Windows 10 Fall Creators Update yang telah dirilis resmi beberapa waktu yang lalu, tak hanya dirilis begitu saja namun dirilis secara bertahap, bergilir dan memiliki fase.

Pembaruan mayor keempat dari Windows 10, yaitu Windows 10 Fall Creators Update telah dirilis resmi untuk publik beberapa waktu yang lalu. Tidak diherankan lagi bahwa pembaruan ini tersedia secara bergilir seperti pada pembaruan-pembaruan mayor sebelumnya. Lalu dalam benak kalian, apakah kalian pernah memiliki pertanyaan “Mengapa pembaruan ini dirilis secara bergilir dan tidak serentak di semua perangkat Windows 10?” Jawabannya adalah disamping waktu dunia yang berbeda dikarenakan efek dari zona waktu bumi, serta perilisan resmi pembaruan baru Windows 10 biasanya berdasarkan pada waktu Redmond Campus yaitu markas dari gedung pusat Microsoft itu sendiri yang berada di Redmond, WA, Amerika Serikat dengan waktu UTC -7 atau sekitar 14 jam dibelakang waktu Indonesia Bagian Barat.

Disamping itu, juga berikut penjelasan mengenai fase bergilir yang disebut “Phased Rollout Approach

Phased Rollout Approach

Untuk bagian rilis publik, Microsoft terlebih dahulu akan merilis pembaruan mayor Windows 10 ke perangkat-perangkat terbaru dan yang sudah diuji coba oleh Microsoft serta pabrikan vendor yang terkait sesuai kerjasama. Dengan begitu, fokus dalam fungsional serta perangkat pendukung sangat difokuskan dan semua umpan balik sangatlah berguna bagi Microsoft seperti pada perangkat fitur Bluetooth hingga Kamera yang ada di perangkat-perangkat baru. Hal ini sangatlah penting jika umpan balik yang dikirim kan untuk memperbaiki dan meningkatkan fitur pada Windows 10 mengenai dukungan aplikasi, kompatibilitas aplikasi, serta berjalannya fitur baru Windows 10 pada perangkat-perangkat baru dengan ekosistem yang menakjubkan. Jika hal tersebut telah dikonfirmasi dan selesai, maka Microsoft berlanjut untuk merilis pembaruan mayor Windows 10 ke perangkat komersial.

Sebelumnya, pembaruan mayor baru Windows 10 akan terlebih dahulu dirilis dan diuji kepada anggota Windows Insider, yang mereka sebut Fans, Early Adopters. Mereka yang berada pada fase pertama ini ialah para anggota Windows Insider dan Windows Insider for Business. Dengan begitu umpan balik yang dikirimkan oleh para anggota Windows Insider sangat berguna untuk penyempurnaan pembaruan mayor Windows 10 untuk dapat lebih memuaskan dan sempurna saat dirilis kepada pabrikan vendor OEM (atau yang biasa disebut Release to Manufacturing/RTM) hingga dirilis kepada pengguna publik yaitu kalian semua.

Diatas adalah sebuah diagram perilisan Windows 10 Fall Creators Update sebagai contoh mengenai Phased Rollout Approach.

Bagaimana? Apakah kalian sudah cukup mengerti dan paham bagaimana proses perilisan setiap pembaruan mayor Windows 10? Ini adalah sebuah penjelasan pendek dan ringkasan mengenai Phased Rollout Approach yang diterapkan di pembaruan-pembaruan mayor Windows 10.

Deviko Kelvin

Samuel Deviko Kelvin Setiawan. 99’s asal Semarang. Penulis Konten di situs resmi WinCamp Indonesia serta partisipan program Microsoft Student Partner.

  • Ewing

    mantap, go go go microsoft! go go go wincamp!
    kembangkan terus windows dan pertahankan posisi sbg OS terbaik di dunia!