Setelah sempat didemonstrasikan dalam beberapa acara Microsoft, seperti peluncuran Surface Pro dan Laptop serta Future Decoded. Akhirnya, Microsoft Whiteboard kini telah tersedia sebagai preview untuk publik. Hanya saja, akan tersedia secara bertahap, jadi bagi yang belum bisa mengaksesnya dimohon untuk bersabar dulu 😀

Layanan ini memang menjadikan pengalaman menuangkan ide secara kolaboratif sebagai fokus utama. Ini terlihat dari video singkat diatas, dimana ada yang memberi reminder, ada yang membuat konsep, dan semacamnya.

Apa saja keunggulan utamanya?

Image showing how a team used the Microsoft Whiteboard to visualize the engineering of a office chair.

  • Dengan permukaan kanvas digital tanpa batas, membuat pengguna dapat lebih mudah dalam mencurahkan ide-ide mereka disamping mendapat tambahan-tambahan dari pengguna lain yang menyempurnakan ide tersebut.
  • Disamping itu, pengguna juga dapat menambahkan diagram dan sticky notes layaknya sebuah papan pada umumnya.

Image of the different Microsoft Whiteboard tools that are available including pens, eraser, and ruler.

  • Melalui Microsoft Whiteboard Preview, pengguna dapat memilih peralatan apa yang paling sesuai dan natural menurut mereka.
  • Teknologi yang mengedepankan touch dan pen memungkinkan pengguna membuat gerakan yang natural dengan jari atau memfokuskan ke detail yang lebih dalam dengan stylus.
  • Lewat stylus, pengguna bisa menuliskan catatan, menggambar ilustrasi yang tepat, atau mencari gambar di web. Dengan menggunakan jari, pengguna dapat menggeser ke bagian papan yang berbeda, putar penggaris virtual ke sudut yang diinginkan, dan pengguna juga dapat drag & drop gambar untuk membuat tumpukan foto.

Image of a collection of Microsoft Whiteboard boards.

  • Dengan Microsoft Whiteboard Preview, pengguna dapat menggunakan Smart Ink yang mengenali gambar bentuk bebas yang dilakukan pengguna dan mengubahnya menjadi bentuk standar. Ini mempermudah untuk membuat tabel, diagram, dan flowchart yang hebat.
  • Tidak seperti papan tulis tradisional, aplikasi secara otomatis akan menyimpan kreasi pengguna. Inilah yang membuat pengguna dapat langsung melanjutkan pekerjaan. Selain itu, pengguna juga dapat berbagi link ke Whiteboard kalian, sehingga orang lain dapat turut menyempurnakan kreasi kalian. * Tidak perlu lagi memotret kanvas atau berkirim email  ke yang lain karena semua sudah dapat dilakukan bersama dengan Microsoft Whiteboard.

*Layanan ini gratis. Namun, untuk fitur layanan kolaboratif, pengguna perlu berlangganan Microsoft Office 365 dalam akun Personal/Home, Business, atau School.

Yuk coba daftar: Microsoft Whiteboard Preview (masih bergulir secara bertahap)

Nah, apakah pendapat kalian soal layanan baru dari Microsoft ini? Tertarik untuk menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari? 😉