Microsoft memang terlihat berhubungan erat dengan Qualcomm untuk menghadirkan solusi pengalaman baru di Windows 10 bagi pengguna. Seperti, keunggulan prosesor Snapdragon yang dapat sangat menghemat baterai tanpa berpengaruh ke kinerja serta dukungan LTE-A.

Hanya saja, ternyata, tidak hanya Qualcomm saja yang Microsoft ajak untuk turut bergabung di Windows 10 on ARM. Tapi, Nvidia juga menjadi pihak yang diajak untuk bekerjasama. Nvidia sendiri sebelumnya ikut dalam upaya Microsoft mendorong Windows RT beberapa tahun lalu, tapi tidak begitu diminati produsen Windows lainnya.

Itulah mengapa, Nvidia kali ini akan melihat bagaimana respons pasar terhadap PC Windows on ARM dari Qualcomm dulu. Bila responsnya bagus, mereka juga akan meramaikan produk Windows 10 on ARM. Meskipun, saat ini situasinya berbeda, karena Windows 10 on ARM tidak sama dengan Windows RT yang disebabkan Windows 10 on ARM dapat menjalankan fungsi dan aplikasi layaknya Windows 10 pada umumnya.

Selain itu, Fudzilla juga memberitakan bahwa Samsung dengan Exynos miliknya juga akan meramaikan produk Windows 10 on ARM. Meskipun belum diketahui kapan hal itu akan terjadi, atau mungkin Samsung juga bersikap samaseperti Nvidia yang cenderung wait and see.

Kini semuanya tergantung bagaimana Microsoft dan Qualcomm memaksimalkan potensi Windows 10 on ARM. Dimana, kita sepertinya akan mulai mendengarnya di acara Qualcomm Tech Summit, 5 Desember nanti. Kemudian, berlanjut ke peluncuran produk Windows 10 on ARM yang mungkin dimulai pada penghujung tahun atau awal tahun depan di CES 2018.

Nah, bagaimana tanggapan dari pembaca sendiri? Apakah kalian juga tertarik menggunakan produk Windows 10 on ARM? 😉

 

 

  • Randhika

    Kalo udah ada yang jual di pasaran, pengen rasanya mereview kaya apa impresinya 🤔

    • Krista

      Bro Randhika Imawan Sudah Beli Microsoft Surface nih? 😝

  • Andriy Andriy

    Maknyuss lah, yg pnting stlh itu smoga bnyk develpr game/app brdatangan soalnya percuma klo msh sepi dukungan toh windows on Arm cuma bisa insatll app/ game via bursa aja kecuali bisa insatll file exe gk mslh

    • Marc Vuorinen

      Coba dibaca lagi ya, Windows 10 on ARM beda dengan WP dan WRT karena bisa menjalankan semua aplikasi dan fungsi full Windows 10 😉

      • Dhein Batandosh

        Ya,, betul mas Marc Vuorinen