Microsoft hari ini memperkenalkan Surface Pro (2017) baru. Disisi desain terlihat identik dengan Surface Pro 4. Namun, sudut dibuat lebih melengkung untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Microsoft juga menyebut ini merupakan Surface Pro yang paling ringan.

Microsoft sendiri juga tetap menggunakan konektor yang sama ala Surface Pro 4, memastikan dukungan yang sama untuk urusan aksesoris di Surface Pro baru. Hal seperti Display Port dan juga USB Type-A. Tapi Anda bisa menggunakan USB Type-C di Surface Dock baru.

Hal yang menarik disini adalah adanya “Studio Mode” ala Surface Studio dimana kini engsel Surface Pro bisa dibuat serendah 15-20 derajat. Kemudian ada juga dukungan Surface Dial on Screen persis seperti Surface Studio. Jadi bisa dibilang Surface Pro baru ini juga merupakan versi mini dari Surface Studio.

Disamping itu Microsoft juga memperkenalkan Surface Pen baru yang memiliki pressure level paling tinggi dikelasnya. Selain itu Microsoft mengklaim menjadi stylus tercepat didunia. Ada juga tilt sensitivity di Surface Pen generasi baru ini. Hal ini membuat pengalaman Windows Ink jauh lebih hebat dibanding sebelumnya.

Surface Pro baru ini juga nyaris 2X lebih cepat dari iPad Pro meskipun dengan full Windows 10 Pro dimana iPad menggunakan OS untuk Mobile. Hal ini bisa jadi bila dibandingkan dengan varian base-level dari Surface Pro baru, apalagi kalau varian high-end nya. Tentu semua ini berkat prosesor Intel Core Kaby Lake.

The new Surface Pro (MSFT/MSPU)

Hal menarik lainnya adalah adanya dukungan 4G LTE-Advanced di Surface Pro baru ini hanya saja mulai dijual di akhir tahun. Ditambah lagi dengan daya tahan baterai 13.5 jam menjadikannya lebih tahan lama dibanding kebanyakan model MacBook yang tersedia dan 50% lebih tahan lama bila dibanding Surface Pro 4.

The new Surface Pro

Untuk harga mulai $799/10.6 jutaan dalam versi base-model Intel Core m-3 7th gen.

Untuk Surface Pen kini dijual terpisah mulai $99/1.3 jutaan.

Kemudian Alcantara Type Cover mulai $159/2.1 jutaan dalam warna platinum, burgundy, cobalt blue. Sementara untuk Type Cover non Alcantara-mulai $129/1.7 jutaan dalam warna hitam saja.

Semua tersedia pada 15 Juni dan Pre-order tersedia mulai hari ini di 26 Negara. (Wah! sayangnya lagi-lagi belum ada Indonesia).

Nah apa pandangan kalian soal Surface Pro baru ini? 😀

  • @FahruRawhaf

    Hmm.. Laptop tapi punya slot SIM untuk telpon, sms, ber-chatting ria dengan nomor telepon (operator seluler). Wow keren abis ^_^

    • Marc Vuorinen

      Untuk telepon sepertinya tidak tapi untuk koneksi internet 4G/LTE-A bisa 😉

    • Radial

      Mantab Bro

    • Itu e-sim bro… Ga bada slot sim card nya.. Sim embeded.