Image result for big little processing

Tujuan utama Microsoft untuk menghadirkan Windows 10 on ARM adalah agar menghadirkan pengalaman yang komplit berbasis ARM dan juga dukungan untuk x86. Hal ini membuat Windows 10 akan berasa familier dengan prosesor yang telah dikenal untuk dunia mobile.

Apa Dampaknya Bagi Ekosistem Windows 10?

Menghadirkan Windows 10 ke ARM akhirnya akan membawa dukungan untuk teknologi prosesor ARM yaitu big.LITTLE. Dengan kemampuan big.LITTLE akan hadir teknologi pengoptimalan daya di mana core CPU ARM berkinerja tinggi digabungkan dengan inti CPU ARM yang paling efisien untuk menghasilkan kapasitas kinerja puncak, kinerja berkelanjutan yang lebih tinggi, dan peningkatan kinerja pemrosesan paralel, dengan kekuatan rata-rata yang jauh lebih rendah.

Teknologi ARM big.LITTLE memungkinkan prosesor mobile dirancang untuk tingkat kinerja maksimal yang baru, dalam masa pakai baterai pengguna sepanjang hari yang sama. Menurut Qualcomm, pengguna Windows 10  akan melihat keuntungan terbesar di Connected Standby. Dimana pengguna dapat mengharapkan laptop tipis dan ringan baru mereka bertahan 4-5 kali lebih lama dan memiliki kemampuan instan lebih mirip dengan smartphone daripada PC tradisional.

Di Qualcomm Snapdragon 835, satu-satunya prosesor ARM yang saat ini mendukung untuk Windows 10, ini berarti 4 dari 8 core akan berkinerja tinggi dan 4 akan memiliki daya rendah. Qualcomm mencatat bahwa karena sifat  permintaan prosesor yang tinggi (misalnya meningkat saat memuat halaman web. Namun, menganggur saat membaca halaman) keuntungan dari arsitektur penskalaan otomatis ini akan terlihat bahkan saat menggunakan PC, sepanjang hari dengan daya pakai baterai secara reguler.

Daya tahan baterai yang menjanjikan dengan Windows pada ARM juga bertambah dengan cara lain. Chipset akan lebih terintegrasi. Dimana menampilkan modem LTE gigabit, GPS, WIFI semua pada prosesor yang sama. Oleh karena itu, hal ini akanmenghasilkan pengurangan 30% ukuran papan PCB (di atas), memungkinkan OEM membuat perangkat tanpa kipas dengan baterai lebih besar.

Kapan Produk-Produk Berbasis Windows 10 on ARM Tersedia?

Produk berbasis Windows 10 on ARM akan mulai membanjiri pasaran pada akhir tahun ini, oleh HP, Lenovo, dan ASUS. Dimana PC dari mereka ini juga akan “Always Connected” berkat dukungan 4G LTE.

Nah apa pandangan kalian soal ini? Tertarik untuk membeli produk Windows 10 on ARM? 😀

  • (Not an) Anonymous

    Kira2 bisa dipake buat telpon gak ya dengan adanya dukungan ARM di W10?

    • Marc Vuorinen

      Kemungkinan sepertinya masih ada untuk produk tertentu yang akan hadir. Tapi untuk saat ini berfokus pada jaringan “Always Connected” LTE

  • Kadarus Fatahila

    Ngga sabar pengen liat produk dan pengembangannya ?

  • ブヂです

    Data cellular on windows system. Seru tuh, ngga ribet harus beli device tambahan buat akses internetnya

    • Andri Desmana

      Yoii, Always connected

  • Benny Girsang

    Saya menantikan sekali windows 10 arm ini. Mudah-mudahan aja harganya gak selangit

    • Andri Desmana

      Harga perangkat nya tidak jauh berebda dengan laptop yang ada di pasaran. Harga juga bisa disesuaikan tergantung spesifikasi nya

  • Whyu Wa

    apakah nanti jajaran surface akan menggunakan sd 835 jg?

    • Marc Vuorinen

      Sepertinya akan ada produk Surface untuk itu. Hanya saja entah masuk dalam kategori apa, untuk memamerkan kemampuan Windows 10 on ARM sama seperti Surface Laptop untuk memamerkan Windows 10 S.