“Selain mitra otomasi rumah yang didukung saat ini, kami mengumumkan kemitraan baru dengan Ecobee, Geeni, Honeywell Lyric, IFTTT, LIFX, TP-Link Kasa, dan Honeywell Total Connect Comfort. Cortana saat ini mendukung lampu, outlet, sakelar, dan termostat. di semua penyedia layanan, ” kata juru bicara tersebut.

Sementara itu, inilah pendukung Cortana dari pihak lain untuk saat ini:

  • Allwinner. Perusahaan ini memiliki solusi Tech R16 Quad Core IoT (membuat desain produk yang dapat menjadi referensi OEM lain).
  • Synaptics: ODM ini (Original Design Manufacturer) dan vendor teknologi far-field processing juga menghasilkan desain yang dapat menjadi referensi untuk konsumen IoT, smart speaker, PC, dan banyak lagi yang dapat mengintegrasikan Cortana.
  • TONLY: Vendor referensi desain lain yang bekerja dengan perangkat Microsoft Cortana yang menggunakan Skype.
  • Qualcomm: Selain bermitra dengan PC Microsoft on Windows-on-ARM “Always Connected”, Qualcomm juga sedang membangun desain referensi pada platform Smart Audio dan Mesh Networking yang menggunakan Cortana.

Inilah tujuan Microsoft untuk Cortana sepanjang tahun ini:

“Terlepas dari perangkat atau konteksnya, tujuan kami adalah menempatkan Cortana ke mana pun Anda memerlukan bantuan, baik itu di komputer, ponsel, Xbox, headset mixed reality, speaker rumah cerdas, termostat dan bahkan lebih banyak lagi di masa depan. Anda akan melihat Cortana terintegrasi pada perangkat dan layanan favorit Anda sepanjang tahun yang akan datang. “

Hanya saja, hingga kini masih belum ada kabar terbaru soal integrasi Cortana dan Alexa. Sekaligus juga fitur-fitur baru untuk Cortana yang akan menjadikannya lebih cerdas dari sebelumnya, disamping menambah dukungan bahasa dan negara lain. Itulah mengapa, sepertinya kita perlu menunggu hingga beberapa minggu atau bulan kedepan untuk melihat seperti apa Cortana nantinya 😉

Sekarang, bagaimana komentar kalian terkait hal ini? 😀