wp_ss_20160726_0002

IMO Messenger adalah sebuah aplikasi yang menyediakan layanan kirim pesan teks, gambar/foto,audio, stiker & emotikon, dan sekaligus melakukan panggilan audio dan video ke sesama pengguna IMO seluruh dunia secara gratis. Ya, gratis sepenuhnya.

IMO Messenger yang sudah ada sejak 2013 ini (konon katanya) telah populer di Android dan iOS dan sejak kepopulerannya di 2 platform tersebut, tidak ada tanda-tanda pihak perusahaan pengembang akan memunculkannya di Windows Phone.

Dan akhirnya… Belum genap seminggu yang lalu akhirnya aplikasi “perpesanan” gratis ini hadir juga secara resmi di Windows Store, bukan hanya untuk Windows 10 Mobile, namun juga untuk Windows Phone. Bagi kamu yang suka chatting menggunakan aplikasi ini, tentu ini merupakan kabar gembira buatmu.

Namun “kenyataan” tidak sesuai harapan. Yang disebut-sebut “kabar gembira” itu ternyata tidak membuat gembira para pengguna Windows Phone (dan Windows 10 Mobile). Aplikasi yang benar-benar “masih anget” di Bursa itu malah bikin kecewa dan menjengkelkan para pengguna ponsel Windows. Apa pasal?

Memang IMO (langsung, asli dari IMO-nya, bukan pihak ketiga) secara resmi telah meluncurkan aplikasi Windows Phone dan Windows 10 Mobile nya. Dan aplikasi tersebut sudah tersedia di Bursa untuk siap disantap ?. Dan pula tidak ada kendala sedikit pun dalam proses mengunduh dan sekaligus memasangnya. Lancar jaya-lancar jaya saja. Namun apa yang terjadi setelah beres dipasang?

Ini saya alami sendiri langsung. Karena tertarik ingin menjajal aplikasi “pendatang baru” di Bursa ini, begitu mendengar kabar sudah tersedia di Bursa, saya langsung men-download+meng-install nya. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, proses download+install lanjay, tidak ada hambatan. Namun ketika me”launch” aplikasi untuk pertama kalinya, seperti halnya aplikasi-aplikasi & game lainnya, muncul “splash screen” logo IMO di layar Lumia, lalu muncul peringatan untuk mendaftarkan nomor ponsel kita yang akan digunakan untuk aplikasi ini, saya langsung ketik nomor ponsel saya. Lalu muncul peringatan ⚠ “Kami telah mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel Anda yang terdaftar”.

Apa reaksi saya? Kalian pun pasti bisa menebak kan. Tentunya saya pun menunggu kode tersebut masuk ke nomor ponsel saya ‘kan? Nah, maka saya tunggu kode tersebut datang ke ponsel. Detik demi detik, menit demi menit berlalu namun tidak ada satu pun SMS masuk yang membawa kode verifikasi dari IMO. Halaahh… Sampai satu jam, sampai 2 jam. Ponsel Lumia kesayangan tak bergeming. Tidak ada kode yang masuk. Saya pun sampai mencoba mengetik ulang nomor ponsel saya untuk didaftarkan ulang (saya berpikir, mungkin saya salah ketik nomor tadi), kali ini saya memastikan dan benar-benar yakin 1000% persen kalau saya tidak salah ketik, lalu mengirimkannya ke IMO. Dan lalu sama saja seperti tadi, muncul peringatan bahwa “”Kami telah mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel Anda yang terdaftar”. Lalu saya tunggu kembali kedatangan nomor kode verifikasi tersebut. Alaah mak, ternyata tetep aja sama aja kayak tadi, kode yang ditunggu-tunggu Sampe berjam-jam tidak kunjung datang jua. Bahkan saya sampai mengulang-ulang sampai 5x proses mengetik nomor ponsel saya, mengirimkannya ke IMO, lalu menunggu kode verifikasi masuk. Tapi tetap aja nasibnya sama kayak tadi.

Setelah saya buka forum-forum Lumia, ternyata saya tidak sendirian. Ternyata banyak pengguna (di seluruh dunia loh) yang mengeluh dalam hal penerimaan kode verifikasi setelah instalasi aplikasi berhasil. Lalu apa gunanya aplikasi ini diinstal? ?

Untungnya perusahaan pengembang aplikasi ini berbaik hati. Tepat kemarin pagi perusahaan merilis update untuk memperbaiki masalah kode verifikasi setelah menerima feedback banyak keluhan dari pengguna. Setelah update ini, pengguna (termasuk saya juga) akhirnya dapat menerima kode verifikasi dalam hitungan detik untuk menyelesaikan proses aktivasi aplikasi IMO Messenger di Windows Phone dan Windows 10 Mobile.

IMO Messenger tidak lebih dari sekedar aplikasi chatting biasa, layaknya WhatsApp, LINE, Skype, dll. Tapi tidak seperti aplikasi messenger sejenis, keunggulannya IMO ini adalah kamu bisa menggunakan multi-akun medsos+chat sekaligus dalam 1 aplikasi. Artinya, dengan IMO ini kamu bisa menggunakan akun Facebook, Twitter, WhatsApp dan lainnya sekaligus. Jadi ketika ada pesan masuk dari berbagai jaringan sosial tersebut, kamu tidak perlu membuka banyak aplikasi, cukup kamu buka IMO saja.

 

Tapi itu hanya berlaku di Android+iOS (katanya, sih). Yang terjadi di Windows 10 Mobile & Windows Phone justru sebaliknya. Yang saya rasakan kemarin setelah update aplikasi ini, menerima kode verifikasi, melakukan verifikasi kemudian membuka halaman per halaman aplikasi ini. Saya sedikit kecewa dengan “miskin”nya fitur-fitur di dalamnya. Sangat minim sekali fiturnya. Bahkan bisa dibilang kalah jauh ama aplikasi chat mobile sejenis. Walaupun aplikasi ini tidak melupakan “kodratnya” yang fungsinya untuk ngobrol via teks gratis dan panggilan audio&video gratis. Dengan kata lain walaupun minim fitur, kamu bisa tetap chat+call gratis lewat IMO.

Aplikasi hanya menyuguhkan 2 halaman/tab, pertama halaman Chat, dan yang keduanya Contacts (persis seperti WhatsApp). Halaman pertama yakni Chat akan ditampilkan seperti ini ?. Kamu akan menemukan halaman kosong (ya jelas lah, orang masih baru pertamakali ?) dan di atasnya ada tulisan “Invite friends” untuk mengundang teman-temanmu –via SMS– agar pake IMO juga, dan “Add highlights”. Dan di bawahnya ada deretan 3 ikon gir (pengaturan), kamera dan pencarian.

wp_ss_20160726_0014

Kemudian scroll ke kiri, kamu akan berhadapan dengan halaman Kontak. Sama halnya WhatsApp juga dan Telegram, kamu akan otomatis mendapat teman dan mereka langsung nongol di halaman daftar kontak IMO kamu, apabila mereka juga sama-sama menggunakan IMO. Tapi kalau kamu belum memperoleh teman satupun, kamu akan menemukan halaman Kontak yang kosong, hanya diisi dengan tulisan “Invite friends” untuk mengundang teman-temanmu –via SMS– agar pake IMO juga, dan “Create grup” untuk membuat grup chat. Di samping masing-masing nama kontak, ada ikon video ? yang gunanya untuk jalan pintas video call.

wp_ss_20160726_0016

Ketika kamu klik salah satu kontak, kamu akan disuguhi halaman info kontak kamu, juga Ikon ? terpampang di pojok kanan atas, persis di samping nama kontak. Juga ada opsi menambahkan/tidak menambahkan kontak ke favorit, lihat koleksi foto, dan hapus kontak.

wp_ss_20160726_0040

 

Lalu di halaman profil kamu seperti di bawah ini. sayangnya kamu ngga bisa memasang gambar profil kamu sendiri.

wp_ss_20160726_0019

 

  • Renita Anggraini

    Kenapa ya imo saya tiba2 nginvite sendiri dan terus mengulang, padahal saya gak.pernah klik tombol invite friend, mohon pencerahan nya soalnya ngeganggu banget sms nya gak sekali tapi berulang ulang

  • devi

    kalo maksud dari dissappearing messages yg timbul di kolom chat kontak it apa yaa?

  • Andy

    Hp htc m8 ko gak ada suara kalau pake apk imo saat video call?
    Mihon pencerahanya agan2..
    Thanks..

  • Rizki yulida

    Kalo mksd dr lambang wrna kuning dan hijau d nama kontak itu apa ya?

    • Yang kuning seperti lingkaran jam itu berarti lagi offline, kalau yang hijau berarti online, gan

  • Dony Ari Putra. S

    Mungkin utk sebuah app baru ya wajar aja klo minim, sma kaya LINE UWP

    • Andri Desmana

      agree

  • Andri Desmana

    Fiturnya masih minim yak

  • Hilal R G

    Pengguna Windows Phone sudah biasa digituin sama developer. Untung app buatan Microsoft lebih full support dan kaya fitur.

    • MADUN

      Hihi iya Bener gan ?