Kemarin sore Microsoft meluncurkan update baru untuk Power BI Desktop. Update yang disebut sebagai “January Update” ini membawa banyak perbaikan dan peningkatan baru untuk Power BI. Versi terbaru Power BI desktop ini membawa peningkatan untuk tabel dan matriks dan beberapa peningkatan pada konektor.

Selama ini tim Power BI biasa meluncurkan update baru pada akhir bulan, tapi sekarang mereka akan merilis update di awal bulan.

 

Berikut changelog resmi January Update untuk Power BI:

Report View:

  • Table header word wrap
  • Table & matrix conditional formatting improvement – blank formatting
  • New aggregations for string and date
  • Time columns
  • Phone reports GA

Data Connectivity:

  • Visual Studio Team Services connector
  • Enhanced SQL Server connector – support for SQL Failover option

Query Editing Improvements:

  • New transform: extract values from a nested list

 

 


Bagi kamu yang belum tahu apa itu Power BI, Power BI adalah layanan penganalisa bisnis yang disediakan oleh Microsoft. Aplikasi ini memberikan visualisasi interaktif dengan kemampuan intelijen bisnis self-service, di mana pengguna dapat membuat laporan dan dashboard sendiri, tanpa harus bergantung pada staf teknologi informasi atau database administrator.

Kini memanfaatkan data menjadi sumber informasi yang menarik bukan lagi menjadi hal sulit dengan hadirnya aplikasi Power BI dari Microsoft.

Dengan aplikasi ini, data yang dimiliki bisa segera ditampilkan dan disajikan dengan menarik. Tony Seno Hartono, National Technology Officer Microsoft Indonesia, menjelaskan, aplikasi Power BI ini ditujukan untuk digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan datanya divisualisasi.

Menurut Tony aplikasi gratis ini diciptakan dengan konsep setiap orang mampu menjadi seorang data analis.

“Sebelum ini, untuk melakukan visualisasi sulit sekali, orang harus memahami pivot untuk menghasilkan data visual,” tegasnya, Senin, 14 November 2016.

Layanan Power BI memungkinkan konsumen untuk menggabungkan beberapa data berkaitan untuk kemudian menjadikannya sebagai informasi grafis, seperti tabel, diagram, serta grafik dan peta persebaran.

Dari alat ini, pengguna bisa melihat bagaimana tren terjadi berdasarkan data yang ditampilkan. Power BI bekerja dengan memanfaatkan data yang dimasukkan ke sistem.

Power BI tersedia untuk perangkat PC desktop maupun mobile, dengan OS Windows, iOS, dan Android.

Aplikasi ini akan membuat data milik pengguna menampilkan visual gambar yang mudah dibaca oleh siapa pun. Untuk membuat hasil data terus terbarui, data bisa dimasukkan dengan mengkoneksikan link sumber data ke dalam Power BI. Sedangkan data yang bersifat tidak online atau berasal dari perangkat, tidak bisa memperbarui sendiri, kecuali pemilik data mengunduh data terbaru di perangkatnya.  *****

 

Download Power BI for Windows