Microsoft tengah bersiap untuk menghadirkan pengalaman baru di Cortana. Dimana UI percakapan dirancang sedemikian rupa untuk meniru percakapan teks, seolah-olah Anda mengirim SMS ke anggota keluarga atau teman. Hal ini akan mendorong pengguna untuk tidak hanya lewat suara tapi lebih pada mengetik. Hal yang selalu kita lakukan setiap saat di ponsel dan PC kita. Anda cukup mengetikkan keinginan Anda, tekan kirim, dan itu akan muncul di UI seperti pesan teks. Cortana kemudian akan membalasnya dengan cara yang sama.

Meskipun begitu bila kita lebih memilih lewat suara hal itu juga bisa dilakukan. Meskipun begitu pertanyaan Anda akan tetap tersedia secara teks disamping suara. Begitu juga balasan dari Cortana.

Selain itu info dari Thurrott menyatakan bahwa selain itu, Microsoft berencana untuk memindahkan Cortana ke System Tray. Oleh karena itu, Cortana akan lebih sulit untuk dihilangkan sekaligus menyesuaikan dengan tampilan baru ini.

Masih belum jelas akankah Microsoft segera meluncurkannya untuk para Insider dalam waktu dekat. Namun, tampaknya memang hal ini akan segera hadir.

Sejatinya kita sendiri lebih dulu memberikan informasi ini sebelum Build 2017, dalam artikel soal Botlet Store. Dimana Cortana akan memiliki kemampuan “Continuous Chat” yang membuat percakapan Cortana akan berlangsung secara terus menerus layaknya dialog antar manusia. Namun, karena ada informasi baru soal berita ini jadi tidak ada salahnya bila kita mempublikasikannya.

Nah apa pandangan kalian soal berita ini? 😀

  • Whyu Wa

    digital asisten udh canggih² pake perintah suara… kya film her.. ujung²nya malah kya chat udh kaya simsimi aja :v

  • Rabbil AR

    hanya terus berharap Microsoft memberikan full support nya untuk global, jadi termasuk support Indonesia juga

  • Jaya Handika

    Untuk mobile juga?

    • Marc Vuorinen

      Hmmm sepertinya kecil kemungkinannya apalagi mereka mulai fokus di mobile baru. Tapi kita lihat perkembangannya nanti 😉