Barusaja Microsoft memasarkan distribusi perangkat buatan mereka, Surface Laptop pada hari Kamis yang lalu. Perangkat Surface Laptop ini menggunakan sistem operasi Windows 10 S secara pabrikan dan dengan arti pengguna tidak dapat mengunduh dan memasang aplikasi maupun permainan yang bukan dari Windows Store. Microsoft juga menawarkan untuk pengguna Windows 10 S agar dapat memperbarui ke Windows 10 Pro secara gratis hanya untuk tahun ini serta pengguna dapat menggunakan semua fitur secara penuh pada Windows 10 Pro di perangkat Surface Laptop nya.

Microsoft mengatakan bahwa Windows 10 S lebih efisien daripada Windows 10 Pro, dalam arti Windows 10 Pro dapat menghabiskan baterai lebih banyak daripada Windows 10 S. Jika kalian memperbarui sistem operasi di Surface Laptop kalian ke Windows 10 Pro dari Windows 10 S tapi kalian tidak senang dengan performa dan daya tahan baterainya, mungkin kalian ingin kembali ke Windows 10 S. Sebelumnya Microsoft tidak memperbolehkan pengguna Windows 10 S kembali ke Windows 10 S dari Windows 10 Pro setelah melakukan proses pembaruan. Namun sekarang ini, kalian pengguna Surface Laptop bisa kembali ke Windows 10 S dari Windows 10 Pro.

Microsoft barusaja merilis berkas Recovery Image secara resmi untuk perangkat Surface Laptop yang secara teknis dapat digunakan untuk kalian jika ingin kembali ke Windows 10 S dari Windows 10 Pro tetapi kalian diharuskan untuk menghapus semua berkas, salah satu hal yang memusingkan kepala bagi yang tidak mau menghapus berkas penting di perangkatnya. Kalian dapat langsung mengunduh berkas Recovery Image untuk memulihkan Surface Laptop kalian dan kembali ke Windows 10 S. Berkas Recovery Image ini berukuran 9 GB, jadi pastikan bahwa kalian siap dengan koneksi Internet yang tinggi dan yang terpenting “KUOTA” bagi pengguna Internet dengan paket data untuk mengunduhnya.

Jika kalian pengguna Surface Laptop yang ingin kembali ke Windows 10 S, kalian dapat mengunduh berkas Recovery Image disini.

Deviko Kelvin
Samuel Deviko Kelvin Setiawan. 99's asal Semarang. Penulis Konten di situs resmi WinCamp Indonesia serta partisipan program Microsoft Student Partner.