Sebenarnya sudah sejak 2 bulan yang lalu (kalau tidak salah) Microsoft mengentikan pemberian fitur baru untuk Windows 10 Mobile. Tidak lama setelah Microsoft merilis pembaruan Windows 10 Creator Update ke publik. Sejak saat itu setiap pembaruan yang Microsoft hadirkan tidak selaras antara PC dan Mobile nya.

Satu bulan yang lalu kami telah memberitakan mengenai tanggapan Joe Belfiore serta ditambah CEO Satya Nadela yang berbicara tentang Ponsel Windows baru. Semua perkataan mereka mungkin saja bisa benar, mengingat dalam hal ini Microsoft masih belum mengkonfirmasi tentang isu yang kian hari kian meluas.

Mengenai update feature2 yang Microsoft berikan, kami tentu berfikir Microsoft tengah mengistirahatkan OS ponsel nya untuk waktu yang tidak bisa kami perkirakan. Artinya, feature2 yang awalnya tidak mendapat update besar sementara layaknya PC kini akan menjadi waktu yang tidak ada ujung nya. Dengan kata lain Windows 10 Mobile tidak akan mendapat pembaruan besar atau fitur baru dalam jangka waktu yang lama.

Apa Artinya ini ?

Kami tidak ingin menerka hal yang tidak sepatutnya kami bicarakan, terlebih info yang kami dapat dari sumber-sumber terpercaya sudah mengisyaratkan bahwa Microsoft secara halus akan meninggalkan Windows 10 Mobile nya. Itulah kenapa pembaruan nomor yang ada pada PC dan Mobile berbeda.

Satu hal yang mungkin sedikit memberikan jawaban terkait pertanyaan ini, Senior Program Manager, Brandon mengaakan “Kami tidak pernah mengatakan kami tidak akan memberikan fitur baru pada Windows 10 Mobile. Kami mengatakan, fitur baru akan menjadi fokus untuk kalangan bisnis (perusahaan)”.

Tentu hal yang sudah tidak asing lagi, mengingat Microsoft kini tengah mempersiapkan os baru untuk masa depan perangkat Mobile nya. Kehadiran CShell juga memperkuat akan ada hal baru dalam waktu dekat. Belum lagi mengenai Windows 10 on ARM yang sudah Microsoft perkenalkan secara terbuka untuk publik.

Kita tidak bisa berbicara banyak mengenai masa depan perangkat Mobile Microsoft, tapi kami sedikit dapat memperkirakan arah mana yang sebenarnya Microsoft inginkan. Sedikit paparan diatas semoga bisa meemberikan gambaran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Windows Mobile.

Update: Setelah melihat salah satu screenshot yang didapat Neowin dari webcast Windows Insider di Mixer. Terlihat bahwa Microsoft tidak berencana untuk membuat Windows 10 Mobile keluar dari branch feature2.

Brandon LeBlanc dengan gamertag “ENCRYPT512” juga menyatakan bahwa Microsoft tidak berencana menghadirkan fitur Night Light yang telah ada di Windows 10 PC agar juga hadir di Mobile.

Saya ingin tahu, bagaimana komentar kamu mengenai pemberitaan ini . . .