Melihat komentar-komentar yang dilihat lewat berbagai akun sosial seperti YouTube, Facebook, Twitter, dan Instagram. Kebanyakan komentar-komentar negatif yang muncul adalah soal Surface Laptop dengan keyboard fabric dari Alcantara.

Microsoft mendeskripsikan soal hadirnya Alcantara di keyboard lini Surface dengan pernyataan: “Usia indah (tahan lama), tumbuh lebih kaya dan lebih gelap dari waktu ke waktu, dan sangat lembut untuk disentuh.”

Microsoft sebenarnya memberi pembaruan untuk keyboard fabric Alcantara di Surface Laptop bila dibanding Type Cover Alcantara di Surface Pro 4 dan Surface Ergonomic Keyboard. Namun, kita dapat melihat review dari Microsoft dan Amazon sebagai referensi. Di Microsoft Store, Surface Signature Keyboard untuk Surface Pro 4 mendapat rating 4.3 dari 5 sementara di Amazon mendapat rating 4.6 dari 5. Sungguh angka yang tinggi bukan?

Surface Ergo keyboard

Daniel Rubino yang merupakan Executive Editor di Windows Central mengatakan: “Keduanya masih bertahan dengan baik, saya tidak memiliki masalah dengan noda dari telapak tangan saya. Masih nyaman dan sama sekali tidak ada masalah sama sekali.” 

Gabriel Aul yang sudah menggunakan Surface Laptop selama 2 bulan terakhir dengan pemakaian minimal 6 jam mengatakan:

Apa saran dari Microsoft? Lebih sering untuk membersihkan Type Cover Anda. “Untuk membersihkan keyboard, bersihkan dengan kain bebas serat yang dibasahi dengan sabun dan air ringan. Jangan gunakan cairan langsung ke Surface Anda. Lakukan ini sering untuk menjaga Touch Cover atau Type Cover Anda tampak hebat.”

Nah kini tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi untuk menggunakan produk Surface dengan keyboard Alcantara yang sangat premium. Produsen material yang bahkan dipercaya oleh merk mobil high-level terkemuka didunia.

Nah sekarang bagaimana pendapatmu? Masih adakah yang perlu dikhawatirkan lagi?