Pada bulan April tahun lalu, Microsoft resmi memperkenalkan aplikasi penunjang untuk mengetik pada perangkat Apple iPhone dengan sistem operasi Apple iOS, yaitu Word Flow Keyboard. Terlepas dari fitur gesek (Swipe) yang ada pada aplikasi tersebut, namun juga dibekali fitur model “ARC” tampilan lengkung untuk memudahkan pengetikan karakter dengan satu jari.

Lalu pada Agustus tahun lalu, Microsoft merilis pembaruan mayor aplikasi Word Flow Keyboard secara perdana dimana diperbolehkan para pengguna untuk menggunakan gambar dengan format “GIF“, berkas gambar, alamat situs serta kontak hingga Emoji tanpa meninggalkan/menutup papan tombol. Namun sekarang ini, sebuah divisi proyek milik Microsoft yaitu Microsoft Garage Project resmi menghentikan aplikasi Word Flow Keyboard tersebut untuk perangkat Apple iPhone dengan sistem operasi Apple iOS.

We will be wrapping up the Word Flow experimental project with the Microsoft Garage. The feedback and lessons learned will be used to improve the SwiftKey keyboard to continue to bring users a blazing fast keyboard with super-accurate autocorrect and intelligent next-word predictions. The SwiftKey product team is frequently building and evaluating new features for SwiftKey and shipping updates.

Pemberhentian aplikasi ini berakibat bagi para pengguna perangkat Apple iPhone dimana sekarang ini tidak bisa mengunduh aplikasi Word Flow Keyboard kembali pada Apple App Store. Namun, untuk para pengguna yang sudah mengunduh dan menggunakan aplikasi ini sebelumnya akan tetap bisa menggunakan aplikasi ini.

Deviko Kelvin
Samuel Deviko Kelvin Setiawan. 99's asal Semarang. Penulis Konten di situs resmi WinCamp Indonesia serta partisipan program Microsoft Student Partner.