Microsoft telah mengumumkan update July 2016 untuk Windows App Studio yang membawa angin segar bagi developer, bahkan orang awam sekalipun. Update kali ini membawa fitur baru sebagai berikut :

1. Community-driven API Gallery
2. Custom API sharing
3. Collections limit increase
4. Favorites in pivot apps

Apa sih maksudnya? Mari kita telaah bersama! ☺

Tempo hari Microsoft telah membawa angin segar bagi developer dengan dukungan REST API di Windows App Studio, hal ini terbukti mendorong keinginan developer untuk mengembangkan aplikasi UWP, karena pada dasarnya fasilitas ini bisa dinikmati hanya untuk Windows 10 (Mobile, Desktop, Hololens, Xbox, dll).

Bagaimana dengan Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 ke bawah? Tenang, bisa dikonversi ke versi Windows 8.1 dan Windows Phone 8.1 via Visual Studio 2015, toh code-nya sama.

Apa kaitannya dengan REST API? Ya tentu saja berkaitan dong. Community-driven API Gallery adalah koleksi REST API yang sudah disatukan untuk memudahkan kita membuat aplikasi UWP, jadi tidak perlu mencari API secara manual.

Memangnya apa saja yang tersedia di Community-driven API Gallery? Banyak, diantaranya adalah :

1. Spotify
2. Bandsintown
3. SoundCloud
4. Mixcloud
5.TwitchTV
6. NASA
7. Microsoft Cognitive Services

dan masih banyak lainnya. ☺

Katanya orang awam bisa membuat aplikasi UWP di Windows App Studio, bagaimana distribusinya? ‘kan tidak ada account Windows Store? Gampang, kamu cukup download package-nya setelah jadi, lalu distribusikan di luar Windows Store untuk diinstall dengan Windows App Studio Installer atau deploy sendiri. Mudah ‘kan ? ☺

Sudah tidak jaman merasa sulit membuat aplikasi UWP, banyak orang mengatakan sulit, tapi kenyataannya mudah, kamu sendiri saksinya.

Mari membuat aplikasi UWP dan bantu Pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan masalah dengan teknologi. ☺ *****

 

Sumber: Microsoft Lovers Fans Page

  • Dony Ari Putra. S

    Tunggu developer besar indo beraksi