Image result for polaris star

Kita semua mungkin telah mendengar soal “Andromeda OS” atau Windows Core OS. Nah, kini mulai ada informasi baru yang terkuak, yaitu “Polaris”.

Windows Core OS yang merupakan masa depan Windows 10 (Ingat! ini bukanlah pengganti Windows 10, tapi perubahan besar di Windows 10) adalah upaya untuk membuat Windows 10 lebih fleksibel dan modular. Fleksibel dan modular disini bisa tergantung dari produsen Windows yang membuat perangkatnya dan juga kebiasaan pengguna. Jadi, ini dapat membuat Windows jauh lebih ringan karena lebih memprioritaskan kebutuhan sehingga hal yang tidak dibutuhkan, tidak terdapat disana.

Upaya-upaya yang Microsoft lakukan ini adalah membuat Windows semakin menyatu satu dengan yang lain. Untuk saat ini, Windows 10 Mobile sebenarnya lebih ke evolusi Windows Phone 8.1 ketimbang menggunakan hal yang universal seperti Start Screen “UWP” (Universal Windows Platfrom) dan semacamnya.

Ada beberapa shell dari Windows Core OS ini, yaitu:

  • Aruba – Aruba adalah Windows Core OS yang didesain spesifik untuk menunjang kebutuhan pengguna layar super besar seperti Surface Hub.
  • Oasis – Oasis adalah Windows Core OS yang didesain spesifik untuk kebutuhan produk Mixed Reality dan mungkin juga HoloLens, karena Microsoft ingin membuat keduanya lebih rekat pengembangannya.
  • Polaris – Polaris adalah Windows Core OS untuk pengalaman desktop yang benar-benar modern dikarenakan semuanya, termasuk komponennya akan berbasis “UWP”. Beberapa menu atau fitur yang sangat jarang digunakan, seperti hal-hal fitur atau tampilan dari Windows jadul akan dihilangkan. Hilangnya hal-hal yang merupakan ciri Windows lawas ini, tidak akan begitu disadari konsumen. Microsoft sendiri juga tengah mengerjakan sebuah solusi dalam mengatasi hal ini.
  • Andromeda – Andromeda adalah Windows Core OS untuk pengalaman mobile yang maksimal. Menggunakan komponen “UWP” sepenuhnya, serta semua fitur unggulan Windows 10.
  • Belum ada informasi soal kodenama proyek Windows Core OS untuk Xbox dan Internet of Things.

Ditemukan juga elemen Win32 dalam Windows Core OS yang sepertinya untuk hal-hal yang berkaitan dengan grafis-grafis yang tidak termasuk “UWP”.

Jadi, Apa Maksud Semua Ini?

Image result for universal windows platform

Produk hardware baik dari Microsoft maupun produsen lainnya dapat menggunakan satu atau lebih shell yang tersedia. Membuat mereka sebagai produsen hardware dapat lebih cepat terdorong untuk menciptakan kategori produk dan pengalaman baru bagi konsumen. Surface “Andromeda” bisa saja menggunakan Polaris dan Andromeda itu sendiri yang dirancang untuk mobile. Pengguna Windows 10 S dikabarkan akan menjadi yang pertama dalam segmen PC untuk mendapat update ini. Hal ini wajar dikarenakan Windows 10 S hanya dapat menggunakan layanan dari Microsoft Store saja, jadi untuk melakukan modernisasi lebih pas untuk dimulai dari Windows 10 S.

Microsoft sepertinya ingin memiliki flagship untuk setiap shell yang ada, jadi mungkin akan ada Surface Aruba (Surface Hub 2), Surface Andromeda (produk mobile layar lipat), dan Microsoft Oasis (HoloLens 2?).

Kapan Meluncur?

Surface Note Concept (Ryan Smalley on Behance)

Semua rumor sepertinya konsisten bahwa gelombang pertama produk Windows Core OS akan dimulai pada peluncuran Redstone 5 di akhir 2018 mendatang. Produk unggulan pertama yang menggunakannya adalah Surface “Andromeda” yang merupakan mobile-PC futuristik. Mereka bisa saja juga akan meluncurkan update besar ini dalam Redstone 5 bagi pengguna PC seperti Windows 10 S dan juga Surface Hub.

Kemudian, akan disusul untuk desktop Windows 10 Home dan Pro, Xbox, Mixed Reality dan HoloLens di 2019. Kemungkinan dalam major update Redstone 6 dan 7.

Rencana Microsoft dapat berubah sewaktu-waktu, tapi bila kita lihat informasi yang beredar, tampaknya mereka akan konsisten dalam rencana ini.

Sekarang, apakah komentar kalian terkait kabar ini? 😉

 

 

  • Ewing

    kebangkitan windows 10 mobile di depan mata, ane yakin utk kali ini bakal jossss!

    • Geo

      fans beratnya microsoft, ya? @Ewing 😏

  • fajar krisna prahadi

    Awal gebrakan bagus untuk merubah segmen mobile menjadi lebih fleksibel.
    Jadi produktifitas para pengguna dapat berkembang semakin pesat.
    Intinya, lifestyle >< productivity = balance.