Wincamp.org – Belum genap sepekan para Insider Fast Ring menikmati build 15213 di perangkat Mobile mereka. Microsoft hari ini merilis pembaruan lagi ke pengguna Insider Fast Ring. Seperti sebelumnya, hari ini Microsoft gulirkan 2 build baru sekaligus secara bersamaan, satu untuk PC dan satu lagi untuk Mobile.

Windows 10 build 16199 untuk PC dan build 15215 untuk Mobile. Untuk pengguna PC, Microsoft memberikan beberapa tambahan fitur kecil serta perbaikan mendasar pada kinerja OS. Sedangkan untuk perangkat Mobile, tidak ada fitur baru yang tersedia untuk saat ini.

Build 15215 (feature2), yang merupakan build keenam untuk RS2 feature2 Mobile. Seperti kamu lihat pada screenshot di atas, ukurannya hanya 42Mb. Sedangkan update RS3 untuk PC mengusung build 16199. Tidak ada fitur baru di Mobile, namun ada sejumlah fitur baru yang menarik di PC.

Beberapa di antara fitur-fitur baru di PC yaitu pengalaman Emoji baru di MyPeople. Selain bisa menempatkan kontak favorit kita ke taskbar, fitur baru ini membawa lebih banyak cara pribadi untuk tetap berhubungan dan berbagi dengan orang-orang terdekat kita.

Berikut ini beberapa hal yang baru untuk pengguna PC di Windows 10 build 16199 :

  • My People sekarang dapat melihat dan memberitahu ketika ada salah satu kontak dari teman kamu mengirimkan sebuah emoji.
  • My People juga sekarang dapat memberitahu pesan masuk yang belum dibaca dengan menunkan bagde berupa angka.
  • Berbagi file dari My People kini sangat mudah, pilih file yang ingin dishare ke salah satu kontak yang sudah kita sematkan di taskbar.
  • Untuk mengurangi beban menumpuk dari hasil file Download, Microsoft memberikan opsi untuk menghapusnya secara otomatis setelah 30 hari dari folder Download.
  • Integrasi Android kini lebih terlihat, seakrang kita dapat mengetahui jika ada pemberitahuan masuk dari Windows 10.

Kami akan mengulas lebih detail soal fitur-fitur baru di PC di artikel terpisah.

Sekali lagi, seperti yang saya beritahu diatas, tidak ada fitur baru yang Microsoft berikan untuk pengguna Mobile. Namun ada sejumlah perbaikan bug sebagai berikut:

Bug yang sudah diperbaiki di Mobile :

Beberapa bug yang sudah diperbaiki di build baru untuk Mobile antara lain: masalah saat audio Panggilan tidak bisa beralih ke speaker setelah mencabut headset di beberapa ponsel. Selain itu Microsoft juga telah meningkatkan daya dan kinerja untuk aplikasi, seperti Fitbit, untuk pasangan (pair), tautan, sinkronisasi, dan pemberitahuan.

Masalah yang diketahui untuk Mobile

Selain perbaikan bug di atas, kamu akan mengalami beberapa bug baru sebagai berikut:

  • Tanggal hak cipta yang salah di Pengaturan > sistem > tentang. Di situ akan menampilkan tahun 2016, padahal harusnya 2017.
  • Dalam beberapa kasus, aplikasi WeChat mungkin stuck saat dibuka.

Untuk kamu yang tergabung dalam program windows insider bisa mendapatkan build ini melalui Setting > Update & Security > Windows Update.