Microsoft pula akan merilis pembaruan aplikasi Store dengan perombakan nama “Microsoft Store” untuk perangkat Xbox One, dimana akan hadir untuk para anggota Xbox Insider terlebih dahulu pada pembaruan selanjutnya.

Beberapa hari yang lalu, Microsoft mengumumkan untuk perombakan toko digital mereka, Windows Store dimana berubah menjadi Microsoft Store untuk perangkat Windows 10 PC dan Windows 10 Mobile. Pembaruan ini hadir terlebih dahulu untuk beberapa para anggota Windows Insider, hingga nantinya pembaruan tersebut akan dirilis secara merata untuk semua anggota Windows Insider.

Namun, konsol Xbox One akan pula mendapatkan pembaruan perubahan nama Xbox Store menjadi Microsoft Store tersebut pada pembaruan selanjutnya. Sudah pasti pembaruan ini akan hadir terlebih dahulu untuk para anggota Xbox Insider.

Tampilan pembukaan awal aplikasi Microsoft Store pada konsol Xbox One.

Microsoft sebelumnya menggunakan nama Microsoft Store sebagai bagian dari toko online untuk menjual berbagai barang ritel, perangkat keras serta perangkat lunak Microsoft. Dengan visi Microsoft untuk menggabungkan toko online Microsoft Store dengan Windows Store serta Xbox Store, diharapkan pada perombakan ini, Microsoft Store dapat menyediakan berbagai barang ritel, perangkat lunak, perangkat keras, aplikasi, permainan berbentuk fisik atau digital, musik, film dan acara tv hingga buku secara Universal dalam satu tempat untuk satu sistem operasi, yaitu Windows 10.

Sebelumnya, pengguna perangkat Xbox One, terlebih para anggota Xbox Insider mendapati adanya iklan penjualan perangkat keras dan aksesoris Xbox One melalui Dasboard Xbox, dimana hal tersebut Microsoft sengaja untuk mencoba eksperimen tersebut sebelum meluncurkan pembaruan Microsoft Store baru.

Deviko Kelvin
Samuel Deviko Kelvin Setiawan. 99's asal Semarang. Penulis Konten di situs resmi WinCamp Indonesia serta partisipan program Microsoft Student Partner.