A new look for Action Center

Microsoft hari ini resmi meluncurkan Build 16215 untuk PC dan 15222 untuk Mobile. Dimana untuk PC, kali ini Microsoft menghadirkan banyak sekali fitur dan peningkatan baru. Build ini tersedia bagi Insider Fast-Ring.

Perubahan besar pertama adalah tampilan baru untuk Action Center, yang telah didesain ulang dengan bagian terpisah untuk aplikasi. Ini tentu terlihat jauh lebih baik, dan mengelompokkan notifikasi secara bersamaan dengan cara yang lebih sesuai untuk perangkat, aplikasi, dan tempat lain.

Pin websites to your taskbar with Microsoft Edge!

Anda sekarang dapat menambahkan situs web favorit Anda ke taskbar dalam pembaruan Windows 10 terbaru ini. Tentu saja, begitu mereka ditambahkan, mereka akan membuka browser Microsoft’s Edge. Namun, fitur situs yang disematkan juga hadir kembali setelah mendengar feedback dari pengguna Windows 10.

Microsoft juga memperbaiki animasi untuk tab baru di Edge, membuat beberapa hal menjadi sedikit lebih cepat. Cortana juga terlihat mengalami beberapa perubahan, dengan kemampuan asisten digital untuk meminta pengingat lewat memindai gambar (dengan seizin Anda) untuk hal-hal seperti acara.

Akses Full Screen di Microsoft Edge jauh lebih mudah dengan tekan F11 dan klik ikon expand/perluas. Kemudian Anda juga bisa kembali dengan mudah yaitu tekan F11 lagi kemudian klik ikon restore. Hal yang membuat pengalaman Microsoft Edge terutama untuk pengguna tablet lebih nyaman.

Use the new lasso tool to circle the relevant information and Cortana will recognize the time, and offer suggested follow-ups through a context menu.

Jika Anda telah mengambil foto sebuah poster, Cortana kemudian dapat membuat pengingat itu. Cortana juga memiliki fitur laso baru yang memungkinkan pengguna stylus melingkari konten untuk membuat pengingat untuk hal-hal seperti film. Untuk fitur ini stylus Anda perlu memiliki dukungan tekan dan tahan seperti Surface Pen.

Mungkin perubahan terbesar yang sedang difokuskan Microsoft adalah dengan dukungan stylus Windows 10. Panel tulisan tangan telah dirombak dengan lebih banyak gestur, editing yang lebih baik, emoji, dan deteksi tulisan tangan otomatis.

Saat Anda menulis dengan kata-kata pena secara otomatis dikonversi menjadi teks, dan kata-kata akan bergeser sehingga Anda bisa terus menulis. Anda juga dapat memilih teks untuk mengeditnya, dan melakukan koreksi terhadap teks yang diubah menggunakan gestur tinta. Scrolling dengan pen juga bisa digunakan.

We can now tell you where you were when you last inked on your computer.

Anda dapat mencoret, menggoreskan, join, atau split dengan gestur, dan panel tulisan tangan juga menyertakan akses cepat ke emoji dan simbol. Panel tulisan tangan akan melayang secara default sekarang di sebelah tempat Anda menulis, dan Anda bahkan dapat menggunakan stylus untuk hadir di aplikasi dan situs web sekarang. Microsoft bahkan menambahkan opsi “temukan pena saya”, yang akan menunjukkan tempat Anda berada bersama perangkat saat terakhir menggunakan pena.

Di tempat lain, Microsoft akhirnya mempermudah memasukkan emoji ke email atau pesan media sosial. Shortcut keyboard + winkey + titik / pintas baru akan menghadirkan panel emoji baru di mana Anda dapat memilih emoji yang paling tepat untuk pesan Anda.

• Write as much as you want in the panel with the new conversion & overflow model!

Microsoft juga menambahkan keyboard sentuh baru untuk pengguna desktop dan tablet Windows 10, dengan prediksi, saran emoji, masukan satu tangan, dan penulisan bentuk dengan jari atau stylus Anda. Dikte juga telah ditambahkan ke keyboard, jadi Anda bisa mendikte teks atau menggunakannya untuk perintah pengeditan dasar. Dikte telah ada di Windows selama bertahun-tahun. Namun, sangat menggembirakan melihat Microsoft memindahkan ini ke area yang lebih masuk akal.

Di samping perubahan yang lebih besar ini ada beberapa tweak yang lebih kecil ke Windows 10 secara keseluruhan. Fitur link copy baru di halaman share baru memudahkan untuk berbagi link, dan ada dukungan yang lebih baik untuk monitor HDR dan kemampuan untuk beralih antar publik dan privat dengan mudah untuk koneksi jaringan.

Ada banyak perubahan dan perbaikan kecil lainnya yang tercantum dalam posting blog Microsoft dan semuanya akan disambut oleh pengguna Windows 10 biasa. Ini adalah salah satu penambahan fitur yang lebih besar pada preview Windows 10 yang dibangun selama beberapa bulan sekarang saat Microsoft menuju rilis September untuk Fall Creators Update.

Perbaikan untuk Mobile

  • Tanggal kini lebih tepat menunjukkan 2017
  • WhatsApp yang tidak dapat dibuka kini telah diperbaiki
  • Peningkatan kualitas terhadap sambungan dengan device yang menggunakan bluetooth seperti Fitbit dan wireless headset/headphone
  • Peningkatan kualitas Continuum
  • Perbaikan masalah notifikasi yang saling berbagi antara ponsel dan PC
  • Perbaikan serta peningkatan pengaturan Time & Language

Untuk bug tidak ada yang serius. Hanya saja pengguna WeChat mungkin akan mengalami crash ketika menggunakannya.

Sebagai tambahan, seperti yang diperkirakan, tidak ada hal besar untuk Mobile. Mengingat fokus penuh Microsoft dalam “Windows Mobile” baru. Dimana diharapkan meluncur pada akhir 2018 mendatang. Tentunya dengan perangkat baru 😉

Nah apa pandangan kalian? Apa yang membuat kalian tertarik? 😀