Satya Nadella, “Microsoft empower every person and every organization in Indonesia and on the planet to achive more.”

Tahun 2016 adalah tahun yang mengagumkan bagi Microsoft. Di tahun ini, Microsoft lebih berfokus untuk memantapkan posisinya sebagai yang terdepan soal inovasi yang menunjang produktivitas dan kreativitas. Ini dia beberapa hal yang menarik bagi kami:

Terus Membeli Berbagai Perusahaan

Meskipun tidak sebanyak tahun lalu tapi Microsoft tetap tergolong sering membeli perusahaan baru untuk memperkuat strateginya. Ini dia perusahaan yang mereka beli:

  • Event Zero
  • Minecraft Edu
  • Swiftkey
  • Xamarin
  • Solair
  • LinkedIn
  • Wand Labs
  • Code Connect
  • Beam
  • Genee

Semua ini dilakukan Microsoft sebagai langkah untuk terus melakukan perubahan di bawah CEO Satya Nadella. Sehingga hal ini akan berdampak di tiga pilar Microsoft yaitu Cloud dan Bisnis, Kecerdasan Cloud, dan Windows & Devices.

Pembelian Event Zero dan Genee misalnya, dapat meningkatkan kemampuan produk Office 365 yang juga termasuk Skype 4 Business. Pengalaman tentu akan jauh lebih berkualitas dan simpel. Untuk Genee sendiri dapat meningkatkan pengalaman kecerdasan buatan di Office 365.

Image result for minecraft edu

Pembelian Minecraft Edu, membuat pembelajaran menjadi jauh lebih interaktif dan digemari berbagai murid. Kita dapat mendokumentasikan pekerjaan kita dan berbagi bersama di kelas. Suatu cara revolusioner untuk belajar, bukan?

Untuk Switfkey yang merupakan keyboard terpopuler di Android dan iOS dengan lebih dari 300 juta pengguna. Swiftkey akan meningkatkan kecerdasan cloud milik Microsoft. Dan bersama tim Wordflow akan membuat pengalaman keyboard Microsoft baik di Windows, iOS, atau Android menjadi yang tidak tertandingi.

Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan aplikasi sangatlah penting. Inilah kenapa Microsoft memutuskan untuk membeli Xamarin. Bersama dengan tim Visual Studio mereka akan membuat peralatan terbaik bagi para pengembang untuk membuat pengalaman aplikasi terbaik di Windows 10, iOS, dan Android. Hal ini juga akan berdampak positif terhadap layanan Microsoft Azure dan Office 365.

Image result for windows iot

Dunia Internet of Things yang kian besar. Bahkan di 2020 akan ada sekitar 25 Miliar produk IoT di sekitar kita. Itulah mengapa Microsoft membeli Solair yang juga akan meningkatkan efisiensi produksi barang berbasis Cloud. Tentu hal ini akan memperkokoh posisi Windows 10 IoT dan Azure IoT di masa depan.

Image result for microsoft wand labs

Dunia Kecerdasan Buatan adalah area pertempuran baru bagi perusahaan teknologi. Dalam hal ini tentu saja Microsoft terlibat, apalagi setelah melihat komitmen mereka soal AI di Build 2016 beberapa waktu lalu. Dengan Wand Labs kedepannya layanan kecerdasan buatan Microsoft dapat lebih kaya dengan informasi dengan cara yang lebih natural. Cortana pun juga pasti akan jauh lebih cerdas dan hasilnya akan mulai kita lihat tahun depan. 😉

Related image

Pembelian Microsoft yang lain adalah Beam. Dengan Beam, kita tidak hanya melihat stream dari pemain game saja tapi juga ikut merasakan atau bahkan memainkan game nya. Hal ini membuat para gamers dapat merasakan pengalaman yang lebih interaktif yang tidak akan mereka temukan di platform gaming lainnya.

LinkedIn Menjadi Bagian Microsoft 

Kami memisahkan LinkedIn dari poin pertama karena LinkedIn perlu pembahasan lebih khusus mengingat tergolong penting bagi masa depan Microsoft Cloud dan juga Windows 10. Memang, baik Microsoft dan LinkedIn adalah pasangan yang cocok dalam hal produktivitas.

Bagi yang belum tahu, inilah langkah awal Microsoft setelah LinkedIn resmi menjadi bagiannya:

  • Identitas LinkedIn dan jaringannya terintegrasi di Microsoft Outlook dan Office Suite
  • Pemberitahuan LinkedIn di Action Center Windows 10
  • Memungkinkan anggota membuat dokumen riwayat hidup di Word untuk memperbarui profil mereka, dan menemukan dan kemudian mengambil pekerjaan di LinkedIn
  • Memperluas jangkauan Link Konten ke seluruh layanan Microsoft
  • LinkedIn Lookup untuk pebisnis didukung oleh Active Directory dan Office 365
  • LinkedIn Learning tersedia di seluruh ekosistem Office 365 dan Windows
  • Mengembangkan berita bisnis di seluruh ekosistem konten dan MSN.com
  • Mendefinisikan penjualan secara Cloud melalui kombinasi Sales Navigator dan Dynamics 365

Ke depannya LinkedIn dapat meningkatkan kecerdasan Cortana dengan memberi rekomendasi apa yang perlu dilakukan atau siapa yang perlu anda pekerjakan di perusahaan. Suatu hal yang futuristis, bukan?

Kemudian dengan LinkedIn, Anda juga bisa melihat berapa persen kemajuan tim dalam proyek yang Anda perintahkan, semua dapat dilihat di beranda lengkap beserta prediksi kapan selesainya proyek itu. Sistem yang sama sebenarnya juga sudah pernah kita lihat di Microsoft Classroom beberapa waktu lalu.

Image result for linkedin learning

Pembelajaran Online lewat LinkedIn Learning di Office 365 akan menghadirkan pengalaman pembelajaran yang tepat di waktu yang tepat. PowerPoint tampaknya tepat untuk skenario ini. Sehingga tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi para pengusaha yang ingin mempelajari lebih banyak hal.

Windows 10 dan Anniversary Update

Anniversary Update

Image result for anniversary update

 

Di event //build/ 2016, Microsoft resmi memperkenalkan update besar untuk Windows 10 yaitu Anniversary Update. Update ini menghadirkan berbagai fitur baru seperti Windows Ink, Cortana di Lockscreen, Xbox Play Anywhere, Peningkatan Keamanan, dan Ekstensi Microsoft Edge.
Image result for windows ink

Dengan Windows Ink, kita dapat memberi berbagai coretan di berbagai tempat. Baik itu di Inking Workspace dan Sticky Notes di Start, Cortana, dan berbagai layanan Office. Dengan Windows Ink anda juga bisa mencoret dari suatu tempat ke tempat lainnya di Windows Maps dan kemudian akan ditunjukkan melewati jalan apa saja dan waktu yang diperlukan.

Image result for xbox play anywhere

Xbox Play Anywhere, membuatmu hanya cukup membeli dengan sekali bayar baik di PC atau di Xbox One. Xbox Play Anywhere juga akan tetap melanjutkan kemajuan game mu bersama Xbox Live Achievements nya, sehingga mau bermain di Xbox atau PC bukan masalah besar lagi.

Shared Notifications

Windows 10 Anniversary Update juga membuat PC dan Ponsel-mu lebih dekat dengan Shared Notifications dimana notifikasi di Lumia dapat dilihat di Surface sebagai contoh atau membalasnya lewat Cortana. Untuk beberapa tipe notifikasi fitur ini juga tersedia bagi pengguna iPhone dan Android. Di ponsel Windows 10 anda juga bisa mengirim foto lewat Cortana ke PC.

Microsoft Edge dengan Eksktensi 

Microsoft Edge juga mendukung ekstensi seperti Adblock dan Pinterest yang telah lama disuarakan oleh Insider. Hal yang membuat Microsoft Edge lebih fungsional dan kaya fitur. Hal lain yang dihadirkan di Microsoft Edge adalah dukungan Windows Hello di beberapa situs.

Skype kini juga menjadi “UWP” dan menghadirkan fitur berbagai bot seperti Skype Bot, Caption Bot, Murphy dan lainnya. Fitur Messaging Everywhere yang sempat tertunda juga hadir di Skype UWP yang membuatmu lebih mudah melihat pesan SMS dan Skype di satu tempat.

 Windows 10 dan Xbox
Xbox Dashboard Showcasing Game Hub

Cortana dan Background Music hadir untuk pengguna Xbox. Suatu fitur yang telah lama ditunggu-tunggu penggemar Xbox. Tidak hanya itu kini Windows Store dan Xbox Store juga kian lebih dekat satu sama lain apalagi berkat kehadiran Play Anywhere. Beberapa Game Top di PC juga mulai muncul di Xbox Live.

Masih ada banyak lagi fitur di Windows 10 Anniversary Update yang membuatmu lebih kreatif dan produktif. Kini sudah lebih dari 86% pengguna Windows 10 PC dan 82% pengguna Windows 10 Mobile menggunakannya sejak diluncurkan 2 Agustus lalu.

Hal menarik lainnya di dunia Windows adalah Windows 10 Holographic mulai dibuka untuk produsen lain. Intel, HP, Asus, HTC, dan berbagai produsen PC lainnya tertarik untuk membuat produk yang berbasis Windows Holographic ini karena memang merupakan masa depan PC. Kami memperkirakan produk berbasis Windows Holographic lainnya akan menemani HoloLens di 2017 mendatang.
Windows 10 on ARM64

Kemudian selain membahas lebih jauh soal Mixed Reality, Microsoft juga membahas soal Windows 10 on ARM64 yang mana akan ada semacam emulator untuk produk ARM agar menjalankan aplikasi x86 seperti full Office, Adobe Photoshop, dan semacamnya. Dengan Windows 10 on ARM64 ini memperjelas jalan menuju Surface Phone yang sudah lama ditunggu.

Project Evo

Kehadiran Windows 10 on ARM64 bukan berarti Microsoft akan melepas komitmennya dengan Intel. Kerjasama keduanya melahirkan Project Evo yang menghadirkan produk inovatif baru yang bekerja dengan keamanan terbaik, Mixed Reality, Cortana & AI, serta Gaming.

  • Project Evo juga dapat memerintahkan Cortana untuk memainkan musik ke seluruh ruangan, mengontrol ruangan, memberikan layanan prediktif dan semacamnya.
  • Peningkatan fitur keamanan terutama dengan Windows Hello, Microsoft Intelligent Security Graph, dan Layanan Keamanan Intel.
  • Pengalaman Mixed Reality dapat dirasakan di PC terjangkau dan Head Mounted Display yang membuat suasana Mixed Reality lebih terasa.
  • Inovasi Game seperti 4K Gaming, WCG, Audio Spatial, dan Kontroler Xbox dengan Bluetooth bawaan.
Kecerdasan Buatan Mulai Jadi Fokus Utama

Selain Anniversary Update, Microsoft juga membahas soal Conversations as a Platform di //build/ 2016. Hal ini menunjukkan bahwa Microsoft serius soal hal ini untuk mendominasi area persaingan berikutnya.

Di event //build/ Microsoft mendemonstasikan Skype Bot yang mana dapat menjawab beberapa percakapan berdasarkan kebiasaanmu, memasukkan jadwal pertemuan, dan semacamnya berkat kehadiran Cortana di Skype. Ada pula Skype Video Bots yang mana kamu dapat berbicara dengan karakter Skype Bot seleramu.

Ada juga Westin Hotel Bot di Skype yang membuatmu dapat mengetahui apa saja yang ditawarkan lewat hotel itu melalui Bot. Kemudian Bot itu juga bisa memesankan kamar yang sesuai dengan keinginanmu. Hal yang serupa juga bisa kamu dapatkan di Domino’s Pizza Bot yang akan memberitahu penawaran diskon dan juga memesankan pizza yang sesuai.

Hal yang menginspirasi disini adalah diperkenalkannya Seeing AI. Suatu produk kecerdasan buatan yang ditempatkan di sebuah kacamata standar yang dibuat oleh seorang pengembang Microsoft yang terkena disabilitas penglihatan. Kacamata ini dapat memberitahu ciri-ciri dan emosi seseorang, memberitahu apa yang ada didepannya, membacakan menu restoran dan semacamnya.

Tsaqib Sheikh sang pengembang sudah lama sekali mengembangkannya, membuat apa yang sebelumnya fiksi menjadi sebuah kenyataan. Sebuah karya yang dapat membantu banyak penyandang disabilitas penglihatan. CEO Satya Nadella bahkan memasukkannya ke daftar orang-orang yang menginspirasinya di 2016.

Bukankankah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain? Inilah contoh yang harus kita aplikasikan dalam kehidupan digital kita. Kitalah yang harus memanfaatkan teknologi sebenar-benarnya bukan sebaliknya.

Microsoft sendiri baru-baru ini juga berinvestasi ke beberapa perusahaan AI dan juga meluncurkan Zo AI sebagai penerus Tay AI. Selain itu Microsoft juga membuat AI Group dengan 5000 pegawai dibawah pimpinan Harry Shum yang mengepalai berbagai proyek R&D Microsoft.

Xiao Ice sendiri yang merupakan versi Cortana untuk China, kini telah mulai membawakan berita prediksi cuaca dan Xiao Ice Bot telah digunakan lebih dari 40 juta pengguna di China. Serta 1.5 juta pengguna WeChat.

Ini dia 5 Kunci Kecerdasan Buatan Microsoft Kedepannya:

  1. “Conversation Canvas” dimana pengguna banyak melakukan pengetikan atau percakapan yang mana Microsoft telah memiliki Cortana, Skype, Office 365.
  2. “Otak Kecerdasan” Microsoft telah mengembangkan teknologi berbasis ini selama lebih dari 20 tahun
  3. Social Graph yang mana Microsoft telah membeli LinkedIn senilai 349 triliun dengan 433 juta pengguna. LinkedIn resmi akan menjadi keluarga Microsoft pada akhir 2016 mendatang. Reid Hoffman sebagai Founder LinkedIn juga tertarik untuk mengembangkan teknologi ini bersama Nadella dan Bill Gates.
  4. Platform dimana akan menjadi prioritas Microsoft Bot. Microsoft kini memiliki 350 juta pengguna Windows 10 termasuk kategori produk futuristik HoloLens.
  5. Jaringan Developer. Hal ini telah dimulai Microsoft di ajang Build 2016 lalu yang mana Microsoft Bot Framework sudah dibuka untuk berbagai developer dan tentu akan menarik untuk mendengar kesuksesannya tahun depan.

Transisi Menuju Era Cloud Terus Berlanjut

Lebih Banyak Pertumbuhan

Microsoft kini tidak hanya sebatas Windows, tapi juga Cloud. Kini run-rate pendapatan Microsoft Cloud berada di angka $13 Miliar (naik dari $12.1 Miliar) kurang sedikit lagi Microsoft akan mencapai targetnya yaitu $20 Miliar pada tahun fiskal 2018.

Office 365 Business sendiri melesat dari 70 juta pengguna aktif di Q4 FY16 ke 85 juta pengguna di Q1 FY17, merupakan suatu lompatan signifikan. Sementara untuk konsumen naik dari 15.2 juta ke 24 juta pengguna aktif bulanan.

Microsoft Dynamics akhinya mengalahkan Salesforce sebagai penyedia IaaS (Infrastructure as a Service) terbesar meski dengan selisih 1% yaitu 15% vs 14%. Meskipun Microsoft belum mendominasi dunia CRM namun dengan akuisisi LinkedIn beserta integrasi Sales Navigatornya dengan Dynamics 365 tentu hal ini dapat berubah.

Microsoft Azure sendiri mengalami peningkatan 121% dibanding Amazon Web Services yang hanya 78%. Menurut Morgan Stanley, Azure akan mengalahkan AWS pada 2019 dengan pangsa sekitar 31%, dan tentunya dengan hal ini akan mempermudah Microsoft melewati target pendapatan run-rate $20 miliar.

 

Meluncurnya Dynamics 365

Microsoft juga baru saja meluncurkan Dynamics 365 suatu layanan All in One untuk mengelola bisnismu dan akan bersaing langsung dengan Salesforce pada 1 November lalu. Dynamics 365 akan menggabungkan kekuatan Consumer Relations Management (CRM) dan Enterprise Resource Planning (ERP).
Hal seperti finansial, pelayanan lapangan, penjualan, operasional, marketing, pelayanan proyek layanan, dan layanan konsumen akan kini sudah dapat dirasakan dalam All in One Package. Khusus untuk marketing, Microsoft bersiap untuk meluncurkan beberapa update di 2017.
Microsoft Dynamics Plans 1 untuk 500-999 pengguna, hanya mulai $70 per pengguna/bulan atau $210 untuk akses unlimited per pengguna/bulan. Jauh dibawah Saleforce yang mulai $300 untuk akses unlimited. Hal ini akan mengurangi biaya operasional perusahaan sekaligus mendapat pengalaman yang lebih baik dan terintegrasi dengan Office 365 dan Azure.
Hal lain yang juga didapatkan dengan Dynamics 365:
  • Integrasi Microsoft PowerApps
  • Kehadiran Microsoft Flow for Developers
  • Integrasi Project Madeira
  • Integrasi Toko Aplikasi Bisnis Microsoft App Source

 

Fitur – Fitur Baru Office 365

  • PowerPoint Designer – Hanya dengan memilih gambar background, Microsoft akan secara otomatis memberikan saran desain slide yang tepat.
  • PowerPoint Morph – Menghadirkan transisi 3D yang sangat anggun dan keren. Sehingga presentasi tidak lagi membosankan.
  • PowerPoint Zoom – Menghadirkan transisi seolah olah kita sedang zooming beberapa foto kemudian bergerak ke foto berikutnya di PowerPoint.
  • Tap for Word & Outlook – Dengan Tap anda tidak perlu lagi keluar dari Word untuk menambahkan beberapa item pilihan anda. Dokumen yang relevan akan hadir di Word sehingga anda lebih mudah menambahkannya.
  • Maps for Excel – Menghadirkan data geografis dan mengubahnya menjadi visualisasi data yang lebih profesional.
  • Quickstarter for PowerPoint & Sway – Berbasis Bing Knowledge dan Search menghadirkan outline yang direkomendasikan. Menghadirkan gambar yang lebih sesuai. Lebih banyak desain profesional yang digunakan.

Serta masih ada beragam fitur lainnya yang menunjang produktivitas anda. Beserta fitur keamanan terbaik untuk membuat anda nyaman dalam menjalankan aktivitas menggunakan teknologi Cloud.

Meluncurnya Microsoft Teams 

Pada 2 November lalu, Microsoft meluncurkan Microsoft Teams sebuah layanan Chat berbasis Office 365. Microsoft Teams menghadirkan layanan chat yang berbasis topik untuk membuat penggunanya selalu merasa tertarik. Skype sendiri juga terintegrasi penuh.
Word, Excel, PowerPoint, SharePoint, OneNote, Planner, Power BI, dan Delve. Semuanya telah terintegrasi secara mendalam di Microsoft Teams, membuat pengguna yang ingin data telah tersedia dan dapat diakses hanya dengan jari-jari mereka saja.
Microsoft Graph juga menghadirkan semua data ini untuk membantu relevansi informasi, pendalaman, dan berbagi bersama. Microsoft Teams juga berbasis Office 365 Groups yang memudahkan berbagi data secara bersama-sama. Setiap team juga bisa memodifikasi sesuai kebutuhan mereka.

 

Inovasi Luar Biasa dari Windows Devices

HoloLens memulai penjualannya

Microsoft HoloLens diresmikan pada Januari tahun 2015, tetapi pada awal tahun ini  pengembang secara terbuka bisa pergi dan membeli satu untuk  mereka untuk menggunakan/mengembangkan pada di rumah.

HoloLens akan dijual menandai langkah pertama untuk membawa produk HoloLens  ke pasar konsumen, dan meskipun itu belum terjadi Namun, mendapatkan HoloLens ke tangan pengembang memungkinkan Microsoft untuk membangun ekosistem yang sehat dari HoloApps yang mengambil keuntungan dari HoloShell.

Hal lainnya adalah, HoloLens baru saja memulai penjualan di sejumlah negara baru, termasuk Inggris, Perancis, dan Australia. Disusul lebih banyak negara di awal 2017. Sekarang bahkan lebih pengembang dapat mendapatkan membangun aplikasi HoloLens!

Xbox One S dan Xbox “Project Scorpio”

Di acara E3, Juni 2016 lalu. Microsoft meluncurkan Xbox One S yang mana merupakan versi 40% lebih mini dari Xbox One dengan kemampuan multimedia 4K. Serta fitur lainnya seperti HDR Gaming. Serta kontroler baru yang lebih sesuai dengan desain Xbox One S.

Microsoft juga mengejutkan industri game sepanjang tahun ini dengan mengumumkan konsol yang baru, yang dijadwalkan rilis di akhir tahun 2017, satu tahun lebih awal. Microsoft awalnya tidak punya rencana untuk mengumumkan Project Scorpio di tahun 2016, tapi dengan tekanan yang menjulang berasal dari Sony dan PlayStation 4 Pro, maka perusahaan merasa mereka perlu untuk mendapatkan sesuatu di luar sana dan membiarkan para gamer dan developer tahu kemampuan 4K di Scorpio.


Ketika Project Scorpio diperkenalkan, memicu antusiasme gamer di seluruh dunia, dan bahkan gamer pada platform lainnya. Microsoft membuat konsol paling kuat konsol — bahkan lebih daripada PlayStation 4 Pro — dan memberikan 4K 60fps di kualitas tertinggi “piksel”… atau apapun itu.

Project Scorpio mungkin telah salah satu peluncuran terbesar Microsoft pada tahun 2016, dan kita tidak bisa menunggu untuk melihat apa yang mereka rencanakan untuk platform Xbox pada 2017.

Di sela-sela E3 2016. Microsoft juga meluncurkan program Xbox Design Lab dimana anda dapat memodifikasi warna-warna kontroler Xbox One S yang tersedia dalam jutaan kombinasi. Anda juga bisa menambahkan gamertag Xbox Live anda disana.

 

Surface Studio dan Surface Dial

Microsoft mengejutkan kita dengan peluncuran Surface Studio tahun ini. Diketahui dalam beberapa waktu bahwa Microsoft tertarik dalam membuat All-in-One PC, tapi kita tidak tahu persis apa yang mereka rencanakan. Ketika penyingkapan akhirnya tiba, ia meraih ketenaran.

Surface Studio adalah salah produk All in One dirancang untuk profesional dan kreator, dan pada dasarnya menempatkan Microsoft kembali pada peta untuk profesional yang saat ini terikat dengan Mac. What’s lebih, pembukaan video menggunakan variasi dari lagu “Pure Imagination”, yang kami anggap memainkan peran dalam membuat pembukaan video, menyihir kita semua.

Dengan lebih dari 10 juta pemirsa di YouTube, penyingkapan Surface Studio adalah video pembukaan Surface paling banyak dilihat saat ini, mengalahkan video sebelumnya seperti Surface Pro 3, Surface Book dan Surface (Original) RT. Yang merupakan bukan suatu hal yang kecil dan membuat kita semua terkesan.

Hal lain yang menjadi perhatian adalah Surface Dial. Surface Dial membuat kita mengetahui pengalaman baru dalam bernavigasi dan juga memainkan peran penting dalam kreativitas kita seperti menggunakan Sketchable, BlueBeam Software, Staffpad, dan semacamnya.

Surface Dial sendiri juga tersedia untuk Surface Pro 4 dan Surface Book hanya tinggal menghubungkannya dengan Bluetooth. Hanya saja tidak seperti Studio, Surface Dial untuk Surface Pro 4 dan Book belum bisa menempel di layar.

Disamping Surface Studio dan Dial, Microsoft menyempatkan untuk memberi update untuk Surface Book yaitu Surface Book Performance Base. Dengan Baterai 30% lebih panjang dayanya, peforma grafis naik 2X. Membuatnya lebih pas ditujukan ke para pengguna yang ingin lebih produktif dan kreatif.

Inilah kemajuan Microsoft sepanjang 2016. Tentunya di 2017 akan lebih banyak hal mengagumkan yang akan hadir 😉

Apakah pandangan kalian soal Microsoft di 2017 ini? 😀

 

  • Aminoedhin L Hafiez

    panjang ni artikel…

  • Nawi

    Surface maju terus.
    #KapanBisaBeli

  • ad galiih

    Kaya baca surat kabar bang. Hahahaha

  • Dirga Wahyu Adiaksa

    ???