Image via Forbes

LINE aplikasi pesan instan yang sudah diketahui oleh banyak pengguna gadget di hampir seluruh dunia, tapi tahu gak sih siapa orang dibalik kesuksesan LINE ?. Lee Hae Jin adalah orang dibalik terciptanya aplikasi multifungsi ini. Wincamp akan sedikit mengulas kisah Lee Hae Jin dalam mendirikan LINE.

Lee Hae Jin adalah seorang berkebangsaan Korea Selatan, ia lahir pada 14 november 1967, ia menempuh pendidikan di Universitas Seoul National dan meraih gelar sarjana Teknik. Sebelum mendirikan aplikasi LINE, ia meneruskan pendidikan masternya di Korea Advanced Institute. Setelah menyelesaikan masternya, Lee meniti karir di Samsung SDS, anak usaha dari Samsung.

Selepas dari Samsung Lee Hae Jin mendirikan perusahaan nya sendiri bernama Naver (Naver adalah mesin pencari di Korea) yang menjadi cikal bakal dari terciptanya LINE. LINE bukanlah nama awal dari aplikasi pesan instan ini, Lee Hae Jin sebelumnya menggunakan nama Next Human Network (NHN). Nama LINE sendiri terinspirasi dari orang-rang yang sedang mengantri untuk menggunakan telepon umum di korea.

Kemudian pada tahun 2011 Lee berhasil meluncurkan versi awal aplikasi nya ke publik untuk pengguna Android dan iOS di Jepang. Hanya dalam waktu 19 bulan, LINE sudah memiliki 100 juta pengguna. LINE pun mengalahkan Facebook dan Twitter yang membutuhkan 54 bulan dan 49 bulan untuk mencapai 100 juta pengguna. Kini, LINE juga tersedia untuk PC Windows 10 yang tetap mempertahankan berbagai ciri khas LINE untuk perangkat mobile.

Kantor Line Indonesia

Berkat terus melonjaknya pengguna LINE tentu berdampak pada saham Naver yang terus melonjak, begitupun kekayaan Lee. Dilansir dari Forbes, sejak november 2017 lalu Lee mempunyai kekayaan bersih senilai $1,15 miliar.

Aplikasi LINE sendiri sangat populer di Korea, LINE mengalahkan Kakao Talk yang sebelumnya menjadi aplikasi populer di korea. Selain di Korea, LINE juga mempunyai basis pasar lainnya seperti Indonesia, Taiwan dan Thailand. Kini, LINE bukan hanya menjadi aplikasi pesan instan melainkan sudah menjadi aplikasi multifungsi. LINE merambah ke online shop, lowongan kerja, komik, berita dan masih banyak lagi.

Nah! Apakah tanggapan kalian soal kisah inspiratif ini? 😀

  • Eric

    Line di w10m kaga update2 lagi.
    fitur unsent messagenya gak bisa di w10m.
    tapi kalo ada orang yang kirim chat ke kita dan di unsent, kita masih bisa liat chatnya 😂

    • Andri Desmana

      Line di windows mobile memang masig kurang banyak fitur.